Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Windows: Cara Menguji dan Menyesuaikan Sistem Audio PC

Windows
ilustrasi : screencapture.com

Jakarta, Unbox.id – Para pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menguji dan menyesuaikan sistem audio? Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui langkah-langkah pengujian dan penyesuaiannya.

Dengan catatan, tips ini hanya akan berlaku untuk komputer yang menjalankan Windows 11, 10, dan sistem operasi yang lebih lama. Namun, Anda juga bisa mencobanya untuk versi baru, jika mungkin saja cara tersebut akan berhasil dan efisien.

Baca juga: Blackview BV9300 Pro, Review Smartphone Terbaru dengan Spek Tangguh

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang aplikasi seperti PassMark SoundCheck untuk menguji kartu suara, speaker, dan mikrofon. Anda harus memelihara sistem audio tersebut dan mengaturnya dengan benar. terbaru atau 5.1 surround sound.

Perangkat Lunak untuk Menguji dan Menyesuaikan Audio PC Windows

Saat Anda mengatur audio dengan aplikasi tersebut, pastikan speaker berada di posisi yang tepat dan dalam pengaturan yang benar. Termasuk volume pada setiap speaker satelit sesuai dengan tempatnya, dan bass serta treble sejajar dan selaras satu sama lain. 

ilustrasi : lifewire

Anda juga harus memilih pengaturan yang tepat untuk setiap jenis media yang ingin Anda nikmati, termasuk musik, film, video game, dan apa pun yang Anda lakukan. Kebanyakan aplikasi yang efektif untuk kalibrasi audio pada umumnya adalah software yang sederhana.

Baca juga: Xiaomi 14 Pro Kemungkinan Tidak Akan Rilis di Luar China

PassMark SoundCheck adalah salah satu contoh aplikasi pengujian audio gratis untuk Windows yang mendukung banyak fitur bermanfaat. Ini akan menampilkan bentuk gelombang waktu nyata, akan menguji jangkauan speaker Anda.

Informasi Lainnya

Termasuk generator derau merah muda, dan mendukung kecepatan sampel mulai dari 5.000Hz hingga 128.000Hz. PassMark SoundCheck mencakup penganalisis spektrum dan mikrofon sensitif yang menangkap serangkaian nada dan kemudian memproses nada tersebut untuk interferensi dan kualitas. 

Namun, alat ini biasanya berharga ribuan dolar dan digunakan oleh teknisi audio yang bertujuan untuk perekaman kualitas studio atau reproduksi audio dalam ruangan besar. Aplikasi Desibel iOS dan Aplikasi Android Pengukur Suara adalah dua contoh bagaimana Anda bisa melakukan ini.

Pendekatan ini tidak sempurna, namun untuk sebagian besar aplikasi rumahan, ini merupakan pengganti kalibrasi di PC Windows tingkat profesional yang mudah dan memadai.

Sumber: Lifewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...