Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penting Disimak! Tips Aman dari Serangan Cyber

Symantec yang giat membagikan temuan mereka mengenai kejahatan cyber di dunia maya, kali ini membagikan tips aman dari serangan cyber. Simak selengkapnya.

Symantec, perusahaan keamanan cyber terkemuka di dunia, membantu perusahaan, pemerintah, dan individu mengamankan data mereka yang paling penting di mana pun data tersebut berada.

Setiap tahun Symantec selalu membagikan laporan mereka kepada publik mengenai ancaman-ancaman yang beredar di dunia maya menyangkut keamanan data publik yang mereka temukan. Berdasarkan temuan Symantec tersebut diketahui angka kejahatan cyber yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Bentuk kejahatan tersebut pun bermacam macam. Seperti phishing  ransomware. Menanggapi hal itu, Symantec tidak segan untuk berbagi tips aman dari serangan cyber. Berikut kiat-kiatnya:

  • Ubah kata sandi default pada perangkat dan layanan Anda: Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk komputer-komputer, perangkat-perangkat IoT dan jaringan-jaringan Wi-Fi. Jangan gunakan kata kunci yang umum atau mudah ditebak, seperti “123456” atau “password”.
  • Terus update sistem operasional dan software Anda: Pembaruan-pembaruan software biasanya akan mencakup patch-patch untuk kerentanan-kerentanan keamanan yang baru ditemukan yang dapat dimanfaatkan oleh para penyerang.
  • Berhati-hatilah dengan email: Email adalah salah satu metode infeksi utama. Hapus email-email mencurigakan yang Anda terima, terutama jika berisi tautan dan/atau lampiran. Berhati-hatilah terhadap lampiran email Microsoft Office yang meminta Anda untuk mengaktifkan makro-makro untuk melihat isinya.
  • Back up file Anda: Membuat cadangan data Anda adalah cara yang paling efektif untuk memerangi infeksi ransomware. Para penyerang dapat meraih keuntungan dari korban-korban mereka dengan mengenkripsi file-file korban sehingga tidak dapat diakses. Jika Anda memiliki file-file cadangan, Anda dapat mengembalikan file Anda setelah infeksi dibersihkan.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pengguna Google Drive di Android sudah lama memiliki kemampuan untuk memindai dokumen dan menyimpannya sebagai PDF. Namun, baru-baru ini Google telah...

Artikel

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Menggunakan tablet dengan layar yang jernih dan bersih akan memberikan pengalaman beraktivitas yang nyaman dan...

Apps & Games

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Di dalam perangkat headphone nirkabel, baterai memegang peranan penting sebagai fungsi penyimpanan daya. Agar perangkat...

Artikel

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Baterai yang awet merupakan salah satu faktor pendukung kenyamanan saat beraktivitas dengan gadget. Salah satunya...