Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Samsung Galaxy Watch Bakal Bisa Deteksi Gangguan Tidur

Samsung Galaxy Watch 7_1a
Samsung Galaxy Watch 7. (Sumber: Samsung Lovers)

Unbox.id – Belum lama ini, perusahaan teknologi Samsung mendapat persetujuan FDA untuk menggunakan Galaxy Watch untuk mendeteksi apakah penggunanya menderita sleep apnea atau tidak. Sleep apnea adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur. Kondisi ini bisa terwujud dalam berbagai bentuk. Misalnya saja apnea tidur sentral, yaitu otak tidak mengirimkan sinyal dengan baik untuk mengontrol pernapasan saat tidur. Lalu ada apa yang disebut apnea tidur obstruktif, ketika otot-otot mengendur tetapi sebenarnya menghalangi aliran udara ke paru-paru seseorang.

Sudah Terima Persetujuan FDA

Samsung Galaxy Watch 7_2b

Samsung Galaxy Watch 7. (Sumber: ZDNet)

Dalam sebuah postingan, Samsung mengumumkan bahwa mereka baru-baru ini menerima persetujuan FDA untuk menambahkan fitur ke Galaxy Watch. Fitur yang dimaksud memungkinkan Galaxy Watch mendeteksi tanda-tanda apnea tidur obstruktif sedang hingga berat.

Mengutip 9to5Google, fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna berusia di atas 22 tahun yang belum tentu harus didiagnosis mengidap sleep apnea.

Idenya sepertinya Alasan di balik fitur pendeteksi ini adalah untuk membantu orang yang mungkin tidak tahu bahwa mereka mengidap sleep apnea, menemui dokter atau mendapatkan pengobatan, seperti gejala seperti penurunan kualitas tidur dan peningkatan kelelahan di siang hari.

Cara Kerja Fitur Deteksi Gangguan Sleep Apnea

Fitur ini bekerja dengan menggunakan data yang diperoleh saat pengguna sedang tidur. Selain itu, agar kinerja pendeteksian berfungsi dengan baik, pengguna harus tidur sambil memakai jam tangan pintar Samsung selama lebih dari 4 jam selama periode 10 hari.

Samsung menegaskan bahwa fitur ini akan tersedia di Galaxy Watch di pasar AS mulai tahun kuartal ketiga tahun 2024. Artinya baru akan dirilis setidaknya pada Juli 2024.

Kemungkinan fitur pendeteksi sleep apnea ini akan diluncurkan bersama seri Samsung Galaxy Watch 7 yang akan dirilis setidaknya pada Q3 2024.

Belum Diketahui Bakal Rilis di Galaxy Watch Edisi Lama atau Tidak

Belum jelas apakah fitur ini akan tersedia di model Galaxy Watch lainnya, namun Samsung telah mengumumkan bahwa fitur tersebut akan diluncurkan ke seri Galaxy Watch.

Selain di AS, fitur yang mendeteksi Sleep apnea juga telah mendapat persetujuan. Dari pemerintah Korea. Namun, fitur ini mungkin tidak tersedia di pasar di luar kedua negara di atas.

Selain itu, Samsung juga mengatakan bahwa fitur pendeteksi apnea tidur ini dapat berfungsi tergantung pada ponsel cerdas yang terhubung ke jam tangan.

Beberapa Galaxy Fitur jam tangan bergantung pada perangkat wearable yang terhubung ke ponsel pintar Galaxy. Oleh karena itu, kemungkinan fitur ini juga berfungsi tergantung model smartphone yang terhubung dengan jam tangan pintar Galaxy Watch.

Baca juga: Tanda-Tanda Samsung Galaxy A55 Dan Galaxy A35 Hadir Di Indonesia

Belum Lama Ini Rilis Galaxy AI, Kecerdasan Buatan di Dalam HP

Circle to Search Galaxy AI_1a

Circle to Search Galaxy AI. (Sumber: CNET)

Sementara itu, inovasi Samsung terus berlanjut. Belum lama ini, Samsung meluncurkan smartphone berkemampuan kecerdasan buatan bernama Galaxy AI. Sebenarnya apa itu Galaxy AI dan bagaimana penerapannya di lini smartphone Samsung Galaxy S24?

Mengutip keterangan resmi Samsung, Galaxy AI merupakan kecerdasan buatan yang terdapat pada smartphone Samsung, pada tampilan seri Samsung Galaxy S24. baru saja dirilis.

Samsung mengatakan Galaxy AI adalah kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan kehidupan pengguna, terutama memaksimalkan kemampuan komunikasi.

President and Head of Mobile Experience Business Samsung Electronics TM Roh mengatakan Galaxy AI dirancang berdasarkan inovasi perusahaan dari tahun ke tahun, serta pemahaman mendalam tentang cara orang menggunakan ponsel cerdas.

Meskipun sebagian besar ponsel cerdas saat ini menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas foto, AI Samsung Galaxy dirancang untuk melakukan lebih dari sekadar menyempurnakan foto, membuat komunikasi menjadi lebih mudah.

Galaxy AI juga diterapkan dalam berbagai situasi, yang sebagian besar bertujuan untuk meningkatkan komunikasi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....