Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

One UI 6.1 Debut di Samsung Galaxy S24

One UI 6.1_1a
One UI 6.1. (Sumber: Samsung Idea)

Unbox.id – One UI 6.1 resmi diluncurkan dengan Galaxy S24 Series. Menurut Samsung, One UI terbaru ini akan memiliki sejumlah peningkatan mulai dari AI, kamera, kustomisasi hingga produktivitas. Dengan pembaruan One UI 6.1, Samsung juga meningkatkan integrasi smartphone dan tablet Galaxy dengan produk lain di ekosistem Galaxy. Setelah tersedia di seri Galaxy S23, pembaruan ini diharapkan juga dapat diluncurkan di smartphone Samsung lainnya. Mengutip informasi dari 9to5Google, beberapa model smartphone Samsung akan menerima pembaruan ini dalam beberapa bulan mendatang atau hingga paruh pertama tahun 2024.

Model Flagship

Samsung Galaxy Z Fold 5_3c

Samsung Galaxy Z Fold 5. (Sumber: Tech Inspiring)

Menurut laporan tersebut, batch pertama ponsel Samsung yang menerima versi terbaru One UI adalah model andalan yang dirilis tahun lalu. Tak hanya untuk smartphone, update ini juga akan dirilis untuk seri Galaxy Tab.

Untuk daftar perangkat Samsung yang akan segera mendapatkan update One UI 6.1, simak daftarnya berikut ini:

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Tab S9
  • Galaxy Tab S9 Plus
  • Galaxy Tab S9 Ultra
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Z Flip 5

Dari segi fitur, hal baru yang akan diperkenalkan pada pembaruan kali ini adalah peningkatan dukungan fitur AI. Beberapa fitur AI yang akan dirilis adalah Circle to Search, Interpreter, Live Translation, dan Generative Edit.

Sedangkan fitur lain yang juga akan diperkenalkan pada update One UI 6 adalah AI sharing. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggunakan kamera ponsel cerdasnya sebagai webcam di tablet Galaxy miliknya.

Apa Itu Galaxy AI dan Penerapannya di Samsung Galaxy S24 Series

Sebagai informasi, Samsung telah meluncurkan smartphone bertenaga kecerdasan buatan bernama Galaxy AI. Sebenarnya apa itu Galaxy AI dan bagaimana penerapannya di lini smartphone Samsung Galaxy S24?

Mengutip keterangan resmi Samsung, Galaxy AI merupakan kecerdasan buatan yang terdapat pada smartphone Samsung, pada tampilan seri Samsung Galaxy S24. baru saja dirilis. Samsung mengatakan Galaxy AI adalah kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan kehidupan pengguna, termasuk memaksimalkan kemampuan komunikasi.

Presiden Samsung Electronics dan Kepala Bisnis Pengalaman Seluler TM Roh mengatakan: Galaxy AI dirancang berdasarkan inovasi tahunan perusahaan dan pemahaman mendalam tentang cara orang menggunakan ponsel cerdas.

Meskipun sebagian besar ponsel cerdas saat ini menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas foto, Samsung Galaxy AI adalah yang terbaik. dirancang untuk melakukan lebih dari sekadar menyempurnakan foto, terapi ini juga memfasilitasi komunikasi.

Galaxy AI juga diterapkan dalam berbagai situasi, yang sebagian besar bertujuan untuk meningkatkan komunikasi. Berikut beberapa fitur Galaxy AI di ponsel Samsung.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy S24 Ultra Dilapisi Corning Gorilla Armor

Penerjemah Realtime

Galaxy AI Samsung_2b

Galaxy AI Samsung. (Sumber: Gadget Inside Info)

Fitur pertama yang didukung Galaxy AI adalah Live Translate, penerjemah suara dan teks dua arah yang bekerja secara real time melalui panggilan telepon biasa. Lalu ada fitur Penerjemah yang mampu menerjemahkan percakapan langsung secara instan melalui layar terpisah di perangkat.

Berkat fitur ini, ketika kita berbicara dengan orang yang berbicara satu bahasa lain, kita dapat membaca transkripsi apa yang diucapkannya. kata lawan bicaranya. Anda dapat menggunakan fitur ini tanpa Internet atau Wi-Fi.

Ada juga fitur Asisten Obrolan yang membantu pengguna menyesuaikan nada teks mereka untuk memastikan bahwa setiap pesan terkirim sebagaimana mestinya. Pengguna juga dapat menerjemahkan pesan, email dan teks lainnya langsung secara real time ke dalam 13 bahasa menggunakan AI yang terpasang pada keyboard Samsung.

Ada juga fitur Note Assist berbasis AI di Samsung Notes. Ia menawarkan kemampuan AI untuk membuat ringkasan dan menyederhanakan catatan. Terdapat pula fitur Transcript Assist dengan fungsi Speech to Text yang dapat mengetik, merangkum, dan menerjemahkan audio.

Selain itu, Galaxy AI juga menerapkan fitur Circle to Search with Google, khususnya pengenalan suara suatu objek melalui kamera dengan cara melingkari objek yang dimaksud.

Dukungan Galaxy AI lainnya di smartphone Samsung Galaxy S24 juga berlaku pada kemampuan pengeditan foto perangkat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Samsung telah meluncurkan pembaruan One UI 6.1. Pembaruan ini akan tersedia pada sembilan model Samsung Galaxy mulai akhir Maret. Pembaruan ini menghadirkan...

Software

Unbox.id – Samsung dikatakan akan mengakhiri dukungan untuk empat model smartphone Samsung Galaxy lama. Empat ponsel Samsung yang tidak lagi mendukung pembaruan perangkat lunak...

Software

Unbox.id – Samsung telah meluncurkan pembaruan Android utama untuk ponsel cerdas dan tablet Samsung melalui pembaruan One UI. Pada Oktober 2023, Samsung meluncurkan One...