Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Apa Itu Fitur True Tone Pada iPhone dan Sepenting Apa?

Apa Itu Fitur True Tone Pada iPhone dan Sepenting Apa? (sumber: macworld.com)
Apa Itu Fitur True Tone Pada iPhone dan Sepenting Apa? (sumber: macworld.com)

Last updated on 22 Juni, 2022

Jakarta, Unbox.id – Penggemar Apple atau Apple Fanboy mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur True Tone pada iPhone generasi terbaru. Fitur True Tone pertama kali hadir pada iPhone 8 di tahun 2017 dan terus tersemat pada generasi iPhone terbaru hingga saat ini. Layaknya Face ID, tampaknya True Tone juga menjadi identitas iPhone yang tentunya membedakan iPhone dengan smartphone lainnya.

True Tone sendiri merupakan fitur yang memungkinkan layar iPhone untuk berubah tone warnanya secara otomatis mengikuti kondisi cahaya sekitar. Fitur tersebut beroperasi dengan mengubah warna cahaya yang dipancarkan layar. Ketika fitur True Tone tersebut aktif, warna cahaya layar iPhone akan berubah dan menyesuaikan seiring dengan kondisi pencahayaan tempat Anda berada.

Baca juga: 7 Game Terbaik Untuk iPhone, Dijamin Seru

Bila Anda berada di tempat dengan kondisi pencahayaan yang gelap, maka warna cahaya layar iPhone biasanya akan berubah menjadi bernuansa warm atau sedikit kekuningan. Sementara ketika Anda berada dalam kondisi pencahayaan yang terang, warna cahaya layar iPhone akan memancarkan nuansa cold atau kebiruan. Perubahan warna cahaya tersebut berjalan secara otomatis ketika True Tone pada iPhone Anda aktif.

Lalu, pentingkah mengaktifkan fitur True Tone?

Fungsi True Tone akan lebih terasa ketika Anda sedang membaca tulisan atau artikel di iPhone dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang gelap. Warna cahaya yang jadi lebih bernuansa warma tersebut akan membuat mata Anda menjadi lebih nyaman saat menatap layar. Perubahan warna cahaya layar dari fitur True Tone tersebut beroperasi dengan memanfaatkan sensor kecerahan cahaya atau Ambient Light yang terdapat pada iPhone.

Cara aktifkan True Tone pada iPhone (sumber: ioshacker.com)

Cara aktifkan True Tone pada iPhone (sumber: ioshacker.com)

Jika Anda menggunakan seri iPhone 8 dan yang lebih baru Anda dapat mengaktifkan fitur True Tone ini dengan mudah yakni dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk membuka menu Control Center, kemudian, pilih dan tekan bar pengaturan cahaya layar. Selanjutnya, pilih opsi “True Tone”.

Perlu Anda ketahui, True Tone eroperasi dengan memanfaatkan sensor Ambient Light yang bisa bekerja dengan daya yang bersumber pada baterai. Dengan begitu, mengaktifkan fitur True Tone berarti juga menyumbang konsumsi daya pada baterai.

Baca juga: Cara Screenshot di iPhone 13 Series dengan Mudah

Namun, fitur True Tone cenderfung tak terlalu banyak mengonsumsi daya pada baterai. Hal ini bisa Anda ketahui dari fitur mode daya rendah yang aktif. Pada saat mode daya rendah aktif, sistem operasi biasanya akan otomatis mematikan fitur-fitur iPhone yang memiliki jumlah konsumsi daya yang tinggi. Dengan demikian, fitur True Tone tidak terlalu banyak mengonsumsi daya dan Anda dapat menyalakan fitur True Tone tanpa harus khawatir menyumbang konsumsi daya yang banyak pada baterai.

Berikut tadi adalah informasi mengenai apa itu fitur True Tone pada iPhone beserta manfaatnya.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macworld.com, ioshacker.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Seiring waktu, iPhone menyimpan banyak kenangan, termasuk foto, video, aplikasi terinstal, obrolan, dan file. IPhone sendiri hadir dengan beberapa pilihan penyimpanan. Saat...

Apple

Unbox.id – Baru-baru ini, sebuah penelitian menguji kecepatan 5G pada ponsel Galaxy S24 dan iPhone 15 untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kemampuan 5G...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...