Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Clipboard Windows: Langkah Mudah Lakukan Metode Pengutipan

Clipboard
Ilustrasi papan klip di Windows 10

Jakarta, Unbox.id – Banyak pengguna perangkat desktop Windows 10 yang hingga saat ini belum menyadari ketersediaan fitur clipboard di dalamnya. Fungsi copy-paste mungkin menjadi shortcut yang paling di hafal di kalangan pelajar maupun pendidik. Menyalin dokumen yang tersebar di berbagai sumber dan membuatnya menjadi satu adalah kegiatan yang paling sering mereka lakukan.

Namun, apakah anda tahu, jika menyalin dokumen dari berbagai sumber bisa disimpan di dalam fitur clipboard? Di mana anda dapat mengumpulkan semua hasil copy ke dalam satu wadah dan anda tidak perlu bolak-balik membuka lembar kerja untuk menyalin berkali-kali.

Nah, dalam pembahasan artikel kali ini, redaksi akan memaparkan bagaimana cara membuka dan memanfaatkan fitur papan klip dengan mudah. Simak pembahasannya.

baca juga : Cara Mengunci PC Windows Otomatis dengan Dynamic Lock

Tombol Pintas Untuk Membuka Clipboard di Windows 10

Membuka fitur clipboard dalam windows 10 sangatlah mudah. Selain ada shortcut yang sering kita gunakan seperti Ctrl+X, Ctrl+V, Ctrl+S, anda dapat membuka papan klip dengan Win+V. Tombol ‘win’ atau biasa disebut tombol windows yang berfungsi untuk membuka menu utama atau ‘start’ memiliki lambang jendela.

Setelah anda mengetahui dan ingin mengutip banyak kata-kata atau memilihnya, anda bisa menyimpannya di papan klip. Pertama, blok tulisan yang ada di laman atau dokumen, kemudian copy dengan menekan Ctrl+C. Kemudian tentukan lagi kalimat mana yang ingin anda salin, lakukan hal yang sama.

Setelah itu, buka lembar kerja tempat anda akan menaruh kutipan-kutipan tersebut dan tekan Win+V, maka papan klip aka muncul di sudut kanan atas (biasanya). Di sana sudah terdapat list teks yang anda salin pada kesempatan sebelumnya. Sangat sederhana, bukan?

baca juga : Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

split screen windows 10

Cara Cepat Mengambil Kutipan Dalam Jumlah Banyak

Selain tombol pintas Win+V untuk membuka papan klip, ada tips lain yang bisa anda coba untuk mempercepat penulisan anda. Yakni dengan mensejajarkan dua jendela, jendela halaman internet/dokumen dan lembar kerja kosong milik anda.

Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol pintas Win+arah kanan/kiri. Maka secara otomatis jendela akan mengubah ukuran dirinya menjadi setengah layar. Kemudian, anda tinggal memilih jendela yang anda inginkan untuk bersanding dengan lembar kerja anda.

Nah, dengan ini, semakin mudah untuk melakukan proses pengutipan bukan. Anda bisa melakukan penelitian, mengambil kesimpulan, dan mencatat tugas sekaligus melakukan siaran meeting. Selamat mencoba.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Mengakses berbagai informasi dari dunia maya pada zaman ini memang sudah menjadi kegiatan yang tak terpisahkan di kalangan masyarakat umum. Terlebih,...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Shortcut atau pintasan keyboard akan sangat membantu bagi orang-orang yang banyak melakukan aktivitas mengetik untuk dapat memaksimalkan produktivitas maksimal. Bagi Anda...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Elon Musk akhirnya secara resmi membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau sekitar 635 triliun secara tunai. Hal ini menjadikan Elon...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Grup Telegram ini membuat banyak orang memiliki kesempatan untuk dapat bergabung kapan saja. Anda dapat bergabung dengan grup Telegram untuk mengikuti...