Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Windows 11 Tingkatkan Kinerja Notepad dan Snipping Tool

Windows 11 Wordpad_1a
Windows 11 Wordpad. (Sumber: Alfa.kz)

Unbox.id – Microsoft dikatakan sedang menguji fitur-fitur baru untuk sistem operasi Windows 11, termasuk menyimpan konten secara otomatis ke Notepad dan alat snipping untuk mengambil tangkapan layar yang lebih baik. Seperti yang dilaporkan The Verge, Microsoft terus meningkatkan utilitas bawaan Windows 11, termasuk Notepad, alat potong, dan banyak lagi. Microsoft sedang menguji fitur yang secara otomatis menyimpan konten teks Notepad, yang akan membantu pengguna menghindari keharusan menyimpan file secara manual, dan perintah penyimpanan tidak akan muncul lagi saat pengguna menutup jendela. Pengguna tetap dapat melanjutkan pengeditan dari konten asli ketika membuka Notepad, meskipun sebelumnya mereka belum menyimpan konten yang sedang dikerjakan.

Windows 11 Dapat Simpan Konten Teks Notepad

Microsoft Windows 11_2b

Microsoft Windows 11. (Sumber: Global Village Space)

Pembaruan dari Microsoft ini disebabkan oleh banyaknya perangkat lunak pencatat yang menawarkan layanan pencadangan otomatis, dan Notepad siap mengikutinya. Windows 11 di masa mendatang mungkin secara otomatis menyimpan konten teks Notepad.

Pembaruan lain yang sedang diuji oleh Microsoft adalah Snipping Tool. Pada pembaruan kali ini, Snipping Tool dapat menangkap konten layar dan memiliki antarmuka perekaman yang lebih baik. Selanjutnya, pengguna mempunyai kebebasan memilih sumber audio dari layar rekaman. Fitur-fitur baru ini saat ini diluncurkan di saluran Canary dan Dev dari program beta Windows, Windows Insider.

Harap diperhatikan bahwa Windows Insider adalah tempat berkumpulnya anggota untuk membantu memeriksa pembaruan dan merencanakan peluncuran fitur Windows baru. Anda juga dapat bergabung dengan Windows Insiders jika Anda mau.

Apa Itu Windows Insider?

Meski pembaruan Windows 11 2022 telah dirilis, Microsoft masih berupaya menyempurnakan versi terbarunya. Perusahaan secara rutin merilis pratinjau publik kepada anggota Program Windows Insider, memungkinkan mereka menguji dan mengomentari pembaruan fitur. Computerworld melaporkan, ada empat saluran di Windows Insider.

  • Saluran Canary
  • Saluran Dev
  • Saluran Beta
  • Saluran Pratinjau Rilis

Pembaruan Notepad dan Snipping Tool Diuji Coba di Windows Insider

Mengutip blog.windows.com, Windows sedang menguji pembaruan Notepad dan Snipping Tool di Windows Insiders. Pembaruan Snipping Tool ini dirancang untuk memudahkan peralihan antara tangkapan layar dan perekaman layar tanpa harus membuka aplikasi.

Dengan pembaruan ini, Anda cukup menekan Print Screen/PrtSc atau Win + Shift + S pada keyboard Anda untuk membuka bilah pengambilan cropping. Atau bisa juga mencoba menggunakan shortcut keyboard Win + Shift + R untuk merekam layar.

Microsoft juga meningkatkan pengalaman perekaman layar berdasarkan masukan pengguna, mungkin memperkenalkan dukungan untuk merekam audio dan suara pada PC dengan mikrofon. Pengaturan Aplikasi Baru memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi pengaturan perekaman default untuk rekaman layar baru dan memilih perangkat perekam sesuai keinginan.

Dilaporkan dari sumber yang sama, Notepad sedang mengalami pembaruan, yang secara otomatis akan menyimpan pekerjaan Anda. Notepad akan secara otomatis mengembalikan tab yang dibuka sebelumnya, konten yang belum disimpan, dan perubahan pada semua tab yang terbuka.

Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur ini di pengaturan aplikasi jika ingin memulai dari awal setiap kali membuka Notepad.

Baca juga: Cara Cepat Untuk Gunakan Windows 10 Bagi Pemula

Bergabung ke Windows Insider Untuk Menguji Coba Pembaruan Windows

Windows Insider_3c

Windows Insider. (Sumber: Pureinfotech)

Ingin berkontribusi dalam uji coba Pembaruan Windows? Berikut cara bergabung dengan Windows Insider. Seperti dilansir learn.microsoft.com, Jumat (1 September 2023), hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mencoba Program Windows Insider adalah mendaftar.

Anda dapat mendaftar di situs resminya dengan akun Microsoft. Pastikan akun Anda sama dengan yang Anda gunakan untuk layanan Microsoft lainnya. Kemudian terima persyaratan perjanjian program dan pernyataan privasi dan kirimkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft akan terus mendorong penggunaan Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk membantu pengguna...

Software

Unbox.id – Microsoft berencana untuk menawarkan pembaruan keamanan yang diperluas kepada pelanggan komersial Windows 10 ketika sistem operasi mencapai akhir masa pakainya pada akhir...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – AirPods merupakan perangkat audio nirkabel buatan produsen ternama di Amerika Serikat, Apple. Dengan menghubungkannya ke ponsel, pengguna dapat mendengarkan audio dengan...

Apps & Games

Unbox.id – Microsoft telah menambahkan mode hemat daya ke Windows 11 Insiders (Build 26002) yang dapat meningkatkan penghematan baterai. Mengutip The Verge, mode baru...