Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Apple Pernah Ide Buat Apple Watch Kompatibel Dengan Android

Apple Watch_1a
Apple Watch. (Sumber: Techno Net)

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen Kehakiman AS menggunakan Apple Watch sebagai bukti monopoli Apple. Seperti yang Anda ketahui, Apple Watch saat ini hanya kompatibel dengan perangkat produksi Apple, seperti iPhone. Menanggapi tuduhan tersebut, perusahaan juga membantah bahwa jam tangan pintar miliknya adalah hak milik. Mengutip informasi dari 9to5Mac, Apple mengungkapkan bahwa perusahaannya sebenarnya telah mencoba menghadirkan Apple Watch ke Android. Faktanya, perusahaan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk mencapai hal ini. Namun proyek tersebut tidak dilanjutkan karena masalah teknis dan gagasan menghadirkan Apple Watch ke Android pun dibatalkan.

Apple Watch ke Android

Apple Watch_2b

Apple Watch. (Sumber: Ultra Tech)

Pernyataan ini pada dasarnya sama dengan laporan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman. Pada tahun 2023, terungkap beberapa pertimbangan bisnis Apple, termasuk integrasi Apple Watch dengan Android.

Asal tahu saja, Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Apple dikatakan menyalahgunakan kendalinya atas iPhone App Store untuk “mengecualikan” pelanggan dan pengembang.

BBC mengutip perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut diduga mengambil langkah ilegal untuk memblokir aplikasi yang pengembangnya telah terdeteksi. seperti mampu bersaing dengan aplikasi bawaan Apple, sekaligus memperburuk produk pesaingnya.

Laporan tersebut menuduh bahwa Apple telah melakukan serangkaian upaya untuk mengubah aturan dan membatasi akses ke perangkat keras dan perangkat lunaknya dalam upaya untuk meningkatkan keuntungan.

AS Tuduh Apple Monopoli Pasar Smartphone

Apple juga dituduh menaikkan biaya bagi pelanggan dan menghambat inovasi. “Apple telah mempertahankan kekuatan monopolinya di pasar ponsel pintar dengan tidak hanya tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan tetapi juga melanggar undang-undang antimonopoli (antitrust law),” pengacara tersebut dikatakan. Jenderal Merrick Garland pada konferensi pers mengumumkan gugatan tersebut.

Laporan setebal 88 halaman berfokus pada lima bidang dugaan penyalahgunaan oleh Apple. Misalnya, Amerika Serikat menuduh Apple menggunakan proses peninjauan aplikasinya untuk menghambat pertumbuhan aplikasi super dan aplikasi streaming, karena kekhawatiran bahwa aplikasi tersebut akan mengasingkan pelanggan yang kurang terikat pada iPhone.

Telah mempersulit iPhone untuk terhubung dengan merek jam tangan pintar lainnya, dan telah memblokir bank dan perusahaan keuangan lainnya untuk mengakses teknologi Tap-to-Pay mereka.

Pemblokiran Kemacetan memungkinkan Apple memperoleh biaya miliaran dolar dari pemrosesan Apple Transaksi pembayaran. Keluhan tersebut juga berfokus pada cara Apple menangani pesan yang dikirim dari ponsel pesaing, membedakannya dengan ikon gelembung hijau, serta membatasi video dan fitur lainnya.

Laporan tersebut mengklaim bahwa tindakan Apple telah menciptakan “stigma sosial” yang membantu raksasa teknologi tersebut mempertahankan reputasinya.

Baca juga: Apple Vision Pro Akan Dijual Di Berbagai Negara

Apple Melawan Tuduhan dari Pemerintah AS

Apple Watch_3c

Apple Watch. (Sumber: ZDNet)

Namun, Apple melawan gugatan tersebut dan membantah tuduhan tersebut. Apple menegaskan pelanggan setia terhadap layanannya karena fitur-fitur yang diberikan Apple dinilai bermanfaat. Selain itu, menurut Apple, berdasarkan hukum AS, perusahaan bebas memilih mitra bisnis. Perusahaan mengutip masalah privasi dan keamanan untuk membenarkan peraturannya.

Perusahaan mengatakan akan meminta pengadilan untuk membatalkan gugatan tersebut. “Kami yakin bahwa gugatan ini memiliki kelemahan, baik secara fakta maupun hukum, dan kami akan mempertahankannya dengan sekuat tenaga,” kata perwakilan Apple.

Ini adalah gugatan ketiga yang diajukan Apple yang diajukan ke AS. pemerintah sejak tahun 2009 dan pengajuan pengadilan antimonopoli pertama diajukan terhadap perusahaan tersebut di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden.

Jika pemerintah memenangkan kasus ini, hal ini dapat memaksa Apple untuk mengubah kontrak dan praktik yang ada, atau bahkan menyebabkan perpecahan internal dalam perusahaan. Akibatnya, dalam kasus ini, saham Apple turun lebih dari 4% karena investor mempertimbangkan dampak dari pertarungan hukum tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur AI di iOS 18 yang akan mengutamakan privasi pengguna. Perusahaan siap menantang Google dan Samsung dalam persaingan...

Hardware

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berupaya mengembangkan chipset generasi terbarunya sendiri, khususnya M4. Menurut rumor yang beredar, chipset Apple M4 akan hadir dalam tiga...

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....