Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Apple Gulirkan iOS 17.1.2 Untuk iPhone

iOS 17.1.2 iPhone_1a
iOS 17.1.2 iPhone. (Sumber: YTECHB)

Unbox.id – Apple baru-baru ini merilis pembaruan keamanan untuk memperbaiki dua kerentanan keamanan, yang juga dikenal sebagai kerentanan zero-day. Kerentanan ini akan memengaruhi iPhone, iPad, dan Mac, seperti dikutip India Today. Dimulai dengan iPhone XS dan model lebih baru, model iPad tertentu (seperti iPad Pro dan iPad Air), dan Mac yang menjalankan macOS versi tertentu. Perlu diketahui bahwa kerentanan zero day adalah kelemahan serius pada perangkat lunak yang dieksploitasi oleh peretas, bahkan sebelum pengembang perangkat lunak menyadarinya.

Bug Yang Ditemukan di Mesin Browser

iOS 17.1.2 iPhone_2b

iOS 17.1.2 iPhone. (Sumber: Apple Mania)

Bug tersebut ditemukan di mesin browser web bernama WebKit, yang digunakan pada perangkat Apple. Bug ini memungkinkan peretas mengakses informasi sensitif dan mengeksekusi kode berbahaya di perangkat dengan menipu pengguna agar mengunjungi situs web berbahaya.

Untuk mengatasi masalah keamanan ini, Apple meluncurkan patch Pembaruan Darurat ke semua perangkat, dimulai dengan iOS 17.1 .2, iPadOS 17.1.2, macOS Sonoma 14.1.2, hingga Safari 17.1.2. Pembaruan iOS ini mencakup perbaikan pada cara perangkat lunak memverifikasi dan mengamankan data masukan, mencegah eksploitasi kerentanan ini.

Kerentanan zero-day ini pertama kali ditemukan dan dilaporkan oleh Clément Lecigne, peneliti keamanan di Threat Analysis Group (TAG) Google.

Meskipun Apple belum mengonfirmasi adanya serangan yang mengeksploitasi kerentanan ini, peneliti Google TAG sudah mengetahui cara menemukan kerentanan zero-day. Selain itu, kerentanan juga menyasar jurnalis dan politisi.

Zero Day Ke 19 dan Ke 20 Pada Tahun 2023

Kerentanan ini dikenal sebagai kerentanan Zero Day ke-19 dan ke-20 yang ditemukan dan ditambal oleh Apple pada tahun 2023. Awal tahun ini, kerentanan Zero Day lainnya dilaporkan, beberapa di antaranya diberi TAG oleh Google dan diungkapkan Citizen Lab.

Kerentanan ini dieksploitasi oleh aktor jahat untuk mendistribusikan spyware, seperti Predator dan Pegasus. Oleh karena itu, tindakan ini mengancam pengguna perangkat Apple karena kerentanan ini memungkinkan akses tidak sah ke perangkat tersebut.

Respon cepat Apple terhadap kerentanan ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari eksploitasi penyerang dunia maya. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan Apple dan peneliti keamanan untuk melindungi perangkat dan mencegah potensi ancaman yang membahayakan data dan privasi pengguna.

Baca juga: Apple Watch 9 RED RIlis Untuk Peringati Hari AIDS

Apple Tunda Pengembangan iOS 18 Hingga macOS 15

iOS iPhone_3c

iOS iPhone. (Sumber: Computer World)

Sebelumnya, Apple memutuskan untuk menunda pengembangan pembaruan untuk beberapa proyek sistem operasinya, termasuk iOS 18, macOS 15, watchOS 11, dan tvOS 18. Keputusan ini diambil untuk fokus memperbaiki bug dan meningkatkan kualitas sistem operasi pada a berbagai perangkat, seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac.

Wakil Presiden Senior dan Chief Software Officer Apple Craig Federighi, memimpin upaya perusahaan untuk mengatasi bug perangkat lunak yang tidak ditemukan selama pengujian internal. Insinyur Apple telah diminta untuk menghentikan sementara pengembangan pembaruan iOS, macOS, watchOS, dan tvOS dan fokus pada misi penting untuk meningkatkan kinerja dan kualitas perangkat lunak yang saat ini digunakan pengguna.

Rencananya adalah jeda ini pengembangannya akan relatif singkat, dan Apple berharap dapat melanjutkan operasi normal akhir minggu ini. Dikutip GizChina, keputusan memperbarui iOS ke macOS ini menunjukkan komitmen Apple dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan sistem operasi berkualitas, meski menyebabkan penundaan peluncurannya.

Untuk informasi Anda, iOS 17.4 diharapkan menjadi pembaruan besar terakhir untuk versi perangkat lunak saat ini dan diperkirakan akan diluncurkan pada Maret 2024. Sementara itu, setelah sekian lama menolak penggunaan protokol perpesanan RCS (Rich Communication Services), Apple akhirnya memutuskan untuk menambahkan fitur dukungan perpesanan ini ke iPhone pada tahun 2024.

Sebagai informasi, RCS adalah standar yang digunakan oleh sebagian besar ponsel Android. Hal ini menurut laporan dari 9to5Mac. Juru bicara Apple Jacqueline Roy berkata: “Akhir tahun depan, kami akan menambahkan dukungan untuk RCS Universal Profile, standar yang saat ini diterbitkan oleh ayah Asosiasi GSM”. pernyataan itu juga dibagikan kepada The Verge.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada...

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....

Apple

Unbox.id – Apple telah memperbarui masa pakai baterai iPhone 15. Namun, bukan dengan memberikan baterai baru atau melalui pembaruan perangkat lunak, melainkan dengan memperbarui...