How To

Tips Gunakan Portable Scanner

Untuk Anda seorang eksekutif, karyawan, atau mahasiswa dan pelajar, yang  kadang perlu memindai dokumen, majalah, ataupun buku-buku tebal, tentunya Anda merasa kerepotan jika harus meletakan dan mengaturnya di scanner flatbed biasa. Scanner jenis inipun dapat dikatakan kurang praktis karena tidak dapat dibawa kemana saja. Kini Anda tak perlu repot lagi karena portable scanner sudah dapat menunjang kegiatan Anda.

Tips bagaimana cara menggunakan portable scanner, yang baik dan benar.

  • Pasang baterai, biasanya tempat untuk memasang baterai ada di bagian bawah scanner.
  • Tekan dan tahan tombol Power / Scan selama beberapa detik untuk mengaktifkan scanner. Masukkan kartu microSD ke dalam slot di sisi scanner. Tips : Jangan lupa ‘kunci’ kartu microSD Anda, dan pastikan Anda mendengar bunyi ‘klik’.
  •  Jika Anda ingin menghapus semua data (format) yang ada pada memori Anda, Anda hanya perlu menekan tombol Format. Tips : tombol ini sangat kecil,  gunakan ujung pensil atau ujung klip kertas untuk menekannya. Lalu tahan hingga layar scanner menampilkan huruf ‘F’, selanjutnya tekan tombol Power / Scan. Ketika indikator microSD pada layar LCD berhenti berkedip, memori Anda siap untuk digunakan.
  •  Atur tanggal dan waktu sehingga file yang Anda scan akan menunjukkan data waktu yang akurat. Tekan tombol Set Time dengan ujung pensil atau klip kertas. Tombol ini berada pada sisi scanner, tepat di atas port USB. Gunakan tombol JPG / PDF  di samping tombol Resolution untuk memilih tahun, bulan, tanggal, jam dan menit secara berurutan. Gunakan tombol Power / Scan untuk mengkonfirmasi setiap entry. Ketika Anda telah menyelesaikan pengaturan waktu, tekan kembali tombol Set Time.
  •  Tekan tombol Resolution di bagian atas untuk memilih resolusi yang diinginkan. Resolusi yang Anda pilih akan tampil pada layar LCD. Untuk resolusi tinggi 900 pixel per inci, medium 600 pixel per inci dan rendah 300 pixel per inci.
  • Tempatkan dokumen Anda pada permukaan yang datar dan ‘keras’. Atur scanner di atas dokumen Anda dengan posisi layar LCD di atas. Pastikan dokumen Anda terletak di antara penanda lebar pada scanner.
  • Letakkan satu tangan pada dokumen sehingga Anda dapat menahannya agar tidak bergeser. Tekan Power / Scan tombol untuk memulai scan. Geser pemindai perlahan dan merata. Ketika Anda mencapai ujung dokumen, tekan kembali tombol Power / Scan untuk menghentikan pemindaian.
  • Pasang kabel USB ke port USB yang ada di sisi scanner. Kartu microSD Anda akan muncul sebagai removable disk, sama seperti jika Anda memasang flash drive. Untuk menyalin hasil scan ke hard drive atau melihatnya dari kartu memori, klik pada Open Folder to View Files pada komputer Anda.

Sangat mudah untuk digunakan bukan? Tinggalkan scanner lama Anda, dan beralihlah ke portable scanner sekarang juga.

Related posts

3 Jurus Persiapkan Film Tahun Baru di Galaxy Movie Studio Online Class

Irianto Bina Dirgantara

Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga di Rumah  dengan Permainan Seru

Irianto Bina Dirgantara

Cara Membaca yang Baik di Smartphone

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment