Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 16 Bakal Punya Tombol Baru Capture Button

Capture Button iPhone 16_1a
Capture Button iPhone 16. (Sumber: StartUp Pakistan)

Unbox.id – Apple telah memperkenalkan tombol tindakan baru di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, menggantikan tombol mute yang tersedia sebelumnya. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa seri iPhone 16 akan memiliki tombol baru lainnya, yaitu tombol Ambil Foto. Tombol ini akan berfungsi untuk merekam video dengan satu klik. Bocoran baru menunjukkan bahwa fitur tersebut juga akan berupa tombol multifungsi yang mendukung gerakan zoom dan penyesuaian fokus. Bocoran terbaru dari The Information yang dikutip Gizchina mengungkap apa yang diharapkan dari tombol kamera iPhone 16. Informasi ini menunjukkan bahwa tombol baru yang ditambahkan akan menjadi fitur serbaguna bagi penggemar fotografi. Tombol Shutter memungkinkan pengguna melakukan berbagai pengoperasian terkait fotografi dengan mudah dan dari satu tempat. Dua fitur spesifik dibahas dalam laporan ini: penyesuaian fokus dan zoom. Pengguna dapat memperbesar dan memperkecil dengan menggeser ke kiri dan kanan pada tombol kamera iPhone 16. Berbeda dengan melakukan tugas yang sama melalui alternatif di layar, tombol ini pasti akan menghadirkan pengoperasian yang lebih mudah dan ramah pengguna.

Capture Button dengan Konsep Mekanis

Capture Button iPhone 16_2b

Capture Button iPhone 16. (Sumber: Reddit)

Ada rumor bahwa Capture Button juga bereaksi terhadap tekanan. Ketukan yang lebih kuat digunakan untuk memicu (mengambil foto), sedangkan ketukan yang lebih ringan dapat mengubah fokus.

Menurut sumber tersebut, tombol kamera iPhone 16 akan dirancang secara konseptual mekanis dan tidak pasti. Artinya ketika pengguna menekan tombol tersebut, mereka akan dapat merasakan tombol tersebut bergerak masuk dan keluar.

Tombol kamera iPhone akan terletak di bawah tombol power di tepi kanan perangkat. Tata letaknya harus memudahkan akses dan menghilangkan kebutuhan untuk mengangkat jari atau memegang iPhone dengan cara tertentu.

Karena kecenderungan Apple untuk menawarkan fitur premium pada lini Pro, tombol Rana Produk baru mungkin hanya akan tersedia di iPhone. 16 Pro dan iPhone 16 Pro Maks. Namun, beberapa laporan menunjukkan bahwa Apple sedang menguji tombol baru pada seri iPhone 16.

Baca juga: Apple Dikabarkan Tutup Divisi AI

iPhone 16 Bakal Punya Kapasitas RAM 8GB, Naik dari Model iPhone 15

Capture Button iPhone 16_3c

Capture Button iPhone 16. (Sumber: Times of India)

Sebelumnya beredar informasi bahwa Apple akan menambah kapasitas RAM pada iPhone 16 yang diluncurkan tahun ini. Informasi tersebut diketahui dari laporan analis Jeff Pu dari Haitong International Securities.

Dikutip GSM Arena, dalam laporan tersebut Jeff menyebutkan kemungkinan Apple menggunakan RAM 8 GB di iPhone 16 dan iPhone 16 Professional. dobel. Ini jelas merupakan peningkatan yang signifikan dari iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Penyebabnya karena kedua model versi pendahulunya masih menggunakan RAM 6 GB. Selain itu, iPhone 16 varian non-Pro juga akan mendukung konektivitas Wi-Fi 6E, fitur yang sebelumnya hanya tersedia di model iPhone 15 Pro.

Kemudian, untuk iPhone 16 Pro, kata Pu, Apple akan menggunakan Modem Snapdragon X75 5G. Modem ini akan menggantikan model Snapdragon X70 yang digunakan pada seri iPhone 15. Namun penggunaan Snapdragon X75 hanya berlaku pada varian Pro. Sedangkan pada versi non-Pro, Apple tetap memilih menggunakan Snapdragon X70.

Prediksi ini menambah daftar rumor iPhone 16 yang tersebar di Internet. Sebelumnya, rumor juga menyebutkan bahwa semua model iPhone terbaru akan menggunakan chip A18. Selain itu, Apple akan memperkenalkan sistem iOS 18 ke seluruh lini iPhone 16. Menariknya, perusahaan asal Amerika tersebut juga akan memperkenalkan sistem baru di smartphone besutannya.

Menurut beberapa rumor, Apple akan menambahkan tombol baru yang didedikasikan untuk merekam video atau mengambil foto. Sepertinya tombol ini disebut tombol shutter. Tentunya hal ini bisa menambah sisi daya tarik tersendiri bagi perangkat smartphone dari Apple tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

Apple

Unbox.id – Kita tahu bahwa peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa sekali lagi menargetkan Apple. Uni Eropa meminta Apple mengizinkan pengguna iPhone menghapus...