Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Twitter Resmi Bernama X di Google Play Store dan Apple App Store

X Twitter App_1a
Twitter X App. (Sumber: Eureka Digital)

Unbox.id – Meskipun menggunakan nama dan logo X, pengguna ponsel dan tablet Android tetap dapat menggunakan kata “Twitter” di kotak pencarian, yang kemudian akan dikembalikan ke halaman aplikasi X. Selain itu, pengguna dapat melihat bagaimana perusahaan mengubah desain aplikasi sebelumnya. Misalnya, ikon burung ikonik di bagian atas aplikasi telah diganti dengan X. Tidak hanya menghilang dari Play Store, ikon burung biru dan nama Twitter tidak lagi ada di Apple App Store. Informasinya, peralihan dari Twitter ke huruf X merupakan bagian dari rencana pergantian nama Twitter oleh bos Tesla dan SpaceX. Sebelumnya, Anda tidak bisa lagi menemukan burung biru bernama Larry di kiri atas platform jejaring sosial tersebut saat mengakses twitter.com melalui browser di PC atau laptop.

Meta Ternyata Pegang Hak atas Merek X

Elon Musk telah mengubah nama Twitter menjadi X. Namun, sepertinya proses rebranding dapat berjalan dengan diperkenalkannya logo X. Memang, Meta sudah memiliki hak merek dagang untuk X.
Seperti dikutip Unbox.id dari Business Insider, Rabu (26 Juli 2023), Mark Zuckerberg, pendiri Meta, memiliki merek dagang X, terkait layanan jejaring sosial online dan jaringan, di bidang hiburan, game, dan pengembangan aplikasi.

Platform Meta mendaftarkan nama merek X pada tahun 2019, dengan X biru dan putih untuk berbagai bidang, termasuk perangkat lunak dan jejaring sosial. Faktanya, bukan hanya Meta, Reuters mengklaim bahwa Microsoft memiliki hak kekayaan intelektual untuk X. Sejak tahun 2003, Microsoft telah memiliki hak merek dagang terkait media untuk sistem video game Xbox-nya.

Mengutip Business Insider, X sendiri banyak digunakan dan dianggap sebagai merek dagang, sehingga bisa digugat. Twitter juga mungkin mengalami masalah dalam mempertahankan merek X di masa mendatang.

“Ada kemungkinan 100% Twitter akan dituntut oleh seseorang,” kata pengacara merek dagang Josh Gerben. Ia juga menyebutkan, ada hampir 900 pendaftaran merek aktif di AS yang sudah mencantumkan huruf X di berbagai industri.

Logo X Twitter Mirip Karakter Unicode Generik

X Twitter_2b

Logo X Baru. (Sumber: The Verge)

Tidak hanya itu, logo baru Twitter yang dirilis pada Senin, 24 Juli 2023 juga menyerupai karakter pengganti Unicode yang dikenal sebagai double strike math uppercase X, yang ditambahkan ke Unicode pada Maret 2001.

Sekadar informasi, Unicode adalah standar komputer internasional di mana setiap karakter atau simbol memiliki nilai numerik tertentu yang dapat digunakan antar platform. Seorang peneliti postdoctoral di University College London men-tweet bahwa huruf X telah digunakan dalam buku pelajaran matematika sejak tahun 1970-an.

Simbol tidak memiliki penggunaan umum tertentu, tetapi terkadang digunakan untuk merujuk pada ruang atau objek geometris abstrak.

Baca juga: Elon Musk Ganti Logo Dan Nama Twitter Menjadi X

Logo X Twitter Mirip Font Monotype

Logo baru Twitter juga sangat mirip dengan huruf kecil x dalam font Monotype “Special Alphabet 4”. Josh Gerben lebih lanjut menjelaskan bahwa merek dagang alias adalah pengidentifikasi sumber, simbol, atau merek dagang yang diasosiasikan pelanggan dengan bisnis.

Adapun burung ikonik Twitter, Larry, telah diidentifikasi oleh publik sebagai ikon jejaring media sosial tersebut. Dia berargumen bahwa untuk menjadi simbol bisnis yang terkenal, sebuah simbol harus unik dan khas agar menjadi merek dagang dan terdaftar di US Patent and Trademark Office.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei kabarnya akan merilis Gopaint, sebuah aplikasi melukis yang dikembangkan oleh Huawei untuk tablet. Merujuk pada akun resmi Huawei, Gopaint akan segera...

Tech Industry

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – XL Axiata sedang mengkaji rencana layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk yang ingin meluncurkan layanan tersebut di Indonesia. Gede Darmayusa, Direktur...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk saat ini sedang mengembangkan aplikasi baru untuk platform jejaring sosial X miliknya agar dapat diinstal di perangkat Smart TV. Ya,...