Wah, Tampilan Baru Twitter Berubah Drastis

Unbox.id – Pengguna Twitter harus bersiap. Dalam beberapa hari ke depan, Twitter akan memiliki tampilan baru.

Selama hampir setahun, Twitter menguji coba tampilan baru ini. Semua pengguna wajib beradaptasi dengan tampilan baru ini.

Pasalnya, semua akun Twitter akan mengalami perubahan tanpa terkecuali. Berbeda dengan kebijakan perubahan tampilan sebelumnya yang memberi pilihan untuk kembali pada tampilan terdahulu.

Baca juga: Twitter Larang Komentar Tidak Manusiawi Terkait Agama

TAMPILAN BARU

Lantas, seperti apa tampilan baru Twitter? Tampilan Twitter berubah cukup drastis.

Namun pengguna Twitter di smartphone bisa sedikit lega. Karena beberapa fitur pada aplikasi Twitter ditambahkan pada fitur Twitter.com.

Perubahan paling drastis yaitu pada navigasi utama situs yang pindah ke kiri dari kanan laman.

Terdapat pula fitur baru seperti Bookmarks dan Explore. Twitter mengungkapkan fitur Explore diadaptasi dari aplikasi Twitter dan akan menampilkan video dan tren populer.

Perubahan lain, fitur direct messages yang mulanya berada di atas sudut laman Twitter kini menjadi bagian dari navigasi utama.

Pemilik beberapa akun Twitter juga akan lebih mudah berpindah ke akun lain tanpa perlu log in dan log out. Fitur yang sebelumnya telah ada di aplikasi Twitter.

Baca juga: Instagram Kini Bisa Nonton Video Bersama

ADAPTASI LAIN

Selain itu, para pengguna juga bisa melihat tweet secara real time dibanding hanya melihat tweet unggulan. Lewat tombol bantuan yang disebut sparkle button.

Tahun lalu, Twitter mengenalkan fitur ini untuk pengguna aplikasi di smartphone. Twitter yakin fitur ini sangat membantu pengguna terutama saat acara siaran langsung seperti pertandingan olahraga atau ajang Oscar.

Penyesuaian juga tampak pada tema dan warna tampilan Twitter. Pengguna bisa mengubah ukuran teks, memilih berbagai warna, dan menggunakan dark mode.

Akan tersedia dua tambahan pilihan dark mode pada tampilan.

Baca juga: Oppo Patenkan Kamera Selfie Yang Dapat Diputar

ALASAN TWITTER

Perubahan tampilan Twitter ini terjadi setelah perubahan terakhir tujuh tahun lalu. Salah seorang pendiri Twitter, Biz Stone mengatakan awalnya desain Twitter bukan fokus utama.

“Kami hanya bekerja secepat mungkin. Kami tidak berusaha membuat tampilan Twitter lebih baik,” ucap Biz Stone.

Desainer Twitter menegaskan fungsi Twitter sebagai media percakapan. Mulai dengan mencari lawan bicara yang sependapat dan saling berinteraksi secara real time.

“Tujuan kami adalah melayani percapakan publik. Segera setelah tujuan kami jelas, kami langsung merenung sudah seberapa baik kami melaksanakan tujuan itu?” sambung Biz Stone.

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Kamera Depan Vivo V15

Foto: berbagai sumber
Sumber: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan