Komparasi

Ini Dia Smartphone Perekaman Video Terbaik 2017

Sebelumnya kami telah membahas tentang beberapa smartphone dengan kamera terbaik 2017. Kali ini kami menghadirkan bahasan baru tentang beberapa smartphone yang memiliki fitur perekaman video dengan hasil yang mengesankan, bahkan terbaik dikelasnya. Mari kita langsung simak saja ulasan tentang smartphone perekaman video terbaik 2017, berikut ini;

LG V30

Diciptakan berdasarkan ide-ide vloggers, seri V dari LG ini telah sukses menjadi pilihan tepat untuk pengambilan video, menawarkan tingkat kontrol ekstra, terutama dalam mode video manual (fitur stand-out itu sendiri). Maka tak heran bila huruf V dari label smartphone LG ini bisa diartikan dengan kata ‘Video’ karena memang menghasilkan hasil rekaman yang mengesankan dikelasnya.

Rekaman audio directional mungkin hilang dari generasi ini (tidak adanya fitur mic), tapi di bagian fitur suara, Anda masih mendapatkan slider untuk mendapatkan filter cut rendah dan limiter volume. Bahkan Anda juga dapat memilih frame rate, bit rate, shutter speed, ISO, dan white balance, dan ada juga fokus meninggi, yang mana  beberapa smartphone tidak membiarkan kontrol yang canggih ini dalam mode stills manual mereka dan itu adalah maksud kualitas video yang sedang kita bicarakan di sini. Fitur yang diperkenalkan dengan mode ponsel LG V30, yakni Cine memungkinkan Anda menerapkan satu dari 15 efek warna warna yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mencapai tampilan tertentu (LG tidak menyukai kata ‘filter’), atau Anda dapat merekam dalam profil datar, yang mana nanti bisa sesuai dengan keinginan anda.

Ada juga fitur Point zoom, yang memungkinkan Anda melakukan zoom on on action yang terjadi di bagian frame tertentu dan bukan hanya di tengahnya. Tentu saja, tidak ada yang akan membuat perbedaan jika hasil akhirnya tidak bagus, tapi jangan cemas karena fitur video LG V30 termasuk hebat. Bahkan terdapat fitur manfaat tambahan yang memiliki kamera ultra lebar, yang nampak seperi layaknya kamera action. Namun masih satu hal yang bisa diperbaiki dari LG V30 yang hanya bisa menstabilkan cuplikan 1080p/30fps, tapi tidak bisa menstabilkan 4K atau 1080p/60fps-nya. Meskipun demikian, LG V30 layak mendapat rank 1 dalam soal smartphone perekaman video terbaik 2017 sejauh ini.

Sony Xperia XZ1

Xperia XZ1 memiliki trik tersendiri dalam menyaingi beberapa smartphone kelas atas yang berkamera fantasis. Yakni hadirnya fitur super slow motion capture  atau gerakan pelan super lambat pada fitur kameranya. Ya, kamera besutan Sony menarik perhatian para pencinta gadget dengan fitur unggulannya tersebut. Rekaman 960fps hanya tersedia dalam resolusi 720p dan untuk blink sekitar 0.18s pada kamera Sony Xperia XZ1 dapat  memberi Anda gambaran unik tentang bagaimana balon muncul, atau seekor anjing mengeluarkan air, atau hal-hal lain yang berguna seperti itu. Selain, itu, untuk kualitas video biasa pada smartphone ini juga termasuk bagus, mampu menghadirkan variasivideo  2160p, dan untuk klip rekaman 1080p pun tidak masalah. Ya, Sony masih menyematkan pilihan antara codec H.264 lama namun tetap sangat kompatibel dan H.265 yang baru dan lebih efisien juga pada smartphone seri ini. Itu sebabnya, smartphone ini layak masuk list terbaik ini.

iPhone X Apple

Karena kita telah mengetahui beberapa smartphone yang menghadirkan fitur frame rate yang tinggi pada kameranya, seperti iPhone 8/8 Plus/X . Ya, perlu diakui bahwa mereka adalah satu-satunya ponsel yang dapat menangkap rekaman 2160p pada 60 fps, tanpa adanya kualitas trade-off yang signifikan, bahkan smartphone Apple terbaru, yakni iPhone X juga bisa merekam video 1080p pada 240fps, sementara yang lain bisa namun perlu disesuaikan dahulu dengan resolusi atau frame rate-nya, tapi tidak keduanya. Selain itu, dalam aksi kebaikan yang langka, perangkat Apple ini mengizinkan Anda memilih antara H.264 dan H.265. Yes!

Selain itu, klip polos iPhone X 1080p yang dihasilkan merupakan yang terbaik yang bisa Anda temukan, keduanya berukuran 30fps dan 60fps, sementara banyak ponsel dalam daftar ini hebat di 4K, dan tidak pada ukuran FullHD. Hal ini bisa jadi dikarenakan stabilisasi gambar elektronik yang digabungkan dengan optik stabil pada layar tele dan tele yang luas dari iPhone X mampu berjalan selaras dengan software pendukungnya, termasuk untuk klip 2160p/60fps.

Google Pixel 2 XL atau Pixel 2

Smartphone besutan Google ini tampak biasa saja. Karena fitur kameranya tidak menawarkan fitur seperti adanya super-high-res, super-slo-mo, tidak ada mode manual, tidak ada capture audio yang bagus. Namun sebenarnya, Pixel 2 ini masih merekam audio mono seperti iPhone. Ini hanya video keren tanpa embel-embel bagus. Dan videonya mungkin bukan yang 1080p/60fps, namun fitur ‘Fused video stabilization’ pada smartphone ini mampu menghasilkan klip video sekualitas 4K tanpa embel-embel banyak pengaturan didalamnya.

Samsung Galaxy Note 8

Smartphone Samsung Galaxy Note 8 ini merupakan salah satu smartphone yang mampu melakukan banyak hal atau biasa disebut smartphone do-it-all. Seperti sebutannya tersebut, Galaxy Note 8 juga bisa menangkap video unggulan. Ini mencakup semua basis penting juga, termasuk kamera tele, video 4K dengan stabilisasi (OIS dan EIS), pemilihan codec H.264/H.265. Namun tidak untuk fps yang tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh iPhone 8, 8 Plus, dan X.

Itulah beberapa smartphone perekaman video terbaik 2017 yang bisa kami uraikan dalam artikel ini. Sebenarnya masih ada smartphone lainnya yang juga memiliki rekaman video yang bagus, seperti HTC U11+, Huawei Mate 10 Pro, Xiaomi Mi A1, Moto Z2 Force dan OnePlus 5T. So, selamat memilih yang terbaik dari 2017 ini, guys!

Related posts

Komparasi Kinerja Chipset Snapdragon 675 Mobile di Antutu dan Geekbench

Inna

Xbox One X versus Xbox Series X

Suhat Rifky

Sony 1000XM3 vs Bose QuietComfort 35 II, Mana Yang Lebih Baik?

Inna

Leave a Comment