Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Pendiri WikiPedia Memecat Semua Jurnalis Dari Situs Media Digital Barunya

Last updated on 26 Oktober, 2018

Unbox.id – Pendiri Wikipedia yaitu Jimmy Wales, perusahaan media digital yang dikenal sebagai WikiTribune mengalihkan fokusnya dari pengumpulan berita cara lama dan beralih ke strategi “berorientasi komunitas” yang memprioritaskan bekerja dengan para kontributor.

Dalam prosesnya, perusahaan telah memecat 12 staf editorial aslinya, seperti yang dilaporkan The Drum, setelah keberangkatan dari jurnalis  CNN dan Reuters, Peter Bale pada bulan April yang pada mulanya membentuk sebuah tim. WikiTribune dimulai pada bulan Agustus tahun lalu, Wales dan Orit Kopel, memposting sebuah catatan kedalam situs tersebut awal pekan ini, yang pertama kali menyebutkan “perubahan personel utama” dan penataan ulang fokusnya pada masyarakat.

“Karena proyek ini sangat radikal, satu-satunya cara untuk belajar adalah mencoba, membuat kesalahan, memperbaikinya dan bergerak maju,” kata Kopel kepada The Drum dalam sebuah wawancara. “Hal utama yang kami pelajari sejauh ini adalah bahwa untuk mengimplementasikan visi kami, kami harus memberikan kepercayaan penuh kepada komunitas bahwa WikiTribune didasarkan pada kontribusi mereka, sementara tim profesional di sini terutama untuk melayani mereka yang membutuhkan.”

Visi situs ini adalah untuk mengembangkan jenis surat kabar online baru yang akan berkembang seperti halaman Wikipedia, menggunakan proses pelaporan dan pemeriksaan fakta kolaboratif dan berbasis komunitas. Tujuannya adalah untuk membantu memerangi berita hoax dan persepsi dari masyarakat bahwa organisasi media memiliki motif tersembunyi dan diberi insentif bukan berdasarkan oleh kebenaran dan penyajian fakta, tetapi oleh pendapatan iklan, dampak bias politik, dan tekanan lainnya. Situs WikiTribune dirancang bebas dari iklan dengan membayar biaya berlangganan yang kemudian akan membantu menentukan jenis liputan yang dibuat oleh reporternya.

Baca Juga – Dengan Amazon Kindle Paperwhite Anda Bisa Membaca Ebook Di Kolam Renang

Kopel mengaku melalui The Drum karena proyek tersebut dalam periode percobaan yang panjang bahwa kesalahan telah dibuat dan organisasi sedang belajar dari mereka. Terutama, tampaknya ada kekhawatiran bahwa tim editorial akan memiliki pengaruh besar terhadap artikel dan laporan yang dibentuk dan diperiksa.

“Kami menyatakan sejak dari hari pertama WikiTribune diluncurkan bahwa kami memikirkan komunitas kami dan jurnalis profesional sebagai sederajat,” katanya. “Ini berarti bahwa tidak ada wartawan di sana ‘mengabaikan’ pekerjaan komunitas, tetapi untuk bekerja dengan mereka secara kolaboratif untuk mengembangkan artikel berita yang berkualitas tinggi.” WikiTribune berencana untuk mempekerjakan lebih banyak wartawan di waktu akan datang dalam kapasitas yang lebih didorong oleh komunitas dan mengurangi pengawasan pekerjaan kontributor diluar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Ensiklopedia online Wikipedia akhirnya merevisi situs webnya setelah lebih dari sepuluh tahun (10 tahun). Pemilik Wikipedia, Yayasan Wikimedia nirlaba, mengumumkan pembaruan di...

How To

Last updated on 14 Januari, 2019 Unbox.id – Sebelum kita mengenal internet, ada Encyclopedia Brittannica. Sebuah teks referensi ikonik yang telah ada sejak 1748,...