Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

3 Fungsi Pengolah Gambar di Laptop yang Jarang Diketahui

gambar
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Ada beberapa fungsi sederhana di laptop yang dapat membantu kegiatan kantor sehari-hari. Salah satunya adalah mengolah gambar, seperti menghapus background, memperbesar ukuran, mengubah jenis file, dan sebagainya. Dalam artikel ini, Unbox akan mengulas beberapa tips sederhana pengolah foto.

Mengubah Jenis (Format) File Gambar

Hampir setiap komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows memiliki aplikasi pengolah grafis dengan nama ‘Paint’. Aplikasi ini selain untuk menggambar, tentunya juga dapat untuk mengedit gambar sesuka hati pengguna. Baik itu menambahkan file lain sebagai stiker, menambahkan tulisan, dan sebagainya.

Nah, dengan aplikasi ini juga pengguna bisa mengubah jenis file sesuka hati. Baik itu JPEG ke PNG, PNG ke GIF, atau sebaliknya. Pengguna juga dapat membuat gambar dengan format GIF dari aplikasi ini. Caranya cukup sederhana, yakni tentukan gambar yang ingin Anda ubah, klik kanan, lalu pilih opsi open with.

Baca juga: Ketahui Cara Buka File RAR di Smartphone Android

Di opsi tersebut Anda dapat memilih berbagai aplikasi pengolah grafis untuk membuka gambar. Pilih aplikasi Paint, setelah file terbuka melalui aplikasi tersebut, klik menu file yang berada di sudut kanan atas. Klik save as, lalu pilih format yang ingin Anda pakai untuk menyimpan file tersebut, klik OK untuk mengakhiri proses.

Mengubah Ukuran Gambar

Selanjutnya ada aplikasi Microsoft Office Picture Manager. Ini adalah cara sederhana yang sangat bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui cara mengubah ukuran file. Jangan khawatir, berbeda dengan aplikasi Paint, Microsoft Office Picture Manager tidak akan mengubah bentuk gambar.

Gambar akan tetap stabil, bahkan Anda bisa memperbaiki kualitasnya lebih baik lagi. Caranya sederhana, Anda dapat melakukannya seperti langkah pertama saat membuka gambar dengan opsi open with. Setelah gambar terbuka dari aplikasi tersebut, selanjutnya tekan tombol edit picture yang ada di bar atas.

Baca juga: 4 Cara Cepat Scan Kode QR Apapun di Smartphone

Akan muncul menu edit di sisi kanan layar, di sana Anda dapat mengompres gambar, mengubah ukuran, mengatur kecerahan, atau memangkas. Untuk mengubah ukuran, tekan tombol resize yang ada di bawah. Setelah itu, Anda dapat mengubah ukurannya lebih kecil atau membesarkannya, yakni dengan mengatur berapa persen ukuran.

Menghapus Background

Tips terakhir adalah cara untuk menghapus background. Biasanya langkah ini digunakan untuk membuat stiker atau semacamnya. Nah, aplikasi yang Anda butuhkan di komputer/laptop adalah ‘Paint 3D’. Buka file dengan open with Paint 3D, buat kanvas menjadi transparan dengan mengatur menu kanvas yang ada di pojok kanan bar.

Pilih fitur magic select yang ada di bar sisi kiri, kemudian pilih area mana yang ingin Anda hilangkan. Tekan mode penghapus untuk menghilangkan, dan mode pensil untuk membuat bagian tersebut tetap ada. Setelah itu, tekan tombol done untuk menyelesaikan proses. Geser foto ke luar kanvas, hapus background dengan eraser, lalu simpan file.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...

Software

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Laptop adalah salah satu perangkat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu untuk bekerja, belajar,...

How To

Jakarta, Unbox.id — Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan tambahan untuk pengguna tentang pengaturan dasar pada sistem operasi laptop Windows 10. Di antaranya...

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kembali memperkenalkan inovasi baru dari laptop Chromebook terbaru mereka dengan dua model terbaru. Pengumuman ini muncul pada Selasa, 28 Mei...