Firefox Send, Transfer File Gratis Hingga 2,5GB

Unbox.id  –  Firefox Send, layanan transfer file terenkripsi gratis Mozilla, secara resmi diluncurkan kepada publik setelah debutnya sebagai ‘Uji Coba’ pada Agustus 2017. Layanan ini memungkinkan pengguna web untuk berbagi file hingga ukuran 2,5 GB melalui browser. Layanan ini juga terlindungi dengan enkripsi end-to-end dan tautan yang bisa otomatis kadaluarsa untuk menjaga file yang dibagikan tetap pribadi.

Mozilla pertama kali mulai menguji web based send tool, berbagi file, dengan dibatasi hanya hingga 1GB. Sekarang pun tetap menjadi batasan hingga pengguna mendaftar untuk mendapatkan akun Firefox gratis. Mereka kemudian dapat memilih untuk berbagi file hingga 2,5 GB.

Sistem ini menawarkan alternatif untuk email berlampiran file yang lebih besar. Karena situs penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox dapat memakan waktu ketika Anda hanya perlu membagikan satu file satu kali, tetapi tidak menyimpan file, mengeditnya, atau berkolaborasi dengan orang lain.

Untuk menggunakan layanan ini, pengirim mengunjungi situs, mengunggah file, dan menetapkan periode kedaluwarsa (maks 7 hari). Anda juga dapat memilih agar file dilindungi dengan kata sandi sebelum mengirim.

Baca juga : Ini Bocoran Tampilan iPhone 11

Firefox Send kemudian menawarkan tautan yang dapat Anda berikan kepada penerima sesuai keinginan Anda, yang harus mereka klik untuk memulai unduhan. Mereka tidak akan memerlukan akun Firefox sendiri untuk mengakses file.

KEAMANAN FILE SHARING

Pakar keamanan masih akan mengingatkan penggunaan alat apa pun untuk berbagi file sangat sensitif bila melalui layanan online. Selalu ada potensi bahwa ada sesuatu yang salah sehubungan dengan akses yang tidak sah.

Mozilla mengklaim fitur baru mereka lebih dapat dipercaya untuk hal-hal seperti ini. Send, katanya, adalah ‘Private By Design‘, yang berarti semua file dilindungi. Itu dirancang akun Firefox sehingga pengguna tidak pernah mengirim frasa sandi mereka.

Itu juga sejalan dengan misinya untuk ‘handle your data privately and securely‘,  tulis Mozilla dalam sebuah pengumuman, (14/3).

Namun, para ahli keamanan perlu menguji sistem secara langsung sebelum memberikan kepercayaan mereka. Karena Send hanya pagi ini memulai debutnya.

Alat baru ini dapat membantu Firefox menarik audiens baru ke alat dan layanan web-nya. Firefox pernah menjadi browser pilihan utama para peselancar dunia maya, tetapi pangsa pasarnya menurun selama tahun-tahun belakangan. Ini karena perusahaan teknologi yang lebih besar seperti IE, Safari, dan Chrome hadir dengan opsi bawaan yang lebih baik.

Namun, dengan meningkatnya kecurigaan orang terhadap teknologi besar, serta pelanggaran privasi data yang terlalu sering terjadi, dan penurunan keseluruhan dalam privasi online, ini adalah waktu terbaik bagi Firefox untuk mencoba melakukan comeback.

Baca juga : Selfie Dengan Huawei Mate X, Rasakan Sensasinya!

Sumber   :  berbagai sumber

Foto        :  berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan