Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Tambahkan Fitur Baru Chat Lock, Bagaimana Cara Pakainya?

WhatsApp
WhatsApp luncurkan fitur Chat Lock | foto: Whatsappblog

Jakarta, Unbox.id – Dalam update terbaru aplikasi perpesanan milik Meta, yakni WhatsApp, pengguna mulai bisa mengunci chat secara khusus. Fitur terbaru ini bernama Chat Lock yang telah meluncur sejak Selasa 16 Mei 2023 lalu.

Pada mulanya, fitur ini baru tersedia di program uji coba WhatsApp beta. Akan tetapi, pengguna secara umum sudah dapat menggunakannya dengan cara mengupdate terlebih dahulu versi aplikasi di Google Play Store maupun App Store.

Baca juga: Facebook Kirimkan Permintaan Pertemanan ke Orang Asing, Pengguna Terganggu

“Pada hari ini kami telah memberikan fitur Chat Lock pada aplikasi WhatsApp yang bisa melindungi chat pengguna secara khusus. Memungkinkan pengguna lebih nyaman saat ponsel berada di genggaman orang lain,” bunyi pernyataan resmi Meta.

Cara Mengaktifkan Fitur Chat Lock di WhatsApp

Untuk mengaktifkan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti terlebih dahulu. Langkah-langkah ini cukup sederhana. Anda tinggal mengetuk salah satu profil pengguna/grup yang ada di daftar chat, kemudian pilih pengaturan Chat Lock.

Anda bisa memilih satu jenis pengamanan chat, yaitu dengan keamanan sidik jari. Pilih fitur keamanan sidik jari dengan cara mengaktifkan tombol ‘kunci chat ini dengan sidik jari’. Nah, dengan begitu chat Anda sudah aman terlindungi menggunakan fitur Chat Lock.

Baca juga: Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Selain melindungi chat Anda dari orang lain yang meminjam ponsel, notifikasi dari chat yang terkunci tidak akan muncul di pemberitahuan. Dengan kata lain, sistem akan menyamarkan pemberitahuan tersebut jika Anda menampilkannya dalam bentuk pop up.

Informasi Lainnya

Dari Informasi yang beredar, fitur dari pembaruan ini sayangnya hanya tersedia untuk ponsel yang memiliki dukungan fitur keamanan sidik jari. Dengan kata lain, belum ada kepastian apakah ponsel dengan tanpa pembaca sidik jari dapat merasakan fitur ini atau tidak.

Tampaknya, WhatsApp hanya akan menyediakan pengaman berupa sidik jari. Mereka mungkin saja menyusul pengamanan dengan pola maupun kata sandi. Pastinya, butuh proses yang bertahap seperti saat meluncurkannya di versi beta.

Selain fitur ini, aplikasi perpesanan milik Meta tersebut juga memiliki fitur baru, yakni Bookmark Message. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya menyimpan chat tertentu dalam pesan sementara.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Unbox.id – Instagram dikenal karena menguji metode “Istirahat Iklan” baru. Metode ini tidak memungkinkan pengguna melewatkan iklan begitu saja. Dengan metode live advertising yang...

Tech Industry

Unbox.id – Spanyol memblokir Meta untuk meluncurkan fitur-fitur yang berfokus pada pemilu di Facebook dan Instagram. Otoritas perlindungan data Agencia Española de Protección de...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, Meta mengungkapkan pihaknya menemukan konten buatan AI kerap digunakan untuk mengelabui pengguna di Facebook dan Instagram. Menurut Meta, salah satu...