Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

WhatsApp Siapkan Fitur Reaksi Pesan Untuk iOS Dan Android

WhatsApp
WhatsApp

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp telah mengerjakan Reaksi Pesan bergaya iMessage/Instagram untuk sementara waktu. Fitur ini muncul sejak Agustus tahun lalu. Namun masih dalam pengembangan awal.

Beberapa bulan kemudian, WhatsApp meluncurkan fitur versi setengah matang ke beberapa pengguna. Tetapi tampaknya reaksi pesan itu akhirnya akan segera sampai ke pengguna WhatsApp.

Mungkin aman untuk mengatakan bahwa sebagian besar berkat Facebook, maka kini “reaksi” menjadi fitur yang populer.

Alih-alih hanya “menyukai” sebuah posting, pengguna dapat “mereaksi” dengan menggunakan emoji tertawa, emoji wajah sedih, emoji hati, dan sebagainya.

Jadi tidak mengherankan jika perusahaan sekarang membawa fitur-fitur itu ke WhatsApp.

Baca juga: Game “Apex Legends” Tambahkan Kontrol 9v9

Tangkapan Layar

WABetainfo telah membagikan beberapa tangkapan layar dari reaksi WhatsApp, memberi kita pratinjau awal tentang seperti apa tampilan fitur tersebut setelah diluncurkan nanti.

Seperti yang terlihat pada gambar, pengguna WhatsApp akan melihat deretan emoji tepat di atas pesan.

Belum jelas apakah pengguna harus menekan lama pada pesan, atau akan ada tombol khusus di sebelah pesan untuk menambahkan reaksi.

Bagaimanapun itu, sepertinya Anda dapat memilih hingga enam reaksi emoji. Reaksi yang Anda pilih akan dilampirkan di bagian bawah pesan.

Konsep Mirip Facebook

WhatsApp-message-reactions-iOS

WhatsApp-message-reactions-iOS

Menurut posting oleh WABetaInfo di Twitter, sepertinya WhatsApp sedang bersiap-siap untuk meluncurkan reaksi pada platform perpesanannya.

Dari apa yang bisa kita lihat, konsepnya akan mirip dengan apa yang sudah tersedia di Facebook.

Meskipun bisa dibilang Facebook membantu mempopulerkan konsep tersebut, namun untuk beberapa alasan WhatsApp agak lambat dalam penerapannya.

Mengapa demikian? Karena bisa dilihat bahwa beberapa produk dan layanan Meta lainnya seperti Facebook Messenger dan Instagram sudah mendukung fitur reaksi. Plus ada banyak aplikasi messenger pihak ketiga, seperti Discord dan LINE yang juga mendukung fitur reaksi.

Meski tak jelas mengapa WhatsApp membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan  dan menerapkan fitur ini, namun rasanya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Baca juga: Redmi Smart Band Pro Siap Rilis Tanggal 9 Februari!

Mengakui Pesan

WhatsApp-message-reactions-Android-

WhatsApp-message-reactions-Android-

Kabar tentang WhatsApp menambahkan reaksi pesan di ponsel ini banyak yang menantikan.

Seperti kita tahu Reaksi Emoji adalah cara cepat dan efektif untuk mengakui pesan saat Anda tidak punya waktu (atau tidak bisa diganggu) untuk mengetik balasan. Fitur ini terbukti populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan semakin banyak platform yang mengadopsinya.

Implementasi WhatsApp yang akan datang, kabarnya mirip dengan Apple di mana pengguna akan memilih emoji untuk dipilih.

Dalam tangkapan layar awal yang diterbitkan oleh WABetaInfo di Twitter, itu termasuk Jempolan, Hati merah, Wajah dengan air mata kebahagiaan, Wajah dengan mulut terbuka, Wajah menangis, Tangan terlipat.

Namun perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam pengembangan, bahkan belum diluncurkan ke penguji beta. Sehingga pemilihan emoji dapat berubah sebelum WhatsApp meluncurkannya ke semua orang.

Karena masih belum jelas disebutkan kapan fitur tersebut akan diluncurkan ke pengguna, tetapi mungkin saja dalam waktu dekat. Jadi kita tunggu saja info lanjutannya.

 

Sumber: ubergizmo.com, cultofmac.com, xda-developer.com
Foto: dari berbagai sumber

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru, platform media sosial berlogo burung, yakni Twitter kini tengah merencanakan peluncuran fitur terbaru mereka. Fitur yang akan mereka rilis...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Instagram mengumumkan bahwa pihaknya tengah melakukan uji coba metode verifikasi terbarunya. Fitur ini nantinya akan dapat mendeteksi usia pengguna...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Tahukah anda, saat ini pihak pengembang aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp telah memperbarui fitur privasi ‘terakhir dilihat’. Dengan mengubah...