Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Play Store Google Sekarang Bisa Uninstal Aplikasi dari Jauh

Play Store
Play Store | foto: Tech Crunch

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan September lalu, Google telah memunculkan beberapa informasi soal fitur baru yang ada di toko aplikasi Android miliknya. Hingga November lalu, kabarnya fitur akan meluncur pada aplikasi Play Store versi 38.3, sayang hal itu tidak terjadi.

Google kembali menyebutkan fitur ini di log perubahan Sistem Google Play bulan Desember dan sekarang seharusnya rilis dengan Play Store versi 38.8. Dengan Play Store 38.8 fitur ini sekarang berfungsi sebagian setelah membalikkan beberapa tanda. Bagaimana cara kerjanya? 

Belum ada laporan apa pun terkait ulasan dari fitur ini di internet maupun keterangan resmi dari pihak pengembang, yakni Google. Kemungkinan saat ini laporan tersebut terbatas pada beberapa orang atau bahkan jika rilis ke publik, mereka tidak akan mudah menemukannya.

Rincian Fitur Pencopotan Aplikasi dari Jarak Jauh via Play Store

Sama seperti pemasangan aplikasi di perangkat yang terhubung seperti Ponsel Android lainnya, WearOS, TV, Android Auto, dan PC. Pengguna Android juga dapat mencopot pemasangannya dari jarak jauh, namun hal ini tidak akan semudah memasangnya. 

Setelah tersedia, Anda akan menemukan fitur ini di dalam tab “Kelola” yang ada di dalam halaman “Kelola aplikasi & perangkat”. Pada tab kelola Anda harus mengetuk “✓ Perangkat ini” dan lembar bawah akan muncul mencantumkan semua perangkat Anda yang terhubung.

Baca juga: CapCut Menghadirkan Fitur Baru, Long Video to Shorts dan Lainnya

yang mirip dengan apa yang Anda lihat di dialog pemasangan saat Anda memasang aplikasi dari jarak jauh untuk memilih perangkat Anda. Mengetuk salah satu nama perangkat Anda akan mengambil daftar semua aplikasi pengguna yang diinstal dari perangkat tertentu. 

Google Play Store Sediakan Fitur di Beberapa Perangkat

Di sini Anda dapat mengetuk kotak centang untuk memilih beberapa aplikasi atau satu aplikasi, jika dipilih, ikon hapus akan muncul di kanan atas. Mengetuk ikon hapus itu akan menampilkan popup yang memberi tahu Anda “1 aplikasi akan dihapus instalasinya device”. 

Di sini Anda dapat mengetuk batal  atau hapus instalan. Aplikasi akan terhapus instalasinya dari perangkat Anda yang lain. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan lebih detail, bahwa Anda dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan nama dan ukuran. 

Baca juga: Redmi Note 13 Pro Rilis di India pada 4 Januari dengan SoC Snapdragon 7s Gen 2

Mengurutkan berdasarkan ukuran pasti akan membantu Anda menghilangkan aplikasi yang menghabiskan ruang di perangkat Anda yang lain dengan mudah. 

Informasi Lainnya

Daftar aplikasi yang diambil Play Store dari perangkat yang lain tidak lengkap. Itu adalah perpaduan antara aplikasi sistem dan aplikasi pengguna. Aplikasi sistem adalah aplikasi yang menginstal pembaruan, sebagian besar adalah aplikasi Google. 

Tidak semua aplikasi pengguna ada di sana, banyak yang hilang, misalnya Anda menginstal Instagram di perangkat lain tetapi tidak ada dalam daftar. Jadi kemungkinannya ini adalah bug atau mungkin aplikasinya tidak termasuk dari Play Store. 

Melansir dari berbeapa sumber, tidak begitu jelas apa masalah sebenarnya di sini. Namun, informasinya akan jelas setelah lebih banyak pengguna mendapatkan fitur ini. Menurut log perubahan Pembaruan Sistem Google Play, fitur ini akan tersedia di Ponsel, Wear, TV, Android Auto, dan PC.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...