Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

WhatsApp Multi Perangkat Saat Ponsel Off? Ini Caranya

WhatsApp

Jakarta, Unbox.id – Kabar gembira untuk para pengguna WhatsApp, karena platform obrolan ini sekarang mendapatkan fitur baru untuk mengirim dan menerima pesan dengan empat perangkat.

Bahkan kini WhatsApp telah mulai meluncurkan dukungan multi-perangkat ini untuk sejumlah besar pengguna di Android dan iOS.

Jadi, para pengguna dapat menggunakan akun mereka di perangkat sekunder, tanpa mengharuskan ponsel terhubung ke Internet.

Meski tak terhubung ke ponsel dan dengan empat perangkat bersamaan, namun fungsi mengirim dan menerima pesan di aplikasi masih dapat dilakukan.

Pembaruan ini berguna jika Anda mengakses WhatsApp di desktop atau Mac.

Baca juga : Whatsapp Integrasikan Digital Novi Untuk Pembayaran Global

Multi Perangkat

whatsapp_web

Fitur multi-perangkat ini diperkenalkan pada bulan Juli setelah serangkaian pengujian internal.

Dengan fitur ini, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun pesan instan mereka ke perangkat sekunder — misalnya PC, laptop, atau Portal Facebook.

Fitur baru ini sangat memungkinkan untuk model enkripsi ujung ke ujung pada obrolan yang terjadi dengan menggunakan perangkat sekunder.

Ini berarti baik WhatsApp maupun pihak ketiga tidak dapat membaca pesan yang Anda kirim atau terima di PC Anda yang terhubung.

Dengan menawarkan dukungan mandiri, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan di perangkat sekunder mereka bahkan jika tidak berada di dekat ponsel mereka.

Fitur ini juga membantu Anda tetap terhubung ke WhatsApp jika ponsel Anda kehabisan daya.

Baca juga: Cara Mengunci PC Windows Otomatis Dengan Dynamic Lock

Caranya Bagaimana?

WhatsApp Multi Perangkat

Lalu bagaimana cara menautkan akun WhatsApp ke perangkat sekunder?

Sebelum mencoba langkah-langkah di bawah ini, penting untuk dicatat untuk memastikan WhatsApp versi terbaru untuk mendapatkan dukungan multi-perangkat, dan menautkan akun ke perangkat sekunder.

Karena fitur ini sudah dalam versi ‘beta’ maka kemungkinan dapat mengakibatkan beberapa masalah stabilitas, juga keterbatasan pada WhatsApp Web, Desktop, dan Portal.

Artinya WhatsApp belum mengaktifkan dukungan untuk menautkan ponsel Android atau iPhone sebagai perangkat sekunder.

Begitu juga dengan tablet Android atau iPad, untuk saat ini masih belum bisa dilakukan.

Kembali untuk cara menautkan akun WhatsApp ke perangkat sekunder adalah:

  1. Bergabunglah dengan multi-perangkat beta dengan membuka WhatsApp lalu Pengaturan > Perangkat Tertaut > Beta Multi-Perangkat.
  2. Setelah selesai, kembali ke layar Perangkat tertaut lalu ketuk tombol Tautkan Perangkat untuk menautkan perangkat baru.
  3. Anda sekarang akan diminta untuk memindai kode QR yang tersedia di perangkat sekunder Anda untuk menautkannya dengan akun WhatsApp Anda.

Setelah menautkan, WhatsApp akan memungkinkan Anda mengirim dan menerima pesan menggunakan perangkat sekunder.

Anda juga dapat melihat pesan sebelumnya dari perangkat sekunder. Meskipun pesan yang sudah dihapus dari perangkat utama tidak nampak di perangkat sekunder.

Demikian juga dengan pesan yang Anda hapus dari perangkat sekunder, tidak akan terlihat di ponsel Anda.

Namun, fitur ini tidak akan berfungsi demikian ketika menggunakan iPhone. Selamat mencoba! (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Indus, adalah game battle royale buatan India, yang cuplikannya baru saja diungkapkan di publik. Adalah SuperGaming yang telah membagikan teaser gameplay...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Trend menggunakan ringtone dan ring back tone pernah populer pada era tahun 2000 sampai 2010 sebelum banyak yang menggunakan smartphone. Nada...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru dari aplikasi pesan singkat smartphone berlogo hijau, WhatsApp. Menurut berbagai sumber, aplikasi besutan Meta tersebut akan memperbarui fitur grup...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Apakah Anda pernah berfikir bagaimana cara kerja layar lipat yang masih tetap bisa berfungsi dan tidak pecah ketika dilipat-lipat? Seperti diketahui,...