Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp Rilis Fitur Keamanan Baru Secara Terbatas untuk Pengguna Beta

WhatsApp
Ilustrasi: Hindustan Times

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, platform perpesanan berlogo gagang telepon milik Meta, yaitu WhatsApp meminta penggunanya untuk melakukan verifikasi email. Verifikasi tersebut berlaku untuk pengguna cabang beta untuk persiapan rilis fitur terbaru secara terbatas.

Dengan kata lain, tidak semua pengguna mendapatkan pemberitahuan khusus tersebut, hanya segelintir yang memiliki afiliasi terhadap program beta. Laporan ini senada dengan informasi dari situs GSM Arena, Senin 06 November 2023, juga di situs WABetaInfo.

Baca juga: ISOCELL GNK 50 MP Samsung Hadir dalam Banyak Peningkatan

Di dalam informasi tersebut terdapat laporan-laporan awal tentang verifikasi email pengguna WhatsApp. Sejatinya, pihak pengembang platform perpesanan terbesar milik Meta ini telah merencanakan dan mengerjakan fitur terbaru sejak bulan Agustus 2023 lalu.

Cara Kerja Verifikasi Email di WhatsApp

Tujuan dari adanya pemberitahuan untuk melakukan verifikasi email milik pengguna secara terbatas ini adalah tambahan keamanan. Dengan lapisan keamanan yang berlaku, pengguna dapat terlindungi dari segala macam tindak peretasan dari pihak luar.

Ilustrasi Fitur Keamanan Terbaru WhatsApp | foto: WABetaInfo

Semakin maraknya isu peretasan akun media sosial, pembobolan rekening, pencurian data, dan lain sebagainya membuat pengembang lebih waspada. Salah satu upaya untuk menjamin keamanan dan kepercayaan para pengguna adalah fitur verifikasi tersebut.

Baca juga: Tab Active 5 Pro Samsung Terbaru Segera Rilis di Awal 2024

Meski demikian, belum ada penjelasan lebih lanjut terkait bagaimana cara kerja sistem dari metode verifikasi tersebut. Harapannya, pengguna yang notabene awam terhadap teknologi tidak dapat mudah tertipu dengan berbagai modus penipuan yang ada.

Informasi Lainnya

Memang, saat ini peluncuran fitur keamanan dengan metode terbaru ini masih sangat dibatasi. Biasanya, pengembang aplikasi tidak butuh lama untuk meluncurkan desain pembaruan tersebut untuk para pengguna secara global.

Pengenalan fitur “Alamat email” hanyalah rancangan lapisan keamanan tambahan, untuk menawarkan cara alternatif kepada pengguna untuk mengakses akun mereka. Juga untuk  meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan WhatsApp.

Sedangkan untuk metode verifikasinya sendiri, sepertinya prosesnya mudah. Anda cukup mengetikkan email Anda dan menunggu verifikasi di kotak masuk Anda. Itu dia.

Sumber: GSM Arena, WABetaInfo

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...