Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Twitch

Twitch (sumber: bbc.com)
Twitch (sumber: bbc.com)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Jutaan orang mengunjungi Twitch setiap hari. Tapi apa sebenarnya Twitch itu?

Singkatnya, Twitch merupakan sebuah situs atau platform streaming video populer yang sering digunakan para content creator untuk melakukan live streaming. Namun ada banyak hal tentang Twitch yang mungkin tidak Anda ketahui.

Twitch merupakan situs streaming video yang didirikan pada tahun 2011 yang dikembangkan oleh Justin Kan, Emmett Shear, Kyle Vogt, dan Michael Seibel. Pada 2014 lalu, Twitch resmi diakusisi oleh Amazon dengan lebih kurang Rp 11 triliun. Semenjak dikelola Amazon, layanan ini menjadi berkembang dengan memiliki lebih banyak fitur.

Baca juga: Twitch Telah Diblokir Di China

Awalnya, Twitch hanya mencakup game saja, namun saat ini Twitch mencakup kategori konten yang lebih luas, yang memungkinkan Twitch menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin melakukan streaming.

Sebagai platform streaming populer seperti halnya YouTube, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan melalui platform ini dengan menjadi seorang streamer atau content creator. Nantinya akan ada iklan yang ditampilkan pada video yang Anda unggah.

Namun untuk melakukan monetisasi ini,  ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti telah mencapai 500 menit waktu streaming dalam 30 hari terakhir, memiliki minimal 50 pengikut, dan syarat tambahan lainnya.

Twitch (sumber: gamebrott.com)

Twitch (sumber: gamebrott.com)

Dimana dapat mengakses Twitch?

Twitch dapat diakses melalui situs web resmi atau juga dapat diakses melalui aplikasi yang tersedia di iOS, Android, Windows, Mac, PS4, Xbox One, atau Chromecast dan Apple TV.

Fitur yang dimiliki Twitch

Pada dasarnya, fungsi utama dari Twitch ini adalah untuk melakukan live streaming dan menonton. seorang streamer bisa melakukan live streaming dengan terlebih dahulu mendaftar di platform ini. Untuk para pengguna yang sekedar ingin menonton, Anda dapat mengirim pesan dan stiker selama siaran berlangsung. Jika Anda sebagai content creator, Anda dapat memanfaatkan fitur Soundtrack by Twitch, yang memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke seluruh koleksi musik yang bebas untuk diputar di latar belakang selama Anda melakukan streaming.

Kategori konten yang bisa Anda tonton

Saat ini ada banyak kategori konten yang dapat Anda tonton. Meskipun, semuanya dipecah menjadi empat kategori utama diantaranya termasuk Game, IRL (In Real Life), Musik, dan Esports. Untuk kategori game, Anda akan menemukan semuanya, mulai dari game yang populer hingga yang terkecil.

Lalu ada kategori IRL, yang berisi konten yang mencakup hampir semua hal diluar game. Seperti menampilkan kehidupan nyata para streamer, atau mengobrol santai yang sering kali menampilkan streamer duduk di depan skamera dan mengobrol dengan penonton sambil melakukan hal-hal acak.

Baca juga: YouTube Kenalkan Fitur Baru Pada Vidcon 2019

Di kategori Esports dan musik, Anda dapat menemukan aliran acara langsung. Seperti misalnya konser musik, bernyanyi santai dirumah, dan lainnya. Untuk Esports pada dasarnya mencakup semuanya, mulai dari turnamen Esports hingga sorotan dan streaming dari para pemain pro.

Anda juga dapat menemukan kategori untuk Makanan & Minuman, Sains & Teknologi, Olahraga, Podcast, dan lainnya.

Cara komunikasi di Twitch

Ada beberapa cara untuk berkomunikasi di Twitch. Cara utama orang berkomunikasi adalah melalui sistem obrolan di saluran. Hal tersebut memungkinkan siapa saja untuk berbicara dengan orang lain yang menonton streaming (termasuk streamer), meskipun terkadang Anda mungkin perlu memenuhi persyaratan khusus untuk dapat berbicara.

Untuk menambah teman atau mengikuti content creator favorit, Anda cukup cari kolom pencarian di sudut kiri bawah pada situs web, klik pada kotak dan ketik nama yang akan Anda cari lalu enter.

Cara filter aliran

Saat Anda mencari sesuatu untuk ditonton di Twitch, Anda dapat dengan mudah menggulir halaman depan situs web, di mana terdapat fitur rekomendasi untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat menelusuri aliran berdasarkan kategori, tetapi jika Anda ingin lebih spesifik, Anda dapat mengaturnya melalui opsi pengurutan dan filter.

Anda dapat mengurutkan hasil pencarian dengan dua cara. Pertama menurut jumlah pemirsa saat ini, dari tinggi ke rendah, atau menurut “disarankan untuk Anda”. Yang kurang lebih sama dengan rekomendasi di halaman depan tetapi dengan kategori yang berbeda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: bbc.com, gamebrott.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...