Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Menggunakan Aplikasi Tinder

Jakarta, Unbox.id – Akhir-akhir ini, aplikasi kencan online semakin nge-tren. Anda tidak perlu mencari pacar secara langsung. Anda sekarang bisa membuat profil yang bagus dan foto selfie yang cantik, kemudan Anda bisa mencari seseorang yang cocok dengan kriteria Anda, kemudian Anda bisa mulai mengirim pesan singkat kepada orang itu dan Anda akan menunggu tanggapannya.

Kabarnya, aplikasi online kencan Tinder sedang mengembangkan fitur terbaru mereka, yakni Swipe Party. Swipe Party adalah fitur yang memungkinan para user dating apps untuk membantu menentukan pilihan untuk nge-swipe kiri atau kanan.

Apa itu Tinder?

Tinder dirilis pada tahun 2012 yang, dan ini adalah aplikasi sosial yang memberikan fasilitas agar Anda bisa berkomunikasi dengan romantis antara pengguna yang sudah saling tertarik satu sama lain. Pengguna bisa nge-swipe ke kanan ataupun ke kiri untuk ‘like’ atau ‘dislike’ pengguna lain dan Anda akan memiliki potensi untuk match dengan pengguna itu.

Anda hanya dapat mengobrol di aplikasi Tinder jika dua pengguna sudah sama-sama  swipe ke kanan foto satu sama lain sehingga saling match atau cocok. Pada tahun 2021 lalu, Tinder sudah menghasilkan sekitar 1,6 miliar “swipe” per hari dan menghasilkan sekitar satu juta kencan per minggu. 

Cara Mendaftar Tinder

  1. Download aplikasi Tinder di perangkat Android ataupun iOS Anda. Aplikasi ini gratis untuk didownload. Namun, ada beberapa fitur yang berbayar untuk bisa digunakan.
  2. Masuk dengan Facebook. Karena itu Anda memerlukan akun Facebook, tetapi Tinder tidak akan memposting ke Facebook pribadi Anda.
  3. Berikan akses ke lokasi perangkat Anda.

Lalu, Anda sudah siap untuk menggunakan aplikasi Tinder.

Baca Juga : Rekomendasi Pen Tablet Terbaik Untuk Pemula

Cara Menggunakan Tinder

Setelah Anda mendownload dan memiliki akun di Tinder, ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat menggunakan aplikasi.

Siapkan Profil Anda

  1. Saat Anda membuka aplikasi Tinder untuk pertama kalinya, Anda pasti ingin mengatur profil Anda sebelum mulai swipe. Ketuk ikon Profil di bagian atas layar (di bilah navigasi) untuk mengakses Profil.
  2. Anda akan melihat tombol pena di layar Profil Anda. Klik untuk mengakses layar Edit Profil dan tambahkan foto profil Anda (foto pertama Anda yang akan dilihat orang sebelum swipe) serta foto lainnya (pengguna dapat mengklik foto profil Anda untuk melihat lebih banyak foto Anda selain foto profil Anda) dari camera roll. Saat menambahkan foto, Anda dapat memilih opsi Smart Photos yakni fitur untuk menguji semua foto Anda dan memilih foto yang terbaik untuk ditampilkan terlebih dahulu.
  3. Di bawah area foto pada layar Edit Profil, Anda dapat menambahkan detail tentang diri Anda, termasuk tempat Anda bekerja dan sekolah. Anda juga dapat menghubungkan akun Instagram dan akun Spotify Anda sehingga Anda dapat menunjukkan lebih banyak foto dan musik yang Anda suka kepada orang lain. Anda juga dapat menentukan jenis kelamin Anda dan Anda dapat menyembunyikan usia dan distance Anda.

Mulai Swipe Pengguna

  1. Ketuk ikon Api di bagian atas layar (di bilah navigasi) untuk melihat profil pengguna yang dapat Anda swipe ke kiri ataupun ke kanan. Perlu anda ingat bahwa, swipe ke kiri untuk menolak, dan swipe ke kanan untuk menerima dan menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan pengguna. Anda juga dapat menekan tombol X merah di bawah foto untuk menolak, atau Anda dapat menekan tombol hati hijau di bawah foto untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik. Saat Anda dan pengguna saling swipe ke kanan, Tinder akan memberi tahu Anda.
  2. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut tentang seseorang sebelum swipe, ketuk foto profilnya. Anda akan dapat melihat seluruh profil mereka dengan detail, akun yang tertaut, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat  melihat lebih banyak foto pengguna. Jika Anda menyukai pengguna, klik tombol hati di profilnya, atau klik tombol X di profilnya untuk menolak.
  3. Untuk menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan seseorang, klik tombol bintang biru di bawah foto atau profilnya.
  4. Jika Anda tidak sengaja menolak atau menyukai seseorang, Anda dapat mengklik tombol mundur kuning di bawah foto untuk membalikkan tindakan Anda. Tetapi, Anda harus langganan di Tinder Plus terlebih dahulu.
  5. Untuk memastikan semua orang di area Anda akan melihat profil Anda saat swipe, Anda dapat membeli boost. Ketuk tombol petir ungu di bawah foto, lalu pilih Boost Me. Membeli boost akan membuat profil Anda akan ada di profil teratas  selama 30 menit, dan  Anda akan mendapatkan lebih banyak match dengan pengguna.

Mulai Swipe Ke Grup

  1. Anda juga dapat menemukan kelonpok orang untuk bergaul di Tinder. Cukup ketuk ikon Orang di bagian atas layar (di bilah navigasi). Anda kemudian akan melihat layar Grup dengan profil grup yang dapat Anda swipe ke kiri maupun kanan. Saat Anda cocok dengan grup, Tinder akan memberi tahu Anda.
  2. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang grup tertentu sebelum menggeser ke kiri atau kanan, ketuk foto profil di kolase foto grup. Anda kemudian akan dapat melihat profil setiap orang yang ada di dalam grup.
  3. Sebelum swipe ke kiri ataupun kanan pada grup, Anda harus membuat grup sendiri yang terdiri dari setidaknya satu orang. Caranya, pada layar Grup, ketuk tombol panah oranye di bagian bawah. Anda akan melihat pilihan untuk membuat grup.

 

 

Sumber : pocket-lint.com

Foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga