Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Whatsapp Hadirkan Fitur Channel Seperti Telegram

Whatsapp Channels_1wac
Platform Whatsapp hadirkan fitur barunya yaitu Channels yang cukup mirip dengan Telegram. (Sumber: TechCult)

Unbox.id – WhatsApp mencoba berbagai kemungkinan untuk mempertahankan posisinya sebagai aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Sekarang WhatsApp digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia, tidak heran jika aplikasi ini berusaha menyediakan fitur yang dibutuhkan pengguna. Namun, dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya, pengguna mungkin menemukan bahwa aplikasi WhatsApp masih tertinggal jauh dalam beberapa fitur. Menyadari hal tersebut, aplikasi perpesanan milik Meta akan berusaha mengejar ketinggalan. Meski begitu, sebagian besar fitur baru saat ini sebenarnya terinspirasi atau bisa ditiru dari aplikasi perpesanan lain.

Hadirkan Sebuah Fitur Baru

Salah satu yang terbaru adalah rencana perusahaan untuk memperkenalkan fitur baru WhatsApp. Mengutip WABetaInfo, Minggu (9 April 2023), fitur tersebut merupakan kanal WhatsApp. Mungkin sebagian orang menyadari bahwa fitur ini mirip dengan Telegram, yaitu channel Telegram. Juga, fitur Saluran adalah fitur Telegram yang paling populer.

Kabarnya, fitur ini awalnya bernama Private Newsletter. Namun, nama tersebut tampaknya telah diubah agar sesuai dengan tujuan fitur ini. Berbicara tentang saluran WhatsApp, fitur WhatsApp baru ini sebelumnya dirancang untuk menjadi fitur siaran yang dikirim oleh satu pengguna ke banyak kontak.

Dengan fungsi broadcast ini, pengguna dapat mendaftarkan akun yang diinginkan. Akun tersebut kemudian akan mengirimkan berbagai buletin. Sejauh ini, fitur asli bernama Newsletter masih dalam pengembangan, tetapi tangkapan layar menunjukkan bahwa WhatsApp telah menggantinya dengan Channels.

Baca juga: Whatsapp Akan Gulirkan Fitur Baru Edit Pesan Teks

Channel Ditempatkan di Bawah WhatsApp Update

Whatsapp Channels_2wac

Fitur baru di platform Whatsapp ini akan jadi semakin menarik dan mudah untuk diakses penggunanya. (Sumber: Userlike)

WhatsApp akan menempatkan saluran di tab Status, yang juga akan mengubah nama dari Status menjadi Memperbarui. Tab Pembaruan baru juga akan dirancang ulang sehingga semua status diatur dalam format lanskap, bukan format vertikal saat ini.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa informasi pengguna seperti nomor kontak akan tetap tersembunyi setelah pengguna bergabung dengan saluran tertentu. Dengan ini, anggota saluran tidak akan dapat melihat kontak pengguna, meskipun pengguna juga menyimpan kontaknya.

Fitur WhatsApp yang baru juga akan memberi pengguna kendali atas siapa yang menerima buletin atau menyiarkan pesan. Pengguna juga dapat mencari nama saluran dan bergabung dengan mereka karena setiap saluran memiliki perlakuan khusus.

Fitur Telegram Lagi?

Tentu saja, meskipun saluran adalah salah satu fitur Telegram, jika WhatsApp juga memilikinya, itu akan menjadi salah satu fitur terbaik yang diperkenalkan di platform ini. Sejauh ini pengembang telah mengerjakan fitur baru ini. Belum diumumkan kapan fitur ini akan dirilis ke semua pengguna WhatsApp.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama WhatsApp memperkenalkan fitur yang sudah ada di Telegram atau Signal. Misalnya, fitur Poll WhatsApp diperkenalkan baru-baru ini, sama seperti fitur Telegram yang hadir beberapa tahun lalu. Selain itu, WhatsApp juga merilis fitur pesan yang bisa menghilang secara otomatis atau Messages menghilang, fitur yang terinspirasi dari aplikasi Signal.

Baca juga: Beberapa Fakta Bahayanya Menggunakan GB WhatsApp

Rilis Fitur Kemanan Baru

Sebelumnya dikabarkan bahwa WhatsApp telah merilis fitur baru. WhatsApp akan memberi pengguna opsi untuk meningkatkan privasi pengguna obrolan mereka. Mengutip Gizchina, Kamis (5 April 2023), fitur baru WhatsApp ini akan membantu pengguna menambahkan “kunci” ke pesan WhatsApp Anda.

Seperti dilansir WABetaInfo, platform perpesanan akan menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan di aplikasi WhatsApp dan menyembunyikannya. Meta menyebut fitur WhatsApp baru ini “Chat Lock” yang saat ini sedang dikembangkan. Fitur tersebut belum sepenuhnya dirilis, termasuk untuk penguji beta WhatsApp, sebelum dirilis ke semua pengguna WhatsApp.

Meski begitu, sebuah sumber mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan siap dalam beberapa minggu ke depan dan akan diluncurkan pada pembaruan aplikasi WhatsApp berikutnya. Bahkan, kini ada opsi untuk mengunci obrolan WhatsApp Anda dengan kata sandi atau sidik jari dan FaceID di iPhone.

Namun, kebanyakan orang menghindari fitur ini karena membuka kunci WhatsApp setiap kali pengguna mengakses atau membalas pesan dianggap merepotkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...