Connect with us

Hi, what are you looking for?

Huawei

Huawei Mate 60 Pro Akan Kalahkan iPhone 15 di Pasar Tiongkok?

Huawei Mate 60 Pro_1a
Huawei Mate 60 Pro. (Sumber: Android Headlines)

Unbox.id – Huawei diperkirakan akan menggeser iPhone sebagai pemimpin pasar smartphone Tiongkok 2024 mendatang dengan peluncuran Mate 60 Pro, yang membenamkan prosesor buatan Negeri Tirai Bambu ini. Menurut laporan analis Jefferies yang awalnya dilaporkan oleh CNBC, iPhone milik Apple akan kehilangan posisi teratas di pasar smartphone Tiongkok. Demikian dikutip dari Gizmodo. Hal ini disebabkan oleh peluncuran iPhone 15 yang dianggap lesu, hingga memungkinkan Huawei untuk mengambil alih posisi nomor satu dalam pangsa pasar smartphone di Tiongkok Meskipun Apple memperkirakan iPhone 15 sebagai penjualan terbaik mereka, Jefferies melihat adanya penurunan penjualan ponsel tahun ini. Laporan awal juga menunjukkan pemangkasan produksi iPhone 15 sebanyak 8 juta unit menjelang tanggal pengumuman resmi. Di sisi lain, penjualan ponsel pintar Huawei akan tumbuh kuat di Tiongkok pada tahun 2023, melampaui Apple di tengah menurunnya penjualan ponsel di wilayah tersebut.

iPhone Akan Kalah Dari Huawei di 2024?

Huawei Mate 60 Pro_2b

Huawei Mate 60 Pro. (Sumber: NextPit)

Analis Jefferies menulis bahwa tren menunjukkan iPhone akan kalah dari Huawei pada tahun 2024 dan lemahnya permintaan di Tiongkok dapat menyebabkan penjualan iPhone global lebih rendah dari perkiraan.

Lebih lanjut, Counterpoint Research juga mencatat penurunan penjualan iPhone Apple di Tiongkok dan menyalahkan perekonomian yang sedang berjuang untuk pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Perlu diketahui bahwa Huawei akan meluncurkan Mate 60 Pro, smartphone andalan barunya dengan prosesor buatan Tiongkok, yang dianggap sebagai terobosan signifikan dalam perang chip Tiongkok dan Amerika Serikat.

Konflik ponsel pintar Tiongkok-AS terus berlanjut, dengan pegawai pemerintah Tiongkok yang melarang penggunaan iPhone dan penekanan Tiongkok pada pengurangan ketergantungannya pada ponsel pintar berteknologi asing. Larangan tersebut dapat berdampak negatif terhadap pangsa pasar Apple di Asia.

Persaingan Apple dan Samsung di Pasar Smartphone

Beranjak dari pasar Tiongkok, saat ini marak pemberitaan penurunan penjualan smartphone di pasar global. Namun, sejauh ini Apple berhasil bertahan dan terhindar dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Misalnya, penjualan ponsel Samsung atau produsen ponsel pintar lainnya terkena dampak krisis ekonomi. Sementara itu, iPhone sebenarnya diperkirakan akan mengalami sedikit pertumbuhan, lapor Lifewire, Senin (10 September 2023).

Apple siap menyalip Samsung untuk menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia. Perusahaan Aplikasi Seluler Swenson He Ketua Tim Alexis Talarico mengatakan: “Meskipun persaingan antar ponsel pintar tentu saja berkontribusi pada pematangan setiap platform, saat ini mereka telah menempuh jalur yang sangat berbeda dalam rangkaian fiturnya.

Dia juga mengatakan bahwa versi iOS Apple bekerja dengan sangat metodis, menunggu teknologi dan antarmuka pengguna matang dan siap untuk penggunaan sehari-hari. Sementara itu, Android cenderung memiliki fitur-fitur canggih dan terkadang mengorbankan stabilitas.

Baca juga: Apa Yang Menarik Dari Produk Huawei Watch GT4?

Inovasi Pasaran Smartphone Terus Berkembang

iPhone 15_3c

iPhone 15. (Sumber: Info Tech Global)

Laju inovasi pada ponsel pintar selama 15 tahun terakhir sangatlah pesat. Memang benar, ponsel cerdas multi-sentuh dan layar penuh telah menjadi kategori baru dan menjadi sarana bagi sebagian besar orang di dunia untuk menggunakan komputer dan terhubung ke Internet.

Potensi penjualan yang besar tidak hanya menjadi penyebab persaingan dalam hal penggunaan. Sehingga hal ini menyebabkan peningkatan laju inovasi. Dalam hal ini, ini berarti Apple dan Samsung telah berupaya keras selama dekade terakhir untuk memproduksi ponsel cerdas dengan rangkaian fitur hebat.

Pengguna ponsel cerdas mendapatkan keuntungan dari kamera yang lebih cepat dan mengesankan, headphone nirkabel, tampilan rentang dinamis tinggi yang dapat bertahan sepanjang hari, dan banyak lagi.

Faktanya, chip di iPhone telah menjadi sangat kuat sehingga mengungguli chip yang ditemukan di laptop dan desktop. Selain itu, iPhone menawarkan semua keunggulan komputasi seluler seperti konsumsi daya yang sangat rendah dan kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan sejuk tanpa kipas.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei meluncurkan varian tablet dengan nama MatePad SE aslinya pada tahun 2022. Perangkat tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kualitas...

Artikel

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Pada tahun 2021,...

Tech Industry

Unbox.id – Apple berencana memperkenalkan beberapa fitur baru di sistem barunya, iOS 18. Namun, beberapa laporan menunjukkan bahwa fitur tersebut tidak akan tersedia di...

Apple

Unbox.id – Seperti kita ketahui bersama, iPhone memiliki banyak sekali fitur berguna yang membuat kehidupan sehari-hari penggunanya lebih mudah. Namun banyak orang yang belum...