Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Foto Sekarang dapat Diakses di Penyimpanan Lokal HP Android

Google Foto
ilustrasi | foto: PhoneArena

Jakarta, Unbox.id – Bagi pengguna Android, menggunakan Google Foto untuk menyimpan media digital Anda adalah pilihan yang sangat populer. Fitur-fitur unik serta penyesuaiannya yang canggih dapat membantu pengguna dalam mengelompokkan gambar.

Keunggulan yang paling menonjol dari aplikasi penyimpanan awan Google Foto ini adalah membantu pengguna menghemat ruang. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah berganti-ganti ponsel tanpa perlu memindahkan foto-foto di galeri.

Baca juga: Honor Earbuds X5 Siap Meluncur Secara Global, Simak Ulasannya

Atau, jika suatu saat ponsel Anda hilang, semua foto dan tangkapan layar penting tidak akan lenyap bersama ponsel tersebut. Dengan memasukkan akun serta kata sandi di aplikasi ini, Anda bisa langsung mengakses semua foto yang ada di dalamnya.

Pembaruan Aplikasi Google Foto untuk Android

Di Android, saat Anda ingin berbagi foto atau video, pemilih file biasanya menampilkan data yang disimpan secara lokal. Untuk melampirkan foto dari cloud, membutuhkan langkah tambahan dengan membuka aplikasi penyimpanan cloud tersebut secara terpisah.

Setelah itu, pengguna harus mengunduh foto tersebut. Untungnya, hal ini tidak lagi terjadi pada pengguna Google Foto. Seperti yang ada dalam pengumuman terbaru pengembang saat ini, Google akan merilis dukungan untuk fitur yang menjadi harapan banyak pengguna.

Ini akan mengubah cara Anda memilih foto dari ponsel Anda. Selain media yang disimpan secara lokal, kini Anda dapat dengan mudah mengakses semua foto dan video yang didukung Google Foto. Bahkan menggunakan kategori “Favorit”.

Baca juga: Neo 9 Pro 5G iQOO Akan Segera Hadir dengan Update Sistem Pembuang Panas

Fitur ini saat ini rilis sebagai bagian dari Pembaruan Sistem Google bulan Februari 2024. Perangkat yang kompatibel adalah yang menjalankan Android 12 atau lebih tinggi dan sudah diaktifkan untuk Google Foto. 

Setelah tersedia Anda akan melihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa “Foto Cloud sekarang tersedia” di bagian atas pemilih foto Android. Namun, Google Foto bukan satu-satunya layanan penyimpanan cloud yang mendapat manfaat dari ini.

API akan tersedia untuk aplikasi media cloud yang terdaftar di Program Percontohan Penyedia Media Cloud Google. Sehingga, mereka juga dapat menyematkan fungsi ini ke dalam aplikasi mereka. 

Informasi Lainnya

Ini juga akan memungkinkan pengguna untuk memilih aplikasi mana yang memenuhi syarat yang ingin mereka gunakan sebagai default untuk mengakses media cloud.

Memiliki fitur ini sekarang akan memungkinkan pengguna Android memiliki lebih banyak fleksibilitas dengan penyimpanan perangkat mereka. Serta, pengguna akan dapat memindahkan beberapa media ke penyimpanan cloud tanpa khawatir akses yang sulit.

Pengguna dapat mengakses media lokal dan cloud di satu tempat juga akan menghilangkan kebutuhan berpindah antar aplikasi saat memilih untuk berbagi kenangan.

Sumber: PhoneArena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Menurut laporan terbaru dari berbagai sumber, Huawei kabarnya sedang berupaya memperkenalkan perangkat penyimpanan data canggih miliknya. Perangkat penyimpanan canggih tersebut adalah...