Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Intip Bocoran Tentang PlayStation 5 Pro

PlayStation 5 Pro_1a
PlayStation 5 Pro. (Sumber: World Gamers)

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga tahun setelah PS4 dirilis. Saat ini PlayStation 5 memasuki tahun ketiga, dan tergantung tahun rilisnya, PS5 Pro akan segera diluncurkan. Perlu diketahui bahwa seri PS Pro merupakan versi update dari versi standar dengan sedikit perubahan desain dan spesifikasi.

Perbedaan dari PlayStation 4 Pro

PlayStation 4 Pro_3c

PlayStation 4 Pro. (Sumber: CNET)

PlayStation 4 Pro membawa sedikit perubahan dibandingkan PlayStation 4 klasik. Keunggulan PS4 Pro adalah kemampuannya memainkan game dengan resolusi 4K. Menurut beberapa rumor yang beredar, PlayStation 5 Pro tidak akan membawa perubahan signifikan dibandingkan seri PS5 klasik.

Namun kehadiran PS5 Pro diharapkan oleh sebagian pemain yang ingin merasakan pengalaman bermain di konsol terbaru Sony. Perusahaan belum mengumumkan apakah akan memperkenalkan PS5 Pro secara resmi. Sejujurnya Sony sendiri sebenarnya hanya memiliki PS versi Pro. Namun beberapa leaker telah membocorkan rumor mengenai konsol terbaru Sony tersebut.

Mengutip Android Authority, CEO Take-Two Interactive – studio di balik brand Grand Theft Auto – mengatakan PS5 Pro akan dirilis dalam waktu dekat. Sementara itu, leaker Tom Henderson telah mengonfirmasi bahwa PlayStation 5 Pro sedang dalam tahap pengembangan.

Baru-baru ini bocoran informasi dari Im A Hero Too menyebutkan bahwa Square dan Sega memiliki development kit untuk PS5 barunya.

Jadwal Perilisan PS5 Pro

Bocoran terbaru juga menyebutkan bahwa PS5 Pro akan diluncurkan sebelum liburan tahun ini. Peluncuran PS5 Pro kabarnya akan dimulai pada akhir Oktober atau awal November 2024.

Peluncurannya dikabarkan bertepatan dengan perilisan Nintendo Switch generasi berikutnya. Seorang leaker, dalam tweet yang telah dihapus, mengatakan bahwa PS5 Pro dan Nintendo Switch generasi kedua dapat diluncurkan pada waktu yang hampir bersamaan.

Berbagai rumor mengatakan Nintendo setidaknya berencana merilis model Switch baru pada tahun 2024. Oleh karena itu, memang demikian. kemungkinan besar PS5 Pro akan dirilis untuk menyaingi konsol baru Nintendo.

Baca juga: Playstation VR 2 Akhirnya Bisa Digunakan Di Platform PC

Spesifikasi PS5 Pro

PlayStation 5 Pro_2b

PlayStation 5 Pro. (Sumber: Eurogamer)

PS5 Pro dikabarkan akan membawa spesifikasi lebih tinggi dibandingkan PS5 biasa, meski perubahan yang dibawanya tidak jauh berbeda. Laporan dari Insider Gaming menyatakan bahwa PS5 Pro akan mendukung resolusi hingga 8K melalui pembaruan perangkat lunak PS5 Pro di masa mendatang.

Peningkatan resolusi juga menunjukkan peningkatan pada material. PS5 Pro akan menggunakan chip berbasis AMD Zen 2 yang dipadukan dengan GPU RDNA 2 yang dirancang khusus.

Bocorannya datang dari RedGamingTech di YouTube. Dia mengatakan PlayStation baru kemungkinan akan menampilkan AMD APU baru, yang juga disesuaikan secara signifikan. Saluran YouTube Moore’s Law is Dead dan laporan dari Insider Gaming telah membocorkan spesifikasi GPU PS5 Pro.

GPU tersebut dikatakan menawarkan komputasi presisi tunggal sebesar 33,5 teraflops, dibandingkan dengan 10,28 teraflops pada PS5 biasa. Arsitektur AMD RDNA 2 khusus PlayStation 5 Pro menghadirkan kinerja ray tracing 2-3x lebih baik dan hingga 4x lebih baik dalam kondisi tertentu.

Insider Gaming telah membocorkan beberapa detail nomor teknis lainnya. PS5 Pro akan memiliki prosesor yang sama dengan PS5 klasik. PS5 Pro memiliki “Mode Frekuensi Tinggi CPU”, yang memungkinkan CPU memiliki kecepatan clock hingga 3,85 GHz, memberikan PS5 Pro peningkatan 10% dibandingkan versi standar.

RAM PS5 Pro akan berjalan pada 576 GB/s. Ini merupakan peningkatan sebesar 28% dibandingkan dengan kecepatan 448 GB/s pada PS5 biasa. PS5 Pro akan memiliki versi memori internal 1TB. Informasi tambahan tentang memori panel tidak tersedia saat ini.

Perkiraan harga dari PlayStation 5 Pro akan lebih mahal dari dua seri PS5 reguler. Sebagai informasi, PS5 Digital Version dijual dengan harga USD 399, sedangkan PS5 dengan Blu-ray Disk dibanderol USD 499.

Kendati demikian, harga dari PS5 Pro bisa lebih terjangkau dari perkiraan. Untuk konteks, PlayStation 4 dibanderol USD 399 ketika diluncurkan pada tahun 2013.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Sony, menurut laporan terbaru, sedang mengerjakan earbud generasi berikutnya, yang diberi nama LinkBuds 2. Meskipun detailnya masih langka saat ini, bocoran...

Apps & Games

Unbox.id – Playstation VR 2 akhirnya akan tersedia di PC akhir tahun ini. Saat Sony meluncurkan headset PlayStation VR 2 pada tahun lalu, headset...