Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form

Google-Forms

Jakarta, Unbox.id – Google Form adalah aplikasi yang layak untuk direkomendasikan. Karena selain mudah digunakan, mudah dibagikan, juga memiliki antarmuka yang bersih.

Salah satu fitur terbaiknya adalah Google Forms gratis. Jadi siapa pun yang memiliki akun Google dapat membuat Google Form.

Ini hanya alat yang sangat baik untuk membuat survei, kuis, dan hampir semua jenis formulir lain yang dapat Anda impikan.

Berikut ini cara membuat Google Form dalam beberapa langkah sederhana.

Baca juga: Ikuti Cara Ini Untuk Cek Nomor IMEI Xiaomi

1. Mulai Membuat Google Form

Google Form 2

Pertama, navigasikan ke forms.google.com dan masuk jika diminta. Sekarang saatnya untuk memutuskan bentuk seperti apa yang ingin Anda buat.

Anda dapat memilih template di galeri, lalu memulai formulir baru dari awal, atau menduplikasi formulir yang telah Anda buat sebelumnya.

Buat Kuis

Jika ingin membuat kuis, Anda bisa mulai dengan memilih template kuis atau Kuis Kosong. Kemudian pilih Pengaturan, lalu pada tab Kuis, pilih tombol sakelar untuk Jadikan ini sebagai kuis.

Membuat formulir Anda menjadi kuis memungkinkan Anda menetapkan nilai poin untuk setiap pertanyaan.

Google Formulir akan secara otomatis menilai jawaban responden.

Menjadikan formulir Anda sebagai kuis juga membuka beberapa opsi lain, seperti kapan memberi tahu responden bagaimana kinerja mereka dalam kuis.

Anda dapat “melepaskan” nilai setelah setiap pertanyaan atau setelahnya, setelah Anda meninjau jawaban mereka secara manual.

Anda juga dapat memilih apakah responden dapat melihat pertanyaan yang terlewat, pertanyaan yang benar, dan/atau nilai poin.

Selanjutnya, beri formulir Anda judul dan, jika Anda mau, deskripsi.

2. Menambahkan Pertanyaan atau Elemen

Membuat Pilihan Ganda

Pada Formulir Google selain pertanyaan, juga dapat diberikan elemen tambahan seperti gambar, video, dan bagan.

Mengimpor Pertanyaan dan Elemen

Jika Anda pernah membuat Formulir Google yang memiliki pertanyaan atau elemen yang ingin Anda gunakan di formulir baru, Anda dapat mengimpornya.

Caranya: Pilih ikon Impor > pilih formulir yang berisi pertanyaan yang ingin Anda impor > Pilih.

Selanjutnya, di panel Impor pertanyaan, centang kotak di samping setiap pertanyaan atau elemen yang ingin Anda impor. Terakhir, pilih tombol Impor pertanyaan.

Jenis Pertanyaan

Tambahkan pertanyaan secara manual dengan memilih ikon Tambahkan pertanyaan.

Ketik pertanyaan > pilih ikon Sisipkan gambar di sebelah kanan pertanyaan.

Gambar dapat berasal dari berbagai sumber termasuk komputer, kamera, Google Foto, Google Drive, atau dengan melakukan Penelusuran Gambar Google.

Selanjutnya, pilih jenis pertanyaan Anda. Google Forms mencakup semua jenis pertanyaan standar yang akan Anda temukan di alat formulir lain seperti SurveyMonkey atau Microsoft Forms.

Jenis pertanyaan meliputi:

  • Jawaban singkat
  • Gugus kalimat
  • Pilihan ganda
  • Kotak centang
  • Pemilih tarik-turun
  • Unggah file (File akan diunggah ke Google Drive pemilik formulir.)
  • Skala linear
  • Kisi pilihan ganda
  • Kotak-kotak centang
  • Tanggal
  • Waktu

Selanjutnya masukkan opsi respons untuk pertanyaan Anda.

Untuk jenis pertanyaan apa pun, ada opsi di bawah pertanyaan dan jawaban di mana Anda dapat meminta jawaban, tambahkan deskripsi atau teks tambahan lainnya di bawah pertanyaan.

Setelah itu tambahkan validasi respons, tentukan bagian mana yang harus dilompati responden berdasarkan jawaban mereka, dan/ atau acak urutan pilihan jawaban yang muncul.

