TikTok Melawan Cyber Bullying

Jakarta, Unbox.idTikTok, platform media sosial yang sedang menjadi tren di kalangan anak muda, dalam rangka merayakan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day), melaksanakan sebuah kampanye yang bertajuk “Sama-sama Nyaman, Sama-sama Aman”. Kampanye ini ditujukan untuk semua pengguna internet agar menciptakan lingkungan yang positif bagi diri mereka dan orang lain yang juga pemakai internet.

TikTok Memberikan Lingkungan yang Aman

Donny Eryastha selaku Head of Public Policy, TikTok Indonesia mengatakan, “TikTok menyediakan platform bagi siapa pun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Untuk itu, prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif”. Selain itu pihak dari TikTok telah menciptakan panduan-panduan untuk mendukung penggunanya menghadapi cyber bullying yang marak terjadi saat ini.

Menurut hasil riset Poling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan April 2019, menyatakan terdapat 49% netizen atau pengguna media sosial yang menjadi korban kekerasan atau bullying di media social.

 

Kerja Sama Menghindari Bullying

Maka dari itu TikTok kini bekerja sama dengan komunitas Sudah Dong untuk menciptakan panduan-panduan yang nantinya akan digunakan oleh para pemakai media sosial. Panduan tersebut berupa memahami apa itu bullying secara lebih jelas dan juga langkah-langkah cerdas untuk menghindari dan mengatasi bullying  yang terjadi pada dirinya atau sekitarnya.

Panduan tersebut berisikan pengertian bullying, apa yang harus dilakukan ketika menyaksikan bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas dan berbagai fitur keamanan yang tersedia di aplikasi TikTok untuk menjamin keamanan penggunanya.

Panduan “Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman” dapat di akses di website resmi Sudah Dong, mulai tanggal 11 Februari 2020 yang juga bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia.

 

Tinggalkan Balasan