Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Segera Luncurkan Fitur Chatbot AI di Aplikasi

WhatsApp
WhatsApp Chatbot ilustrasi | foto: Softweb Solutions

Jakarta, Unbox.id – Seiring inovasi teknologi yang berkembang pesat, WhatsApp juga turut mengembangkan berbagai kemajuannya, termasuk sistem kecerdasan buatan atau AI. Saat ini, pengembang telah mengintegrasikan AI ke dalam platform perpesanan digital tersebut.

Belum lama ini, sekitar beberapa pekan lalu, mereka telah menguji fitur stiker dengan sistem kecerdasan buatan. Dan saat ini, kabarnya mereka tengah mengembangkan fitur chatbot AI yang berada dalam proses pengujian Beta, sebagaimana tertulis di situs Gizmochina, Senin 20 November 2023. 

Baca juga: CEO OpenAI Sam Altman Dipecat, Kurang Konsisten dan Tidak Jujur

Hal tersebut, yakni sistem kecerdasan buatan (AI) mereka umumkan pada event Meta Connect 2023. Meta Connect 2023 sendiri merupakan event yang berlangsung 1 bulan lalu, di mana pendiri Meta, Mark Zuckerberg juga mengumumkan banyak inovasi besar lainnya.

Fitur AI WhatsApp Mudahkan Berbagai Aktivitas

Fitur ini ada pada update aplikasi WhatsApp, versi 2.23.24.26 terbaru, di mana akses tersebut sudah tersedia dalam program Beta. Untuk menggunakan fitur terbaru ini, pengguna tinggal membuka tab Obrolan (chat) yang ada di menu halaman utama aplikasi.

WhatsApp

foto: Gizmochina

Pengguna bisa dengan mudah menemukan tombol di atas ikon obrolan baru. Pintasan tersebut mampu mempermudah akses ke pengguna untuk beralih ke obrolan dengan AI. Anda tidak pelu lagi untuk membuka daftar kontak untuk mencari fitur tersebut.

Baca juga: Hello Store Jadi Drop Off Point Servis iPhone Indonesia

Perubahan ini bertujuan untuk menjadikan segalanya lebih lancar dan nyaman bagi pengguna. Akses tersebut juga sangat efektif, dapat menghemat waktu dan tenaga. Penggunda bisa dengan mudah mengakses chatbot ketika mereka ingin terlibat dalam percakapan yang dibantu AI dalam aplikasi. 

AI Chatbot di WA Akan Segera Rilis

Saat ini, fitur ini tersedia untuk sekelompok penguji beta tertentu. Akan tetapi, kemungkinan besar fitur ini akan segera rilis ke khalayak umum yang lebih luas. Banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan fitur tersebut.

Selain itu, WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur beta menarik lainnya. Di antaranya seperti kode rahasia untuk mengakses obrolan terkunci. Juga opsi profil terpisah untuk membantu pengguna membedakan antara pekerjaan dan komunikasi pribadi. 

Pembaruan ini pasti akan membuat WhatsApp menjadi lebih serbaguna dan ramah pengguna di masa depan. Meski demikian, perusahaan belum memberikan informasi resmi mengenai kapan fitur akan segera rilis, akankah akhir tahun ini atau tahun depan.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...