Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Windows 11 Sudah Dipakai 400 Juta Perangkat

Windows 11_1a
Windows 11. (Sumber: Computerworld)

Unbox.id – Sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 11, dikatakan digunakan di lebih dari 400 juta perangkat aktif bulanan. Jumlah ini dilaporkan oleh Windows Central, yang mengatakan pihaknya meninjau “data internal” Microsoft. Mereka melaporkan bahwa Windows 11 diperkirakan hanya akan menjangkau 500 juta perangkat aktif bulanan pada awal tahun 2024, memperkuat spekulasi tentang adopsi yang lebih lambat dibandingkan pendahulunya. Mengutip The Verge, sistem operasi Windows 10 mencapai 400 juta perangkat aktif untuk pertama kalinya hanya dalam waktu satu tahun dirilis. Tingkat adopsi ini bahkan dianggap 115% lebih cepat dibandingkan Windows 7.

Lebih Lambat Dibanding Windows 10?

Windows 10_2b

Windows 10. (Sumber: Reddit)

Sementara itu, Windows 11 membutuhkan waktu dua tahun untuk mencapai tingkat adopsi yang sama, yang merupakan penurunan signifikan dibandingkan Windows 10 yang mencapai 600 juta perangkat hanya beberapa bulan setelah diluncurkan.

Windows 11 pertama kali dirilis pada Oktober 2021, dengan persyaratan perangkat keras yang ketat. Saat pertama kali diluncurkan oleh Microsoft, Windows 11 hanya didukung pada prosesor yang dirilis mulai tahun 2018, serta perangkat yang mendukung chip keamanan TPM.

Microsoft kemudian mengubah persyaratan minimum untuk fokus pada peningkatan ambang keamanan sistem operasi, dengan chip modern yang mampu mengaktifkan fitur keamanan integritas memori, berdasarkan pada platform mesin virtual Microsoft.

Dengan persyaratan perangkat keras ini, Windows 11 dianggap tertinggal dari Windows 10, yang ditawarkan kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8 sebagai upgrade gratis.

Bocoran Windows 12

Meskipun Windows 11 ditawarkan sebagai pemutakhiran gratis kepada pengguna Windows 10, hanya perangkat yang memenuhi spesifikasi minimum yang dapat dimutakhirkan. Namun laporan Windows Central juga mengatakan bahwa, meskipun telah dievaluasi, metrik internal Microsoft menunjukkan bahwa Windows 11 masih berfungsi dengan baik.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa pada tahun 2024, Microsoft akan meluncurkan Windows 12, yang akan hadir dengan platform Windows versi baru (nama kode Germanium), serta memperkenalkan fitur AI dan cloud baru.

Versi Windows 12 berikutnya diharapkan memiliki antarmuka desktop yang diperbarui, seperti biasa pada versi Windows yang baru. Microsoft juga mengatakan versi Windows berikutnya akan memprioritaskan fitur dan pengalaman kecerdasan buatan (AI), seperti yang diperkenalkan di Windows 11.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Tampilan Web Baru Untuk Toko Aplikasi Windowsnya

Microsoft Setop Upgrade Gratis Windows 7 dan 8 ke Versi Terbaru

Windows 7_3c

Windows 7. (Sumber: Web Tech Solutions)

Di sisi lain, Microsoft telah menghentikan upgrade gratis dari Windows 7 dan 8 ke Windows 10 dan 11. Namun pengguna Windows 10 tidak perlu khawatir karena upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 masih gratis.

Mengutip PC World, Rabu (10 April 2023), Microsoft menulis di blognya: “Penawaran upgrade gratis Windows 10/11 Microsoft berakhir pada 29 Juli 2016.” Perusahaan juga menambahkan: “Jalur instalasi untuk menerima pemutakhiran gratis dari Windows 7/8 juga telah dihapus. Pemutakhiran ke Windows 11 dari Windows 10 tetap gratis.”

Sebelumnya, Microsoft menawarkan kesempatan kepada pengguna Windows 7 dan 8 untuk memanfaatkan lisensi Windows yang ada untuk meningkatkan ke Windows 10 secara gratis. Penawaran ini berlaku selama setahun penuh setelah debut Windows 10. Namun tawaran ini sudah tidak berlaku lagi.

Sebelumnya, beberapa pengguna mencoba mengaktifkan secara permanen saat melakukan upgrade. Namun, alat seperti HWIDGEN dan MAS untuk aktivasi sistem tidak lagi berfungsi karena Microsoft telah memblokir permintaan tersebut dari server mereka.

Namun komputer yang menggunakan Windows 10 dan 11 akan tetap berfungsi berkat aktivasi ini. Microsoft tidak akan mengambil kembali lisensinya. Microsoft sendiri berencana mendukung Windows 10 hingga tahun 2025.

Saat ini, Windows 11 versi 22H2 masih dapat diaktifkan di mesin virtual, namun Canary versi terbaru tidak menerima permintaan aktivasi. Bagaimana pendapat bagi para pengguna Windows dengan berita informasi diatas? Tentunya perangkat Windows tampaknya akan tetap menjadi pilihan utama di dalam penggunaan perangkat komputer maupun laptop di seluruh dunia.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Software

Unbox.id – Serangan siber telah menjadi hal lumrah di dunia digital ini. Sekitar 4000 serangan baru telah diterima setiap harinya. Untuk melindungi file dan...

Software

Unbox.id – Update terbaru Windows 11 disebut-sebut bermasalah. Oleh karena itu, Microsoft menganjurkan agar pengguna tidak mengunduh pembaruan. Menurut laporan terbaru, beberapa pengguna mengalami...

Software

Unbox.id – Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Subsistem Windows untuk Android (WSA), komponen inti di balik Amazon Appstore dan aplikasi...