Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

IPad Terbaru Dapat Layar 120Hz Display?

Jakarta, Unbox.id – Sebuah bocoran di Twitter mengatakan Apple iPad Mini terbaru akan mendapat layar 120Hz display.

Apple sudah perlahan meng-update perangkatnya dengan layar display refresh rate 120Hz yang dikenal dengan layar ProMotion.

Mulai dari iPad Pro beukuran 11 inci dan 12.9 inci hingga seri iPhone 13 yang dikeluarkan tahun ini. Bahkan MacBook Pros terbaru berukuran 14 dan 16 inci, juga memakai ProMotion display ini.

Sekarang bocor informasi bahwa giliran iPad Mini lagi yang mendapatkan pembaruan ini.

Bocoran Dari Twitter

Sebuah postingan di forum Korea Selatan Clien dibagikan oleh akun Twitter @FronTron. Tulisannya menginformasikan bahwa Samsung Display mengirimkan sampel layar 8.3 inci kepada Apple.

Lebih lanjutnya, ia menginformasikan model baru ini akan dimulai dengan varian 128 GB dengan RAM 4 GB. Dilengkapi juga dengan prosesor A15 3.23 GHz.

Tidak hanya spesifikasi, bahkan bocoran harga pun dituliskan. “Sedikit lebih tinggi dari mini 6, tetapi tidak memberatkan.”

Postingan inilah yang memulai informasi pertama layar 120HZ di iPad mini. Sebelumnya, iPad terkecil ini memakai layar 60Hz, termasuk iPad mini 6 yang baru diluncurkan.

Baca juga: iPad Mini 6 Punya Masalah Tampilan ‘Jelly Scrolling’

Layar Jelly Scrolling

Sebelumnya, Apple baru saja meluncurkan generasi ke-6 iPad mini sekitar sebulan yang lalu.

Perangkat ini mendapat desain baru “palm-sized” dengan upgrade koneksi 5G. prosessor yang dipakai adalah A15 Bionic, mesin yang sama yang menggerakkan iPhone 13.

Tablet ini diterim dengan baik karena prosessor yang cepat, konektivitas seluler yang baik, dan disebut setara dengan harga Rp 8,6 juta hingga Rp 8,84 juta.

iPad Mini 6

iPad Mini 6

Namun bukan berarti tidak ada masalah. Beberapa pengguna melaporkan adanya masalah “Jelly Scrolling” di layar iPad yang mereka beli.

Layar mereka seolah terbagi 2 dan bergelombang saat dipakai dengan posisi portrait.

Menurut mcrumors, hal ini terjadi karena controller board yang mengatur line-by-line refresh diatur secara vertikal. Posisi potrait sendiri tidak cocok dengan penempatannya.

Apple kemudian mengklarifikasi masalah ini sebagai hal normal untuk panel LCD.

Bila benar iPad mini selanjutnya memakai layar 12oHz display, maka masalah error jelly scrolling ini juga akan terselesaikan.

Bila masalah jelly scrolling kembali muncul di iPad baru nantinya, layar dengan refresh rate 120Hz ini bisa menutupinya dari mata manusia. Jadi meskipun ada, tidak akan terlihat dan mengganggu penggunaan kita.

Meski demikian, rumor ini juga masih perlu dipertanyakan dan dikonfirmasi lebih lanjut.

Namun bagaimanapun juga, ini informasi yang bagus untuk para pengguna dan penanti iPad mini terbaru dari Apple.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apple

Jakarta, Unbox.id – Apple berencana untuk lebih memajukan teknologi tampilannya segera setelah 2024. Menurut laporan baru dari analis Ross Young, “tampak semakin mungkin” bahwa...

Merk

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, beredar beberapa kabar seputar iPhone generasi terbaru yakni iPhone 14. Beberapa kabar tersebut seperti akan adanya peningkatan pada kamera...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Apple dikabarkan akan segera meluncurkan layanan terbarunya yakni penyewaan perangkat iPhone dengan jangka waktu hingga satu bulan dengan metode berlangganan. Nantinya,...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Sejak peluncuran pertamanya, iPad kini sudah terdiri dari empat jenis dan hadir dalam lima varian ukuran yang berbeda. Empat model tersebut...