Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Apple Watch Anda Tidak Bisa Charge? Coba 5 Cara Ini

Apple Watch tidak bisa charge
sumber iOS Setup

Last updated on 14 Juni, 2024

Unbox.id – Apple Watch adalah salah satu perangkat wearable yang banyak dipakai. Tidak salah perusahaan produksinya terus memperbarui smartwatch ini hingga seri ketujuhnya. Umumnya, Apple Watch bisa bertahan hingga 18 jam penggunaan. Namun bukan berarti Anda tidak perlu men-charge Apple Watch Anda.

Namun akan sangat mengganggu bila charger itu tidak berjalan. Hal Ini mudah membuat panik, apalagi bila Anda sangat perlu memakai smartwatch Anda dalam keseharian. Untungnya, masalah charge Apple Watch umumnya mudah diselesaikan dengan mengecek hal-hal berikut ini.

baca artikel menarik lainnya tentang : perbedaan apple watch 6

  • Cek Smartwatch

Ditulis oleh TechRadar, disebutkan bahwa Anda bisa mengecek terlebih dahulu, apakah Apple Watch sudah sepenuhnya mati atau tidak. Bila smartwatch tidak lagi menyala, charging tidak langsung berjalan meskipun smartwatch dan perangkat charger Anda bekerja dengan baik.

baca artikel menarik lainnya tentang : apple watch tidak charge

Biasanya butuh beberapa menit sebelum pengisian daya dimulai. Anda bisa meletakkan smartwatch di atas kabel data magnetik selama 30 menit lagi terlebih dahulu. masih belum mulai mengisi daya? Coba langkah berikutnya.

  • Cek USB Power Adapter

Anda bisa melakukan pengecekan USB Power Adapter terlebih dahulu. Mulai dari apakah adapter sudah terpasang ke colokan atau belum. Kita tidak pernah tahu, bisa saja adapter ini terlepas saat bersih-bersih atau dilepaskan oleh orang lain. Atau mungkin ekstensi Anda yang tidak bekerja. Anda bisa mengujinya dengan mencolok langsung ke colokan utama di dinding.

Bila semuanya bekerja dengan baik dan pengisian belum bekerja, Anda bisa melepaskannya dari colokan dan kabel. Pertama, Anda bisa mencobanya lagi untuk mengisi perangkat lain untuk mengecek apakah adapter tetap bekerja atau tidak.

Selain itu, Anda juga mencoba menggunakan USB Power Adapter lain untuk mengisi Apple Watch. Menurut MakeMac, Anda bisa memakai USB Power Adapter 5W hingga 12W untuk mengisi perangkat wearable Apple ini.

Baca juga: Tips Memilih Pet Tracker Untuk Menjaga Hewan Tidak Hilang

  • Cek Kabel Cas

Kabel Apple Watch

Kabel Apple Watch (sumber techradar)

Pengecekan kabel ini bisa dari banyak hal. Mulai dari apakah magnetic charging cable Anda terpasang di posisi yang tepat di belakang Apple Watch? Plastik pelindung charger sudahkah dilepas dari kedua sisi charger? Apakah kedua sisi charger bersih dan bebas dari benda yang bisa mengganggu proses pengisian daya?

Anda bisa memakai kain atau lap untuk membersihkan kembali magnetic charging cable sebelum dicoba kembali. Bila Anda memiliki lebih dari 1 Apple Watch, bisa juga mencobakan kabel lama untuk melihat apakah bisa menyelesaikan masalah atau tidak. Bila masih tidak, coba lagi cara berikut.

  • Memakai charger dari Apple

Cara satu ini bisa dicobakan bila Anda memakai perangkat charger dari pihak ketiga. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan kedua perangkat ini tidak kompatibel atau alasan lainnya. Bila setelah dipakai dan ditunggu beberapa menit smartwatch Anda mulai mengisi daya, artinya Anda lebih baik meninggalkan perangkat pihak ketiga tersebut. Namun jika Anda memang memakai charger Apple, lompati saja langkah ini.

  • Force Restart Apple Watch

Cara ini bisa dipakai bila Apple Watch masih ada daya. Cara satu ini bisa mereset software dalam Apple Watch dan menyelesaikan penyebab masalah charge dari sisi perangkat lunak.

Untuk melakukannya, Anda cukup menekan dan menahan Digital Crown dan tombol samping bersamaan. Tahan keduanya selama 10 detik sampai Anda melihat logo Apple muncul. Artinya restart Apple Watch sudah dimulai.

 

Sumber: TechRadar
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Software

Last updated on 10 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories....