Apps & Games

Peraturan Terbaru Google Untuk Para Pengembang Aplikasi

Last updated on 5 Mei, 2021

Jakarta, Unbox.id – Sebuah aplikasi yang terdaftar di Google Play Store idealnya hanya memiliki namanya saja. Namun, beberapa pengembang menjadi sedikit lebih kreatif dalam memberi nama dan daftar aplikasi mereka, dimana mereka mungkin menggunakan grafik dalam logo aplikasi atau emoji dalam teks untuk menyarankan bahwa sebuah aplikasi “lebih baik” daripada yang lain.

Ini bisa agak menyesatkan dan dapat menyebabkan orang memasang aplikasi yang salah, atau dalam skenario kasus yang lebih buruk dapat mengelabui pengguna agar memasang perusak perangkat lunak atau aplikasi scam. Untuk menekan kasus tersebut Google sekarang menindak jenis daftar aplikasi yang menggunakan jenis trik ini untuk mencoba dan mempromosikan diri mereka sendiri di Play Store.

Baca juga: WhatsApp Tengah Mengembangkan Fitur Untuk Mengimpor Chat dari iOS Ke Android

Kebijakan metadata baru ini akan melarang trik seperti menggunakan semua huruf besar untuk menulis nama aplikasi, kecuali itu adalah merek. Ini juga akan menghentikan panjang judul aplikasi yang akan dibatasi hingga 30 karakter saja. Atau menempatkan istilah seperti “unduh sekarang” atau mempromosikan penawaran dengan mencantumkan kata “dijual” di ikon aplikasi.

“Kami juga mengumumkan pedoman aset pratinjau direktori new store untuk gambar fitur, tangkapan layar, video, dan deskripsi singkat yang kamu berikan untuk memamerkan fitur dan fungsi aplikasi kamu. Aset yang tidak memenuhi pedoman kami mungkin tidak memenuhi syarat untuk promosi dan rekomendasi di platform utama Google Play seperti beranda Aplikasi dan Game”, sebut Google.

Perubahan ini belum diterapkan dan Google mengumumkannya untuk memberi tahu pengembang dan waktu untuk melakukan perubahan yang diperlukan.

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google dilaporkan mulai meluncurkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses tersebut, pengguna Chrome dapat mengakses Gemini langsung melalui bilah alamat....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...

Copyright © 2023 RMN

Exit mobile version