Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Safe Mode di Android

Unbox.id – Safe mode bisa membantu anda dalam melacak penyebab masalah yang anda alami pada smartphone anda. Saat anda mem-boot smartphone anda ke safe mode, smartphone anda tidak menjalankan aplikasi pihak ketiga yang diinstal. Jika smartphone anda kepanasan, mengalami kehabisan baterai, atau tidak berfungsi dengan benar – namun ini tidak menunjukkan masalah ini saat dalam safe mode – maka anda tahu bahwa aplikasi yang anda instal adalah biang keladinya.

Proses mem-boot smartphone anda ke safe mode sedikit berbeda di berbagai perangkat Android, tetapi keluar dari safe mode selalu sama. Begini caranya.

  • CARA MEMATIKAN SAFE MODE DI ANDROID

  1. Tekan dan tahan tombol Power.
  2. Ketuk opsi Restart.

Nah. Me-restart perangkat Android akan mematikan safe mode.

  • CARA MENYALAKAN SAFE MODE PADA PERANGKAT ANDROID

Bagi anda yang menggunakan Google Pixel 3, Samsung Galaxy S9, atau smartphone atau tablet Android lainnya yang menjalankan Android 6.0 atau terbaru, maka proses untuk mengaktifkan safe mode adalah sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol Power.
  2. Ketuk dan tahan Power off.
  3. Saat prompt Reboot to safe mode muncul, ketuk OK.

Perangkat anda kemudian akan me-restart dan akan mengatakan “Safe Mode” di sudut kiri bawah. Metode ini juga berfungsi untuk LG, HTC, Sony, dan banyak smartphone Android lainnya.

  • CARA MENGHIDUPKAN SAFE MODE DENGAN KUNCI

Bagi anda yang menggunakan Samsung Galaxy Note 9, HTC U12 Plus, atau smartphone atau tablet Android lainnya, maka proses untuk mengaktifkan mode aman dengan kunci adalah sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol Power dan pilih Power off untuk mematikan perangkat.
  2. Tekan dan tahan tombol Power, hingga anda melihat logo animasi Samsung atau HTC muncul.
  3. Lepaskan tombol Power, dan tekan dan tahan tombol Volume down.
  4. Terus pegang sampai perangkat menyala.
  5. Anda bisa melepaskannya saat kata-kata “Safe mode” muncul di sudut kiri bawah.
  6. Metode ini berfungsi untuk sebagian besar ponsel dan tablet Android.
  • APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT DALAM SAFE MODE

Anda BISA menghapus aplikasi yang bermasalah dan menggunakan fungsi inti ponsel saat dalam safe mode. Jika anda menemukan sumber masalah dalam safe mode, maka anda bisa menghapus aplikasi satu per satu dan mengujinya dalam mode normal lagi untuk mencoba dan mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah, atau mengatur ulang perangkat dan menginstal aplikasi dan game secara selektif, memastikan untuk diwaspadai kambuhnya masalah setelah dari setiap instalasi.

Jika perangkat Anda terus macet, terlalu panas, atau berperforma buruk dalam mode aman, maka ini mungkin yang bermasalah adalaj sistem operasi atau masalah hardwarenya. Coba atur lakukan factory reset dan jika itu tidak menyelesaikan masalah, hubungi gerai, operator atau produsen smartphone.

Baca juga – Begini Caranya Untuk Me-reset Windows 10 Anda Di Microsoft Surface

Tinggalkan Balasan