Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Wikipedia Telah Ubah Tampilan Websitenya Selama 10 Tahun

Wikipedia_1_1
Platform Wikipedia dikabarkan telah melakukan penyegaran pada tampilannya setelah 10 tahun. (Sumber: DW)

Unbox.id – Ensiklopedia online Wikipedia akhirnya merevisi situs webnya setelah lebih dari sepuluh tahun (10 tahun). Pemilik Wikipedia, Yayasan Wikimedia nirlaba, mengumumkan pembaruan di situs resminya. Tujuan reformasi adalah untuk memfasilitasi akses halaman Wikipedia bagi pengguna, sehingga generasi pengguna Internet di masa mendatang dapat menemukan informasi dengan lebih nyaman dan fleksibel. “Antarmuka pengguna desktop baru Wikipedia dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna generasi berikutnya dan untuk memudahkan semua orang, terlepas dari kebiasaan Internet mereka, untuk menemukan informasi yang andal dan dapat dipercaya,” tulis Wikimedia Foundation.

Perubahan Yang Tidak Terlalu Berbeda

Wikipedia_1_2

Bagi sebagian penggunanya, perubahan yan ditampilkan serasa tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. (Sumber: Liputan6.com)

Namun, perubahan halaman yang dilakukan pada versi lama dan baru tidak terlihat sangat berbeda, atau Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya. Ini karena penyegaran halaman hanya mengubah tampilan kecil. Misalnya memperluas teks, membuat kalimat lebih sempit dari sebelumnya, dll.

Berdasarkan pantauan Unbox.id, laman Wikipedia kini memiliki kolom pencarian artikel terupdate ditambah dengan gambar. Misalnya, jika Anda memasukkan kata “Indonesia”, jendela rekomendasi barang serupa akan muncul, menampilkan gambar kecil di sebelah kiri dan deskripsi singkat di sebelah kanan.

Di pojok kanan atas bilah judul artikel juga terdapat ikon edit artikel dan pengaturan bahasa. Sebelumnya, ikon pengaturan bahasa diletakkan di pojok kiri bawah halaman. Dengan perubahan ini, pengaturan bahasa juga bisa menjadi lebih efisien. Namun, fitur ini hanya tersedia bagi pengguna Wikipedia yang sudah terdaftar dan memiliki akun.

“Saat Anda masuk ke Wikipedia, pembaruan judul mengikuti Anda saat Anda menggulir. Anda tidak lagi harus menggulir ke bagian atas layar untuk memastikan judul artikel sudah dibaca. Anda bisa fokus membaca sambil mengedit,” tulis Wikimedia Foundation.

Baca juga: Asal-Usul Kata “Viral” Untuk Hal Populer Di Internet

Kemampuan Lebih Dari 300 Bahasa

Pilihan bahasa yang tersedia kini lebih dari 300 bahasa. Ini pertanda baik karena memperluas akses pengguna bagi siapa saja yang ingin membaca artikel dalam berbagai bahasa. Kenyamanan lainnya adalah lebar baris artikel menjadi lebih pendek dari sebelumnya. Menurut Wikimedia Foundation, memangkas artikel panjang bisa membuat artikel panjang lebih enak dibaca.

Setelah itu, ada daftar isi yang diperbarui di sisi kiri halaman. Daftar isi juga dapat ditutup dan dibuka jika diperlukan. Fitur ini dirancang untuk mencegah pengguna terganggu. Semakin minimalis tampilannya, semakin nyaman membaca bagi pengguna. Selain untuk membuka dan menutup, daftar isi juga bisa diklik di sebelah kiri.

Misalnya, daftar isi yang tercantum terdiri dari “Pembuka”, “Isi”, “Kesimpulan”, dan “Penutup”. Untuk langsung ke “Kesimpulan”, pengguna tidak perlu repot-repot menggulir ke bawah layar, cukup klik hyperlink “Kesimpulan” di daftar isi dan Anda akan langsung dibawa ke bagian tersebut.

Baca juga: Deretan Medsos Dan Layanan Internet Terpopuler Di Tahun 2022

Pengembang Indonesia Berkontribusi Juga

Seperti disebutkan di atas, gambar yang didesain ulang tidak diimplementasikan “dalam skala besar” dan terus didominasi oleh fitur halaman Wikipedia. Karena tujuan awal dari perubahan ini adalah untuk membuat tampilan situs menjadi lebih modern. Tidak hanya itu, organisasi nirlaba ini juga ingin mengambil “kotoran” dari pengaturan situs web dan memudahkan peserta yang ingin bergabung.

Perubahan ini juga dimaksudkan untuk membuat tata letak desktop lebih konsisten jika Anda berencana menggunakannya di Wikipedia seluler. Itu sebabnya Wikimedia bekerja sama dengan pengembang dari berbagai negara untuk memenuhi misinya. Setidaknya 30 kelompok pengembangan sukarelawan terlibat.

Diantaranya ada developer dari India, Indonesia, Ghana, Argentina dan masih banyak lagi. Peran pengembang adalah membantu meningkatkan pembaruan yang ada dan memberikan ide untuk pengembangan produk.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Last updated on 14 Januari, 2019 Unbox.id – Sebelum kita mengenal internet, ada Encyclopedia Brittannica. Sebuah teks referensi ikonik yang telah ada sejak 1748,...

Artikel

Last updated on 26 Oktober, 2018 Unbox.id – Pendiri Wikipedia yaitu Jimmy Wales, perusahaan media digital yang dikenal sebagai WikiTribune mengalihkan fokusnya dari pengumpulan...