Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Cara Tingkatkan Keamanan dan Privasi di Windows 11

Keamanan Windows 11_1a
Keamanan Windows 11. (Sumber: The Hans India)

Unbox.id – Microsoft telah berupaya meningkatkan keamanan program Windows 11. Seperti dilansir PCWorld, perusahaan mengungkapkan bahwa yang menghalangi banyak pengguna untuk menginstal Windows 11 adalah pertimbangan terkait fitur keamanan. Faktanya, banyak persyaratan sistem Windows 11 terkait fitur keamanan telah ada di Windows 10 selama bertahun-tahun. Namun, di Windows 10, fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis. Ini berbeda dengan fitur keamanan yang tersedia dan diaktifkan langsung di Windows 11. Konfigurasi perangkat keras Windows 11 sebenarnya adalah Virtual Security (VBS). Artinya, sistem menggunakan kemampuan prosesor modern untuk mengeksekusi kode di mesin virtual dengan porsi memori kerja terpisah.

Gunakan Mesin Virtual

Virtualisasi pertama kali digunakan untuk menjalankan sistem operasi lain dalam Windows atau sistem lain. Misalnya, menguji perangkat lunak yang tidak bekerja pada sistem standar. Sebagai contoh umum, pengguna Mac yang menjalankan Windows menggunakan mesin virtual untuk mengakses program Windows.

Demikian pula, keamanan berbasis virtualisasi menggunakan teknik serupa untuk mengisolasi bagian tertentu dari Windows, sehingga tidak dapat diakses oleh bagian lain dari sistem. Ini terdiri dari beberapa komponen berbeda, yang hanya tersedia di Windows edisi perusahaan.

Integrasi Memori, Fitur yang Diaktifkan oleh VBS

Windows 11_2b

Windows 11. (Sumber: Siplah Rajastore)

Integrasi memori adalah salah satu fitur yang diaktifkan oleh VBS. Windows menempatkan kode sensitif di mesin virtual yang tidak dapat diakses oleh sistem lain. Hal ini meningkatkan keamanan dan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan malware. Namun dampaknya dapat menurunkan performa hingga 25% pada beberapa perangkat.

Oleh karena itu, beberapa orang yang menggunakan komputer untuk pekerjaan intensif seringkali menonaktifkan fitur ini padahal dapat meningkatkan keamanan. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Windows Security, kemudian pilih Device Security.
  • Jika VBS aktif, kamu akan melihat tanda centang hijau di sebelah Core Isolation dan tertulis “virtualization-based security protect the core parts of your device.”
  • Klik Core isolation information dan kamu akan dibawa ke submenu tempat mengaktifkan dan menonaktifkan Memory Integrity.

Microsoft Meningkatkan Perlindungan Privasi pada Windows 11

Setelah menerima banyak kritik tentang Windows 10 terkait privasi, kini Microsoft berupaya meningkatkan pengaturan privasi dan berbagi data pengguna secara signifikan. Anda dapat menemukan pengaturan yang memungkinkan Windows dan otoritas aplikasi pihak ketiga mengakses fitur, seperti kamera dan galeri, di Pengaturan.

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, langkah yang harus diikuti adalah klik Pengaturan lalu pilih Privasi & Keamanan. Panel pengaturan memiliki tiga bagian utama, yaitu:

Keamanan, izin Windows, dan izin aplikasi. Di antara ketiga panel ini, Anda perlu mengatur izin Windows dan izin aplikasi. Izin Windows memiliki pengaturan penting seperti ID iklan dan kode unik. Jika Anda mengaktifkannya, ia dapat melacak segala sesuatu yang berhubungan dengan iklan dan pembelian yang Anda lakukan.

Selain itu, pengaturan ini juga memungkinkan Anda menerima layanan pengetikan yang dipersonalisasi, seperti saran terjemahan Windows. Selain itu, Anda juga dapat mengatur konten yang dapat muncul dalam pencarian Anda.

Baca juga: Windows 11 Tingkatkan Kinerja Notepad Dan Snipping Tool

Pengaturan Privasi dan Keamanan Lanjutan Pada Windows 11

Ada berbagai subbagian di komputer Anda yang terkait dengan masalah privasi. Salah satu hal terpenting adalah izin aplikasi. Misalnya, aplikasi kamera, mikrofon, lokasi, pesan, informasi akun, dan yang lainnya.

Jika aplikasi tersebut jarang digunakan, Anda dapat menonaktifkannya. Karena semakin sedikit program, semakin baik. Dalam hal pengaturan privasi dan keamanan, Microsoft mengetahui lebih banyak tentang penggunanya. Fitur ini disebut Microsoft dan Penggunaan Perangkat.

Jika fitur ini aktif, Microsoft mungkin menampilkan iklan di perangkat Anda. Namun jika Anda merasa terganggu dengan iklan yang muncul, Anda bisa mematikannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft akan terus mendorong penggunaan Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk membantu pengguna...

Software

Unbox.id – Microsoft berencana untuk menawarkan pembaruan keamanan yang diperluas kepada pelanggan komersial Windows 10 ketika sistem operasi mencapai akhir masa pakainya pada akhir...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Para pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menguji dan menyesuaikan sistem audio? Artikel ini akan membantu...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan dua cara untuk menginstal Samsung Notes di Windows. Ini berfungsi pada Windows 11 dan Windows 10, tetapi hanya...