Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Twitter Uji Coba Deskripsi Gambar Agar Lebih Mudah Diakses

Twitter Logo
Twitter Logo

Jakarta, Unbox.id – Bagi pengguna Twitter, ini adalah peningkatan aksesibilitas yang telah lama ditunggu-tunggu. Yakni sebuah kemudahan dalam mengakses gambar.

Baru-baru ini Twitter mengumumkan bahwa mereka sedang menguji fitur aksesibilitas baru. Fitur ini untuk membuat deskripsi teks alternatif secara signifikan agar lebih berguna. Selain itu juga lebih menonjol bagi semua orang di platform.

Diharapkan dengan perubahan tersebut, gambar yang memiliki deskripsi akan diberikan lencana bertuliskan “alt”. Ketika pengguna mengklik lencana tersebut akan menampilkan deskripsi.

Perubahannya sudah lama terjadi, tetapi itu tidak selalu mengejutkan. Salah satu alasannya adalah karena Twitter tidak memiliki tim aksesibilitas khusus hingga tahun 2020.

Baca juga: Ekspansi World Of Warcraft Akan Diumumkan Pada Bulan April

Mencoba Fitur Baru

Twitter ALT Fitur

Twitter ALT Fitur

Menurut Twitter, sekitar 3 persen pengguna akan mencoba fitur baru selama sebulan. Fitur ini diharapkan dapat diluncurkan secara global pada awal April. Sampai saat itu, sepertinya kebanyakan orang masih tidak akan memiliki akses ke deskripsi teks alternatif. Kecuali mereka menggunakan pembaca layar atau bersedia melewati banyak rintangan.

Seperti yang dicatat Twitter di akhir utasnya, pengguna telah menunggu beberapa saat untuk fungsi ini. Deskripsi gambar diperkenalkan pada tahun 2016, tetapi belum terlalu menonjol di platform. Relatif mudah untuk melewatkan tombol yang memungkinkan Anda menambahkannya.

Itu mungkin karena cara Twitter menangani fitur aksesibilitas di masa lalu. Hingga akhir tahun 2020, tim Twitter harus secara sukarela mengerjakannya diluar pekerjaan rutin mereka. Sukarela karena T tidak ada tim yang berdedikasi untuk membuat Twitter lebih mudah digunakan. Maka sejak pembentukan tim, Twitter telah menambahkan teks langsung ke tweet suara dan video.

Lebih Populer

Twitter ALT Fitur

Twitter ALT Fitur

Dengan adanya fitur baru yang memperjelas saat gambar memiliki teks alternatif dapat membuat fitur tersebut lebih populer. Terlebih jika orang dapat dengan jelas melihat gambar mana yang memiliki dan tidak dimilikinya. Para pengguna mungkin berpikir untuk menambahkannya saat mempostingnya lagi.

Utas Twitter menyebutkan bahwa tim aksesibilitas (yang ada sekarang) juga sedang mengerjakan “pengingat deskripsi gambar”. Ini adalah fitur yang dapat membantu membuat teks alternatif lebih populer di platform.

Baca juga: Mungkinkah IPad Air 5 Mendatang Bisa Menyamai Performa IPad Pro?

Sebulan

Twitter telah mengkonfirmasi bahwa tes akan berlangsung selama sebulan. Setelah itu mereka akan mengumpulkan umpan balik, mengatasi bug, dan merencanakan ketersediaan global di awal April.

Untuk menambahkan deskripsi gambar, Anda hanya perlu mengetuk opsi “Tambahkan deskripsi” yang muncul setelah Anda mengunggah gambar. Untuk melihat teks alternatif gambar, pilih lencana “ALT”, dan deskripsi akan langsung terbuka. Anda dapat menutupnya dengan menekan tombol escape, atau mengklik tempat mana pun di luar kotak deskripsi.

Di utas pengumuman, Twitter bahkan telah menguraikan fakta bagaimana deskripsi ini akan muncul. Jika Anda memiliki akses ke fitur ini, kotak hitam dengan huruf putih A L T, akan muncul pada gambar dengan deskripsi gambar. Ini juga disebut teks alternatif atau alternatif.

 

 

Sumber: theverge, bgr.in
Foto: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Software

Unbox.id – Dari awal COVID-19 sampai saat ini hampir semua orang melakukan pekerjaan melalui internet, ada juga yang bekerja dari rumah atau work from...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Memperingati perayaan hari besar nasional atau memberikan ucapan spesial rasanya tidak lengkap kalau tidak memakai twibbon. Untuk memberi ucapan selamat hari...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sulit mengakses berkas di aplikasi file explorer bawaan merupakan kendala yang banyak ditemui. Manajemen berkas yang ada di smartphone sangat penting,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Membahas mengenai aplikasi rekomendasi untuk berbagai tugas sekolah maupun kuliah memang tidak ada habisnya. Setiap pelajar dan mahasiswa memiliki aplikasi andalan...