Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

List Kamera Digital Harga 2 Jutaan Dengan Fitur NFC dan Wifi

Kamera Digital Fitur NFC dan WiFi_1a
Kamera Digital Fitur NFC dan WiFi. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Ada banyak kamera dengan fitur Near Field Communication (NFC) di pasaran. Berbagai produsen kamera mulai dari Canon, Sony, Samsung, dan Panasonic bersaing menawarkan kamera dengan NFC dengan merek dan harga yang berbeda. NFC sendiri menjadi populer saat dipasangkan dengan smartphone. NFC memungkinkan smartphone terhubung dengan mudah ke perangkat lain yang mendukung NFC atau dapat bekerja dengan tag NFC. Tag NFC adalah tautan untuk memulai fitur yang menggunakan NFC. Tag NFC yang telah diprogram sebelumnya memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mengontrol berbagai fungsi di ponsel mereka dengan satu klik.

Fungsi Fitur NFC di kamera

Selain NFC, seringkali terdapat fungsi WiFi sebagai alternatif lain untuk menghubungkan kamera ke smartphone atau perangkat lainnya. Lantas bagaimana fungsi NFC pada kamera? Umumnya tidak jauh berbeda. Berikut cara menggunakan NFC di kamera saku, DSLR, dan perangkat mirrorless.

  • Menghubungkan kamera dengan ponsel atau perangkat lainnya yang juga memiliki NFC.
  • Mentransfer foto antar perangkat secara nirkabel.
  • Mengunggah foto maupun video ke portal Canon image Gateway (untuk kamera Canon).
  • Mengunggah foto ke jejaring sosial, facebook, twitter, instagram dan lainnya.
  • Remote shooting pada jarak tertentu.
  • Fungsi “Tag and Go” memungkinkan pembidikan obyek melalui smartphone (pada kamera Samsung).

Untuk dapat menghubungkan kamera saku, DSLR dan mirrorless ke smartphone biasanya diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk koneksi. Kita ambil contoh penggunaan fungsi NFC pada NX300. Pertama, dekatkan smartphone ke sisi kiri NX300.

Setelah terhubung, ponsel cerdas Anda akan terhubung ke Play Store untuk mengunduh aplikasi ‘Samsung Smart Camera’.

Kamera Canon Berfitur NFC

Canon SX700HS_2b

Canon SX700HS. (Sumber: Digital Trends)

Fungsi NFC berguna untuk menghubungkan kamera ke smartphone atau perangkat seluler lainnya dengan cepat dan mudah untuk mengatur pengambilan atau transfer gambar antar perangkat secara nirkabel.

Fungsi WiFi bawaan juga memudahkan pengguna mengunggah foto dan video ke Canon iMage Gateway (CiG) dan berbagai situs media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Untuk melakukan ini, pertama-tama daftarkan nomor kamera ke CiG.

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas kamera saku PowerShot SX700 HS saja. Kamera Canon SX700HS dibekali lensa berkemampuan zoom optikal hingga 30X dengan bodi seukuran kamera saku.

Canon SX700HS memiliki tombol penyangga bingkai yang terletak di sisi kiri bodi kamera. Tombol ini berfungsi untuk menggeser lensa zoom ke posisi semula saat melakukan zoom. Padahal, tombol ini sangat berguna saat Anda kehilangan fokus saat memotret jarak jauh.

Baca juga: Daftar Kamera DSLR Yang Dipakai Untuk Shooting Film

Kamera Sony Berfitur NFC

Sony Alpha 5000_3c

Sony Alpha 5000. (Sumber: AliExpress)

Tahun ini, model terbaru Sony dengan NFC adalah Alpha 5000, yang memiliki lensa yang dapat diganti sesuai kebutuhan dan juga memiliki flash di bodi. Ukurannya cukup kecil dan ringan, hanya 210 gram atau setara dengan kaleng minuman bersoda.

Keunggulan lain dari Alpha 5000 adalah built-in WiFi dan NFC. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berbagi foto dengan smartphone atau tablet digital (tablet) dengan sistem operasi Android versi 4.0 atau lebih tinggi.

NFC juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan Smart Remote dengan satu sentuhan, serta menghubungkan kamera ke smartphone atau tablet untuk melihat foto atau memicu rana dari jarak jauh.

Alpha 5000 juga dilengkapi dengan fungsi smoothing effect (efek pelembutan kulit) yang secara otomatis menghilangkan kerutan dan noda hitam pada wajah. Fungsi ini cocok untuk “selfie” dan pastinya bisa menjadi pilihan yang pas untuk menangkap jepretan gambar bagi para penggunanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Kamera digital memiliki desain yang mungil dan dianggap sangat praktis, tetapi kamera digital yang macet menjadi salah masalah yang kerap ditemui....

Kamera

Kamera digital Olympus PEN E-PL8 ini merupakan pembaharuan dari model pendahulunya E-PL7 dengan desain ulang yang lebih menawan. Ya, kamera ini memiliki desain body...

Kamera

YI M1 ini merupakan salah satu produk kamera Mirrorless buatan China yang memang belum dikenal oleh banyak orang, terutama oleh para pencinta dunia fotografi....

Kamera

Kamera  digital Canon EOS Rebel T7i  atau dikenal sebagai EOS 800D di luar negeri baru dirilis bersamaan dengan EOS 77D. Keduanya saling berbagi banyak...