Google Mulai Matikan Hangout Bulan Oktober Ini

Unbox.idTahun lalu, sebuah laporan informasi yang dilansir dari 9to5Google mengklaim bahwa aplikasi Google Hangouts klasik akan ditutup untuk konsumen di beberapa titik pada tahun 2020. Kabar ini sendiri tidak terlalu mengejutkan. Google sering kali mendapatkan olokan dan ejekan dikarenakan aplikasi perpesanannya, dan Google baru-baru ini mengumumkan akan mengalihkan fokus mereka ke Android Messages dan integrasi dengan standar pesan RCS “Chat” terbaru. Bukan hanya itu, Google juga telah menghentikan pengembangan terhadap aplikasi Hangouts lebih dari setahun yang lalu. Sekarang, Google telah mengklarifikasi kabar ini dimana perusahaan ini akan mulai menghentikan aplikasi Hangouts klasik pada bulan Oktober 2019 bagi beberapa pengguna G Suite. Karena itu, kemungkinan besar aplikasi Hangouts klasik akan ditutup untuk selamanya pada tahun 2020.

Menurut Google, Hangouts klasik tidak akan dihentikan pada pelanggan sampai mereka berhasil bermigrasi ke Hangouts Chat and Meet.

Saat kabar aplikasi Hangouts klasik akan dihentikan pertama kali pecah, Google dengan cepat menundanya kembali. Sang perusahaan raksasa teknologi itu mengklaim bahwa pihaknya belum menetapkan tanggal akhir masa pakainya Hangouts seperti yang dilansir dari Digital Trends.

“Pada Maret 2017, kami mengumumkan rencana untuk mengembangkan Hangouts klasik untuk fokus pada dua pengalaman yang membantu menyatukan tim: Hangouts Chat dan Hangouts Meet,” kata juru bicara Digital Trends. “Chat and Meet tersedia hari ini bagi pelanggan G Suite dan juga akan tersedia bagi konsumen lainnya. Kami belum mengumumkan timeline resmi untuk mentransisikan pengguna dari Hangouts klasik ke Chat and Meet. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung pengguna Hangouts klasik hingga semua orang berhasil bermigrasi ke Chat and Meet. ”

Mengingat bahwa Google telah membawa fitur-fitur baru ke aplikasi messenger lain, banyak pelanggan telah pindah dari Google Hangouts, tetapi masih ada yang tetap setia yang lebih suka menggunakan layanan ini. Jika anda belum beralih dari Google Hangouts, maka anda bisa melakukannya di tahun 2019 ini.

Perlu untuk dicatat bahwa tidak semua hal tentang Hangouts akan hilang. Brand Hangouts akan tetap hidup di layanan Hangouts Chat dan Hangouts Meet pada G Suite, yang ditargetkan untuk bisnis dan ditujukan bagi pengguna yang mungkin tertarik dengan layanan yag mirip dengan Slack. Mudah-mudahan, ini menandakan awal dari pendekatan yang jauh lebih ramping untuk aplikasi olahpesan bagi Google. Seperti yang telah disebutkan, Google telah meluncurkan beberapa layanan perpesanan selama bertahun-tahun, dan banyak dari aplikasi ini gagal. Setelah Hangouts, Google meluncurkan Allo – tetapi mengingat Allo hanya mengizinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada sesama pengguna Allo lainnya, aplikasi ini tidak banyak digunakan oleh banyak orang.

Baca juga – Google Fi Akan Didukung Dengan RCS

Tinggalkan Balasan