Trik “Menghilang” di WhatsApp Untuk Android

Unbox.id – Lelah dengan bunyi notifikasi pesan masuk di WhatsApp? Atau kewalahan dengan banyaknya pesan yang masuk di grup WhatsApp? Tak perlu khawatir, Anda bisa menghilang kok dari WhatsApp.

WhatsApp berbeda dengan Instagram, Facebook dan media sosial lain yang memiliki pilihan untuk log out. Selama aplikasi WhatsApp ter-install di smartphone rasanya Anda tidak bisa terhindar dari bunyi dan berbagai pesan yang masuk. Kecuali Anda menghapus aplikasi WhatsApp.

Namun ada cara lain agar WhatsApp tidak mengganggu keseharian Anda tanpa perlu menghapusnya.

Baca juga: Fitur Baru Whatsapp dapat Mendeteksi Berita Palsu

MENONAKTIFKAN NOTIFIKASI PESAN

Ketika ada pesan baru masuk, otomatis akan muncul notifikasi pada ikon WhatsApp dan notifikasi di smartphone. Untuk menghentikan notifikasi ini, klik Settings pada smartphone. Lanjutkan dengan memilih Apps dan pilih WhatsApp. Kemudian, pilih Notifications dan nonaktifkan semua notifikasi untuk WhatsApp. Sekarang Anda tidak akan tahu apakah ada pesan yang masuk kecuali dengan sengaja membuka aplikasi WhatsApp.

MEMATIKAN LAMPU NOTIFIKASI PESAN

Jangan lupa pula mematikan lampu dan efek getar notifikasi pesan WhatsApp. Buka WhatsApp dan klik Settings. Pilih Notifications lalu Light. Pilih None. Cara ini untuk mematikan lampu notifikasi. Sedangkan untuk mematikan efek getar notifikasi, klik Vibrate setelah memilih Notifications pada WhatsApp. Kemudian, pilih Off.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Undangan Grup Pada Android beta Terbaru

AKTIFKAN MODE AIRPLANE

Saat pesan masuk WhatsApp sudah dibaca akan muncul dua tanda centang biru. Untuk membuat seolah pesan tersebut belum terbaca, cukup aktifkan mode Airplane. Setelahnya, masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dan baca pesan yang masuk. Trik ini tidak akan mengubah tanda dua centang menjadi biru dan tidak berpengaruh terhadap informasi Last Seen Anda.

Namun pastikan Anda sudah keluar dari WhatsApp saat menonaktifkan mode Airplane agar status “menghilang” Anda tetap terjaga.

MENYEMBUNYIKAN DATA PRIBADI

Anda mungkin hanya ingin berbagi foto profil atau status WhatsApp untuk orang tertentu saja. Caranya, masuk ke dalam menu Settings di WhatsApp. Pilih AccountPrivacy kemudian Profile Photo dan klik Nobody atau My Contacts sesuai keinginan.

Sedangkan untuk status, klik Status usai memilih Privacy di WhatsApp. Sesuaikan dengan tiga pilihan yang ada. My contacts, My contacts except (tersembunyi dari orang yang dipilih), dan Only share with (status terlihat oleh mereka yang dipilih).

MEMUTUS AKSES WHATSAPP

Bila ingin mematikan WhatsApp secara total, klik Settings pada smartphone. Pilih Apps kemudian WhatsApp dan klik Force Stop. Selanjutnya, cari Data Usage dan matikan Background Data. Terakhir, pilih Permissions dan nonaktifkan semua pilihan yang ada. Semua pesan yang masuk di WhatsApp Anda tidak akan muncul dua centang yang menandakan pesan telah terkirim. Kecuali Anda sengaja membuka aplikasi WhatsApp setelahnya.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp

 

Foto: berbagai sumber

Sumber: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan