Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Chrome Update Terbaru Hadirkan Fitur Periksa Keamanan Otomatis

Chrome
Google Chrome | foto: PCMag UK

Jakarta, Unbox.id – Hingga saat ini, perushaan mesin pencari raksasa asal Amerika Serikat, yakni Google terus melakukan perbaikan pada peramban internet utama mereka, yaitu Chrome. Minggu ini, mereka mengumumkan beberapa fitur baru yang akan segera hadir.

Melansir informasi dari laman 9to5Google, Senin 25 Desember 2023, salah satu fitur yang akan meluncur adalah sistem keamanan Security Check. Fitur tersebut kabarnya akan mulai berjalan secara otomatis di latar belakang sistem peramban Chrome Browser.

Baca juga: Gmail Kini Memungkinkan Pengguna Berhenti Berlangganan Email Spam

Dalam kesempatan sebelumnya, pengguna browser andalan Google tersebut harus melakukan pemeriksaan keamanan secara manual dengan membuka menu pengaturan. Alat keamanan Safety Check tersebut ada di menu pengaturan > Privasi dan Keamanan > “Check Now”. 

Fitur Baru Google Chrome, Pemeriksaan Keamanan Otomatis

Alat kemanan Safety Check atau ‘Pemeriksaan Keamanan’ yang ada di peramban milik Google tersebut memungkinkan pengguna untuk memeriksa keamanan passwordnya. Pengguna dapat mengetahui apakah kata sandi yang ada di browser aman atau sudah pernah bocor di internet. 

Selain itu, Safety Check juga dapat melakukan pemantauan notifikasi dari situs-situs yang pernah pengguna kunjungi sebelumnya. Selain itu, fitur ini dapat memeriksa secara otomatis terhadap aplikasi ekstensi yang pengguna download, apakah berbahaya atau tidak.

Baca juga: Gboard Anda Sekarang dapat Menambahkan Pintasan Undo

Peringatan bahaya akan muncul dalam menu pop-up yang dapat diakses dengan mengklik ikon “tiga titik” di pojok kanan atas tampilan Chrome. Selain pembaruan Safety Check, fitur baru lainnya yang akan hadir di peramban ini adalah pembaruan di mode Memory Saver. 

Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah membuka menu “Settings” > “Performance” > “Memory Saver”. Pengguna yang mengaktifkan mode Memory Saver akan melihat jumlah RAM yang digunakan oleh sebuah tab di halaman browser pada bagian bawah tab.

Informasi Lainnya

Selain beberapa fitur di atas, ada juga fitur lain yang akan hadir di Chrome. Fitur ini adalah ‘Saved Tab Groups’, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan riwayat browsing yang sudah berada dalam grup pada laman tab peramban. 

Fitur-fitur baru ini sedang mereka umumkan kepada seluruh pengguna Chrome versi desktop mulai pekan ini. Pengguna dapat memperbarui aplikasi peramban Google mereka ke versi terbaru melalui menu “Help” > “About Google Chrome” untuk mencoba fitur-fitur baru tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Jika Anda membuka Google hari ini, Anda akan melihat Google menampilkan gambar atau Google Doodle yang terlihat seperti katak di kolam dengan...

Apps & Games

Unbox.id – Saat ini smartphone sudah menjadi sebuah alat yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah kebutuhan untuk mengambil foto. Masyarakat modern gemar mengabadikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google menghadirkan pendekatan AI pada proses pembelajaran guru dan siswa. Dengan teknologi AI ini, Google berusaha meningkatkan fungsionalitas untuk menciptakan kegiatan pembelajaran...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden Jokowi resmi menandatangani Peraturan Presiden tentang Hak Penerbit. Jokowi mengatakan peraturan tersebut bertujuan untuk mendukung jurnalisme berkualitas sekaligus menjamin keberlanjutan industri...