Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Playstation Luncurkan Versi Dengan Chip Terbaru

Playstation
tampilan PS5 terbaru | foto: berbagai sumber

Unbox.id Bagi anda penggemar game konsol pabrikan Sony, yakni PlayStation, kabarnya akan segera rilis PS5 dengan versi terbaru. Versi model terbaru PS5 ini memiliki nomor CFI-1202 di mana seri ini lebih ringan ketimbang versi lamanya yakni CFI-1000.

Seri CF-1000 yang telah rilis pada tahun 2020 tersebut memiliki bobot yang lebih berat 13 persen ketimbang versi PS5 terbaru ini. Selain itu, sistem pengoperasian Playstation 5 CFI-1202 juga telah terungkap, yakni dengan chip berteknologi 6 nanometer. Di mana chip tersebut masih merupakan buatan mitra Sony. 

Baca Juga: Ingin Main Game Makin Mulus Di Perangkat Samsung Galaxy A33 5G, Ini Caranya!

Mengutip dari blog Angstronomics, Playstation telah menambahkan chip teranyar dengan fabrikasi 6 nm buatan mitra Sony TSMC. Di mana chip tersebut memiliki nama kode Obreon Plus. Karena ukuran nanometer yang menurun, dari 7 nm ke 6 nm, maka bisa dipastikan bahwa chip ini memiliki ukuran 15 lebih kecil. Ukuran chip PS5 versi CFI-1000 memiliki dimensi 300 mm persegi.

Memiliki Ukuran Lebih Kecil, Bobot Ringan, Performa Mulus

Kendati ukurannya menyusut menjadi sekitar 270 mm persegi, tetapi di dalamnya terdapat transistor yang jumlahnya lebih banyak, yakni bertambah 18 persen. Dengan kata lain, ukuran lebih kecil dan transistor yang lebih banyak, maka penggunaan daya pada PS5 akan lebih hemat. Meski demikian, penggunaan daya minim tidak mempengaruhi performa.

Panas yang timbul dari mesin yang bekerja akan lebih sedikit ketimbang versi lama PS5 ini. Menurut Angstronomics, ukuran yang lebih kecil tersebut memungkinkan Sony untuk dapat memproduksi 20 persen produk chip Playstation terbaru lebih banyak. Karenanya, biaya produksi juga akan berkurang sebesar 12 persen.

Baca juga: 5 Recomendasi Game PS5 Selain FIFA

Namun, belum ada keterangan pasti soal jumlah ketersediaan produk yang akan segera beredar tersebut. Juga harganya yang masih spekulatif, belum ada informasi resmi dari pihak Playstation sendiri. Satu hal yang pasti, konsol terbaru ini akan memiliki performa yang lebih stabil dan mumpuni.

Sebagai informasi tambahan, Sony telah menghilangkan beberapa komponen di antaranya termasuk pipa pendinginan atau heatsink. Dengan demikian, ukuran PS5 versi CF-1202 lebih kecil 16 persen dari versinya yang rilis 2020 lalu, CF-1000.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Kecanggihan zaman menjadikan beragam gadget telah hadir untuk bisa memenuhi kebutuhan di waktu aktivitas keseharian para penggunanya. Lebih lanjut, berbagai gadget yang...

Sony

Last updated on 30 Oktober, 2022 Unbox.id – Sebuah kamera yang mumpuni dan juga canggih pastinya bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 31 Oktober, 2022  Unbox.id – Sebuah kamera pada saat ini menjadi salah satu hal yang penting di mana cocok untuk digunakan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Kabel HDMI adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk transfer audio visual antar perangkat. Dengan kabel ini, Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat digital,...