Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Galaxy AI di Galaxy S24 Series Bukan Hanya Gimmik Belaka!

Galaxy AI_1a
Galaxy AI. (Sumber: Dryo Tech)

Unbox.id – Samsung telah meluncurkan seri Galaxy S24 termasuk tiga model: Galaxy S24, Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra 5G. Seri tersebut dibekali Galaxy AI, fitur unggulan yang memberikan berbagai kemampuan canggih berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu meningkatkan pengalaman pengguna. Pengenalan AI pada seri Galaxy S24 bukan sekadar gimmick, namun juga bertujuan agar kecerdasan buatan tersebut lebih efisien dan meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel. Wakil Presiden Eksekutif YJ Kim, kepala tim Mobile eXperience Business AI, mengatakan dalam pertemuan di Samsung Research America, Mountain View, California: “Galaxy AI bukan hanya sebuah utilitas tetapi juga alat fungsional yang dapat membantu pengguna dalam berbagai situasi.

Fitur Galaxy AI

Galaxy AI Samsung_2b

Galaxy AI Samsung. (Sumber: Gadget Inside Info)

Ambil contoh fitur Galaxy AI, Circle to Search, di mana pengguna seri Galaxy S24 bisa mencari informasi tentang objek apa pun di layar. Pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol “Home”, lalu melingkari objek yang ingin diketahui informasinya.

Fitur terjemahan langsung lainnya adalah mampu menerjemahkan bahasa secara real time saat melakukan panggilan atau mengirim pesan. pesan teks. Saat ini fitur tersebut masih terbatas pada 13 bahasa, dan kabarnya bahasa Indonesia akan tersedia dalam waktu dekat.

Fitur ini dapat mengatasi kendala bahasa dan memfasilitasi komunikasi multikulturalisme. Fitur lain yang ditawarkan Galaxy AI adalah Transcript Assist, Generative Edit, dan Chat Assist yang dapat membantu pengguna menulis, mengedit, dan berkomunikasi dengan lebih baik.

Samsung Serius Soal Privasi dan Etika AI

“Galaxy AI adalah hasil kemajuan signifikan dalam teknologi AI selama dua tahun terakhir,” kata Kim. Dijelaskannya, salah satu komponen penting dari teknologi AI adalah Neural Processing Unit (NPU).

“NPU adalah chip khusus yang dapat melakukan perhitungan AI dengan cepat dan efisien.” Samsung telah mengembangkan NPU sendiri yang dapat mendukung banyak hal. jenis yang berbeda. Ia menjelaskan fitur AI pada Galaxy.

Tak hanya itu, Samsung juga memperhatikan aspek privasi dan etika saat mengembangkan penggunaan AI. Galaxy AI dapat memproses data secara lokal tanpa mengirimkannya ke server cloud, sehingga mengurangi risiko kebocoran data.

“Namun, kami (Samsung) juga menyadari bahwa kemampuan AI untuk bekerja dalam aktivitas Offline dapat menimbulkan kekhawatiran mengenai penyalahgunaan data. Oleh karena itu, Samsung berkomitmen untuk menghormati hak dan kepentingan pengguna serta mematuhi standar dan peraturan yang berlaku di seluruh dunia.

Baca juga: Samsung One UI 6.1 Bawa Dua Fitur Baru Ini!

Samsung Galaxy S24 Series Lampaui Batas Kemampuan Kamera HP Android

Galaxy AI Samsung_3c

Galaxy AI Samsung. (Sumber: ZDNet)

Selain dari aspek komunikasi, kreativitas, dan penelitian yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), seri Galaxy S24 nampaknya semakin baik dalam hal kemampuan kamera.
Selain itu, kemampuan AI pada Galaxy S24 Series juga menjadikan kamera ponsel menonjol dibandingkan ponsel Android dan iOS lain yang ada di pasaran.

“Teknologi AI pada kamera seri Samsung Galaxy S24 bertujuan menghadirkan pengalaman digital menyeluruh mulai dari fotografi, pengeditan, berbagi di platform media sosial,” kata Joshua Cho, Executive Vice President, Imaging Solutions Lead, Mobile Experience Business, berbicara kepada media Samsung Research AS, Mountain View.

Dilengkapi dengan Pro Visual Engine, Samsung dapat menghadirkan lebih banyak lagi dari 100 model AI untuk meningkatkan performa kamera dan pengalaman pengguna ponsel. Langkah baru dari Samsung ini, Joshua mengatakan: “Sekarang, kemampuan Zoom dan Nightshift pada seri Galaxy S24 ditingkatkan, seiring dengan HDR dan Generatif baru. Edit kemampuan.”

Saat presentasi media di Samsung Research America (SRA), Joshua mengatakan bahwa NPU (Neural Processing Unit) atau AI Accelerator ini diinstal pada Galaxy S10.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Galaxy AI pada seri Galaxy Tab S9 melalui pembaruan software One UI 6.1. Galaxy AI disebut-sebut mampu semakin...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung dikatakan akan menghadirkan kemampuan Galaxy AI ke lebih banyak ponsel pintarnya. Galaxy AI akan memberikan kemampuan AI umum untuk meningkatkan produktivitas....

Tech Industry

Unbox.id – Samsung disebut-sebut memiliki rencana untuk memperluas jangkauan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat, terutama perangkat andalan generasi lama. Hal tersebut diungkapkan oleh...