Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Gamers Wajib Ketahui, Simak Bocoran dari PS6!

Sony PS6_1a
Sony PS6. (Sumber: Game Champions)

Unbox.id – Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis konsol game PS5, perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan akan meluncurkan penggantinya, PlayStation 6. Ada rumor yang beredar mengenai konsol game generasi berikutnya ini. Sebagai informasi, PlayStation 5 dirilis pada musim panas tahun 2020. Tak hanya lebih bertenaga dibandingkan PS4, ia juga menawarkan berbagai fitur yang tidak ada pada generasi sebelumnya. Fitur-fiturnya termasuk SSD berkecepatan tinggi, akselerasi perangkat keras untuk ray tracing, dukungan audio 3D, dan banyak lagi. Jangan lupa kehadiran DualSense merupakan perubahan terbesar sepanjang sejarah controller PlayStation. Setelah hampir 4 tahun dirilis, rumor seputar PlayStation 6 ramai diperbincangkan. Peningkatan spesifikasi dan masih banyak perubahan lainnya akan dibawa oleh PS6.  Meski banyak rumor yang beredar mengenai konsol generasi berikutnya ini, namun masih belum ada tanggal atau jadwal peluncuran resmi PS6.

Eksekutif Sony

Sony PS6_2b

Sony PS6. (Sumber: Techno Chops)

Namun seorang eksekutif Sony mengonfirmasi bahwa siklus hidup PS5 kemungkinan akan bertahan enam hingga tujuh tahun, seperti dikutip dari Android Authority. Hal ini membuka kemungkinan bahwa Sony PlayStation 6 akan dirilis antara tahun 2026 dan 2027.

Meskipun Sony belum mengakui keberadaan PlayStation generasi keenam, perusahaan masih berupaya mengembangkan konsol kontrol ini. Saat PS5 dirilis, Sony memperkenalkan dua model konsol game PlayStation ini, yaitu versi BluRay Disc dan Digital Edition.

PlayStation 5 Digital Edition merupakan versi PS5 yang tidak memiliki pembaca disk Blu-ray celah. Dengan semakin banyaknya pengguna yang membeli game versi digital, bukan tidak mungkin Sony akan merilis PS6 Digital Edition di masa mendatang.

Desain PlayStation 6 akan Lebih Besar dari PS5

PS5 membawa perubahan radikal pada filosofi desain khas Sony. Tidak ada yang bisa menebak apa yang akan menjadi konsol berikutnya dari perusahaan tersebut. Namun rumor yang beredar di internet menyebutkan bahwa Mark Cerny, sang arsitek utama PS5, akan kembali menduduki posisi teratas.

Tidak menutup kemungkinan desain PS6 tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Namun belum ada bukti konkrit seperti apa desain PS6 nantinya. PS6 dikabarkan lebih bertenaga dibandingkan PS5, namun bocoran atau rumor PS6 belum cukup untuk memberikan perkiraan pasti saat ini.

Pada konsol generasi saat ini, PS5 menggunakan AMD Zen 2 octa-core 3,5 GHz untuk CPU-nya dengan GPU khusus berbasis AMD RDNA 2. Ada juga RAM GDDR6 16 GB dengan SSD 825 GB.

PS5 juga mendukung resolusi 4K 120Hz dan 8K, serta mendukung kecepatan refresh variabel (VRR). Sony dapat memilih untuk meningkatkan masing-masing spesifikasi ini atau hanya beberapa saja.

Baca juga: Playstation VR 2 Akhirnya Bisa Digunakan Di Platform PC

Fitur yang Akan Dihadirkan

Sony PS5_3c

Sony PS5. (Sumber: CNET)

PS5 hadir dengan segudang fitur, banyak di antaranya kemungkinan besar akan tersedia di PS6. Sony pasti akan menambahkan fitur-fitur baru selain fitur-fitur yang sudah ada pada generasi sebelumnya.
Beberapa fitur yang dikabarkan antara lain perluasan memori, kompatibilitas mundur, audio 3D (Tempest dan/atau Dolby Atmos) dan streaming cloud. ditingkatkan dengan integrasi PlayStation Link.

PlayStation Link adalah standar koneksi audio nirkabel yang dikembangkan oleh Sony. Sony telah mengadopsi standar ini di PlayStation Portal, headset Pulse Explore, dan headset Pulse Elite.

Kemungkinan besar Sony ingin mengintegrasikan teknologi ini ke konsol berikutnya untuk mendukung ekosistem yang lebih baik. Sony juga memiliki sejumlah paten menarik, beberapa di antaranya yang terpenting berkaitan dengan fitur pengontrol PlayStation. Paten terbaru menjelaskan pengontrol yang juga dapat digunakan sebagai wadah pengisi daya headphone.

Paten lain menjelaskan pengontrol yang mampu mengubah suhu dan bentuk. Namun, seperti paten lainnya, tidak ada jaminan bahwa Sony akan menegakkan patennya. Selama beberapa generasi terakhir, harga awal konsol PlayStation berkisar antara $399 hingga $499. Inilah harga yang dibidik Sony.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Spesifikasi PS5 Pro yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, membuat marah Sony. Investigasi telah diluncurkan untuk menemukan pelakunya. Saat ini Sony...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – PlayStation 5 Pro diperkirakan akan segera dirilis. Sejumlah bocoran mengenai konsol terbaru Sony mulai tersebar. Sebagai informasi, PlayStation 4 Pro dirilis tiga...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Sony, menurut laporan terbaru, sedang mengerjakan earbud generasi berikutnya, yang diberi nama LinkBuds 2. Meskipun detailnya masih langka saat ini, bocoran...

Apps & Games

Unbox.id – Playstation VR 2 akhirnya akan tersedia di PC akhir tahun ini. Saat Sony meluncurkan headset PlayStation VR 2 pada tahun lalu, headset...