Baca juga: Cara Menghapus Beberapa Aplikasi Sekaligus Di Android

3. Pilih Tema

Google Form 6

Untuk melihat seperti apa bentuk formulir Anda bagi responden, maka pilih ikon Pratinjau.

Untuk meramaikan tampilan dan nuansa formulir yang Anda buat, pilih ikon Opsi tema.

Di sana Anda dapat memilih gambar header untuk formulir, tema dan warna latar belakang. Bahkan termasuk font.

4. Periksa Pengaturan untuk Opsi Lainnya

Google Form 3

Memilih ikon Pengaturan (roda gigi) akan memberi akses ke opsi tambahan yang terkait dengan pengumpulan tanggapan, dan opsi untuk kuis yang dibahas di atas.

Pengaturan untuk Mengumpulkan Tanggapan

Di tab Umum Anda dapat memilih mengumpulkan alamat email dari orang-orang yang mengisi formulir.

Selain itu, Anda dapat mengatur formulir untuk mengirim email kepada responden atas jawaban mereka secara otomatis atau hanya jika responden meminta salinannya.

Anda dapat menghentikan orang untuk merespons beberapa kali, juga ada pengaturan untuk mengizinkan responden mengedit tanggapan mereka.

Pengaturan Presentasi

Di tab Presentasi Anda dapat memilih untuk memperlihatkan kepada responden yang menunjukkan berapa banyak formulir yang belum mereka selesaikan.

Jika Anda ingin urutan pertanyaan diacak, centang kotak di sebelah Acak urutan pertanyaan.

Jika ingin responden dapat mengisi formulir lagi, centang kotak di samping Perlihatkan tautan untuk mengirimkan tanggapan lain.

Tab Presentasi juga merupakan tempat untuk dapat menulis pesan Konfirmasi yang akan ditampilkan setelah responden mengisi formulir.

5. Bagikan Formulir

Google Form 5

Setelah formulir siap digunakan, pilih tombol Kirim. Anda akan melihat sejumlah cara untuk membagikan formulir.

Centang kotak bertanda Kumpulkan alamat email jika Anda ingin menyimpan catatan alamat email responden.

Kirim Melalui Email

Untuk mengirim formulir dalam email, masukkan alamat email penerima, subjek email, dan, jika mau, pesan singkat.

Jika ingin formulir langsung disematkan di email itu sendiri, bukan email dengan tautan ke formulir, centang kotak bertanda Sertakan formulir di email.

Jika ingin membagikan formulir untuk diedit oleh editor lain, pilih Tambahkan kolaborator dan tambahkan editor dari daftar atau masukkan alamat email mereka.

Buat Tautan

Memilih kirim melalui tautan akan membuat tautan Google Form yang dapat disalin dan tempel di mana pun, termasuk dalam pesan teks, aplikasi perpesanan, atau grup obrolan.

Bagikan di Media Sosial

Memilih ikon Facebook atau Twitter akan membuka tab browser baru dengan draft posting yang telah diisi sebelumnya untuk jaringan media sosial yang dipilih.

6. Dapatkan Jawaban

Jawaban Responden

Pilih tab Tanggapan, dan Anda akan mendapatkan akses ke ringkasan tanggapan cepat.

Anda juga dapat melihat respons individual atau mengekspor respons ke spreadsheet.

Hasilkan Embed Kode HTML

Jika Anda ingin menyematkan formulir ke halaman web, pilih Kirim melalui Sematkan HTML.

Anda dapat menentukan lebar dan tinggi formulir, dan Google Formulir akan menghasilkan kode HTML untuk Anda salin dan tempel ke situs web. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Jika layar sentuh iPad Anda tidak berfungsi, solusinya mungkin sederhana. Pastikan tidak ada yang menghalangi layar sentuh membaca ujung jari Anda,...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Akhir-akhir ini, aplikasi perpesanan instan milik Meta WhatsApp telah memperkenalkan fitur reaksi pesan baru untuk iOS, dan banyak fitur yang berguna....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Tahun baru adalah saatnya untuk melihat video game yang keluar di tahun 2022 dan seterusnya. Di bawah ini Anda akan menemukan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda penggemar Epic’s Fortnite dan berharap untuk melihatnya kembali ke iOS lagi, Anda beruntung dan layak bergembira. Seperti kita tahu...