Connect with us

Hi, what are you looking for?

Handphone & Tablet

Cara Untuk Menyembunyikan File Rahasia di HP

File
Ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Terdapat banyak cara untuk menyembunyikan file pribadi atau file rahasia di smartphone Android yang anda miliki. File yang bersifat privasi tentu tidak boleh diketahui oleh sembarang orang, terutama ketika anda meminjamkan ponsel tersebut untuk suatu urusan.

Dalam ulasan artikel kali ini, Unbox akan memberikan beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan baik di smartphone atau di laptop. Cara untuk menyembunyikan file penting agar orang lain yang membuka isi ponsel anda tidak dapat mencapai file tersebut. Nah, untuk itu, baca secara lengkap ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Cara Sederhana Menyembunyikan File Rahasia

Sebelum anda bisa menyembunyikan berkas penting yang anda simpan di dalam ponsel, anda bebas memilih. Yakni apakah akan menggunakan aplikasi penyimpanan aman atau memilih dengan cara sederhana. Pastikan juga ponsel anda memiliki aplikasi penyimpanan berkas yang memadai atau eksternal kartu memori.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Tips Mengoptimalkan Penyimpanan Berkas

Langkah pertama, buka aplikasi penyimpanan berkas yang ada di smartphone anda, lalu pilih berkas yang ingin anda sembunyikan. Cara pertama adalah menggunakan aplikasi, aplikasi rekomendasi untuk menyembunyikan berkas adalah dengan menyimpannya di Google Files. Di update terbaru, anda dapat mengunci berkas pada satu tempat yang lengkap dengan kata sandi keamanan.

Cara kedua adalah menyembunyikan berkas pada folder tersembunyi. Caranya cukup mudah, biasanya di dalam penyimpanan terdapat folder-folder tersembunyi yang dapat anda buka melalui opsi pengaturan. Nah, ketika anda berhasil membuka folder tersebut, anda tinggal memasukkan berkas rahasia ke dalamnya.

Membuat Folder Tersembunyi

Anda juga bisa membuat folder baru sesuai nama yang anda inginkan lalu membuatnya menjadi folder tersembunyi. Namun, hal ini tidak dapat anda lakukan di semua jenis ponsel. Dengan kata lain, jika anda tidak bisa membuat sebuah folder menjadi tersembunyi, anda harus membuka laptop untuk melakukannya.

Baca juga: Aplikasi Manajemen Berkas yang Simple dan Mudah Digunakan

Cara untuk membuat folder menjadi tersembunyi adalah, klik kanan pada folder yang anda inginkan, kemudian pilih menu properties di paling bawah. Lalu, centang kotak bertuliskan hidden yang ada di paling bawah. Secara otomatis, folder tersebut akan menjadi tersembunyi.

Jika anda menggunakan ponsel Xiaomi, anda bisa membuat folder menjadi aman dengan kata sandi. Caranya adalah tekan lama pada folder, lalu pilih opsi jadikan pribadi. Secara otomatis.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Perkembangan teknologi semakin canggih dan juga mumpuni untuk bisa diketahui oleh para penggunanya. Lebih lanjut di dalam dunia digital, beragam file-file yang...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Banyak pengguna smartphone khususnya tipe kelas bawah dengan kapasitas penyimpanan di bawah 30 GB mengalami muatan penuh karena aplikasi WhatsApp. Biasanya,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Mengolah dokumen untuk berbagai kepentingan seperti surat menyurat terkadang masih asing di telinga masyarakat saat ini. Hal yang paling umum dalam...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id – Membersihkan berkas yang memenuhi penyimpanan pada smartphone memang penting untuk dilakukan secara berkala. Di antara manfaat membersihkan berkas sampah pada smartphone...