Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Mudah Memindahkan Data dari iOS ke Android

Last updated on 10 Juni, 2024

Tahun lalu Apple telah meluncurkan aplikasi bernama “Move to iOS”. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pengguna Android untuk beralih ke iOS. Kini Google pun tidak mau kalah. Raksasa mesin pencari ini memiliki strategi yang sama supaya pengguna iOS menjadi lebih mudah untuk pindah ke Android.

“Google telah memperkenalkan fitur baru pada Google Drive yang menyederhanakan proses transfer data dari iPhone ke smartphone Android. Pengguna cukup mengunggah data-data penting di iOS ke Google Drive, kemudian mengunduhnya pada perangkat Android. Dari tahap awal hingga akhir, proses transfer data hanya membutuhkan tiga langkah saja. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah memindahkan data dari iOs ke Android.”

Mengunduh aplikasi Google Drive di iOS

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Google Drive di iPhone. Selanjutnya, tinggal masuk ke menu aplikasi, Settings, dan Backup. Antarmuka aplikasi Google Drive akan menampilkan semua data yang ingin ditransfer, mencakup kontak, kalendar, foto, dan video. Setelah memilih data-data yang diinginkan, tekan tombol virtual “Start Backup” dan proses pengunggahan (upload) pun dimulai.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara memindahkan data iphone

Google Drive akan memberikan peringatan kepada pengguna bahwa proses backup (upload) bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung banyaknya data dan besarannya. Jadi, pengguna dianjurkan mengoneksikan perangkat dengan Wi-Fi sembari menghubungkan smartphone dengan colokan listrik agar tak mati di tengah upload.

Melakukan sign in Google Drive di Android

Ketika proses backup selesai, pengguna cuma perlu masuk (sign in) ke akun Google di perangkat Android. Proses sinkronisasi akan otomatis bergulir. Dengan adanya fitur baru pada Google Drive dan aplikasi Move to iOS, pengguna Android dan iOS tak perlu lagi kesusahan untuk berpindah perangkat. Dua layanan transfer tersebut juga mempertipis jarak dan eksklusivitas antar sistem operasi.

Namun, ada yang kurang dari fitur backup di Google Drive. Pasalnya, data-data dari iMessage tak bisa turut dialihkan ke Android.  Hal ini yang menjadi keunggulan Move to iOS. Aplikasi keluaran Juni 2015 tersebut sudah bisa menyalin rekam jejak pesan di Android ke iPhone dengan mudah.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Di sisa pertengahan tahun ini, iQOO memiliki agenda untuk meluncurkan tiga ponsel besar untuk pasar China. Tiga jenis ponsel merk tersebut...

Honor

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, produsen smartphone asal Tiongkok, Honor telah mengumumkan produk smartphone terbarunya di negeri asalnya. Ia adalah Honor X60 Plus yang...

Tech Industry

Unbox.id – Anda menikmati bermain game selama berjam-jam, terutama jika Anda bermain di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan ini, HP akan...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Menyusul debut internasionalnya, Motorola telah meluncurkan smartphone andalan terbarunya, Edge 50 Ultra, di pasar India. Kini ini merupakan penawaran paling premium...