Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Membersihkan TV Anda Dengan Benar

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, banyak orang yang menghabiskan banyak waktu di rumah, dikarenakan pandemi covid 19. Maka dari itu, banyak orang yang memiliki waktu lebih banyak untuk membersihkan barang-barang di rumah, seperti kulkas, lemari, rak, dan sebagainya. Tentunya membersihkan barang-barang adalah hal yang penting, agar terhindar dari virus maupun bakteri.

Banyak barang elektronik yang dapat berdebu jika tidak dibersihkan, seperti TV, Laptop, dan sebagainya. Maka dari itu, Anda harus membersihkan barang tersebut secara rutin. Untungnya, membersihkan TV sangatlah mudah dan tidak memerlukan bahan kimia yang mahal.

Oleh karena itu, unbox.id akan menjelaskan cara untuk membersihkan TV Anda di bawah ini.

Bersihkan TV Dengan Kain Kering Dan Lembut

Layar TV Anda dapat tergores dengan mudah, bahkan tissue yang mengandung serat dapat merusak TV Anda. Karena itu, gunakan kain lap yang cocok untuk membersihkan TV. Anda bisa menggunakan kain microfiber yang sering digunakan untuk membersihkan kacamata ataupun lensa kamera. Lap TV Anda dengan gerakan memutar secara perlahan dengan kain yang kering untuk menghilangkan debu, tetapi jangan menekannya terlalu keras.

Untuk noda membandel, Anda dapat menggunakan larutan sabun cuci piring yang diencerkan dengan air, lalu semprotkan pada kain. Ingat untuk jangan menyemprotkan sabun ke TV secara langsung. Rasio air dan sabun yang dapat dipakai adalah 100 : 1.

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Alkohol dan amonia yang sering ditemukan di dalam kandungan pembersih jendela dapat merusak TV Anda. Untuk itu, jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia yang berbahaya saat Anda membersihkan TV. Jika Anda ingin menggunakan pembersih kemasan, pilihlah yang tidak mengandung alkohol, amonia, ataupun aseton. Kemudian juga, jangan gunakan pembersih yang mengandung bahan abrasif karena dapat menggores layar TV Anda dan menyebabkan kerusakan layar TV.

Baca Juga : Rekomendasi TV Terbaik Di CES 2022

Jangan Lupa Untuk Membersihkan Remote TV Juga

Remote TV juga dapat berdebu dan memiliki banyak bakteri maupun virus yang menempel. Untuk itulah, jangan lupa untuk membersihkan remote TV Anda, karena seringkali hal ini dilupakan. Pertama-tama, Anda harus mengeluarkan baterai Remote TV Anda sebelum dibersihkan.

Kemudian, balik remote TV Anda sehingga tombol remote menghadap ke bawah, lalu ketuk remote memakai telapak tangan Anda agar kotoran yang ada di antara tombol dapat terjatuh. Kemudian, lap seluruh remote dengan kain lembut yang disemprot dengan sedikit alkohol yang diencerkan dengan air. Perhatikan bahwa kain tidak boleh basah, hanya lembab saja.

Untuk membersihkan debu di sekitar tombol, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan campuran alkohol atau air. Untuk kotoran yang membandel, Anda dapat membersihkannya dengan sikat gigi kering ataupun tusuk gigi kayu. Kemudian yang terakhir, bersihkan sekali lagi keseluruhan remote dengan kain kering yang lembut.

 

 

Sumber : consumerreports.org

Foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Jika layar sentuh iPad Anda tidak berfungsi, solusinya mungkin sederhana. Pastikan tidak ada yang menghalangi layar sentuh membaca ujung jari Anda,...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Seperti banyak produk Apple, maka Apple Watch bisa sangat sederhana untuk mulai digunakan. Namun kadangkala kesederhanaan itu menyembunyikan tingkat kedalaman dan...

How To

Jakarta, Unbox.id – Google Form adalah aplikasi yang layak untuk direkomendasikan. Karena selain mudah digunakan, mudah dibagikan, juga memiliki antarmuka yang bersih. Salah satu...

How To

Jakarta, Unbox.id – IMEI adalah salah satu identitas penting pada Smartphone. Sebenarnya, semua smartphone memiliki IMEI yang berbeda. Ketika IMEI diinputkan ke dalam suatu...