Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

TikTok Luncurkan Fitur Baru, Apakah Itu?

TikTok Streaming Music_1a
TikTok Streaming Music. (Sumber: Android Headlines)

Unbox.id – TikTok meluncurkan fitur baru yang menawarkan integrasi mendalam dengan aplikasi streaming musik, seperti Apple Music, Spotify, dan Amazon Music. Seperti yang diungkapkan TikTok di blognya, “fitur tersebut akan muncul sebagai tombol bertuliskan Tambahkan lagu di sebelah judul lagu di bagian bawah video FYP.”

Fitur Apa Yang Baru?

TikTok Streaming Music_2b

TikTok Streaming Music. (Sumber: Captain Techno)

Kemudian, ketika pengguna mengetuk tombol Tambah Lagu, mereka dapat memilih untuk menyimpannya ke layanan streaming musik favorit mereka dengan mengklik tombol “Tambahkan ke aplikasi Musik”.

Untuk menggunakan fitur aplikasi Tambahkan ke Musik untuk pertama kalinya, aplikasi musik yang dipilih akan menjadi layanan streaming musik default. Namun, pengguna masih dapat mengubah layanan streaming musik default kapan saja di Pengaturan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Tambahkan ke Musik dari halaman deskripsi Audio Artis. Rencana tersebut digulirkan secara bertahap. Untuk saat ini, paket TikTok baru hanya tersedia untuk pengguna di AS dan Inggris. Namun pihak TikTok menyebut fitur ini akan digulirkan untuk pengguna lain.

Selain itu, TikTok telah memperkenalkan fitur Direct Post atau unggah dari aplikasi pengeditan video pihak ketiga. Dalam fitur ini, TikTok bekerja dengan software pengeditan video, seperti Adobe Premiere Pro, software kreatif AI Adobe Express, Twitch, SocialPilot, dan CapCut milik ByteDance.

TikTok Luncurkan Fitur Direct Post

Sebelumnya, TikTok juga memiliki fitur Direct Post. Fitur ini ditujukan bagi pengembang aplikasi pihak ketiga yang ingin berintegrasi dengan TikTok dan mendapatkan manfaat dari integrasi fitur berbagi di TikTok. Jadi, aplikasi lain dapat menggunakan hashtag mereka untuk memposting di TikTok.

Dengan fitur ini, aplikasi lain tidak hanya dapat mengunggah konten video langsung ke aplikasi TikTok, tetapi juga dapat menggunakan opsi lain, seperti kemampuan mengedit teks, pengaturan audiens, dan banyak lagi dibandingkan opsi lain yang ada di platform mereka.

Kemudian mereka dapat mengirim pesan tersebut di TikTok hanya dengan satu klik. Selain itu, fitur ini memberikan lebih banyak waktu kepada pembuat video untuk menyesuaikan kontennya sehingga dapat dipublikasikan di TikTok melalui platform manajemen media sosial.

Dengan hadirnya fitur baru ini, TikTok bisa mendapatkan keuntungan dari banyak kolaborasi dan banyak alat kreatif. Secara khusus, perangkat lunak pengeditan video menggunakan teknologi AI.

Dengan menggunakan fitur ini, pembuat konten akan menggunakan akun TikTok mereka untuk memverifikasinya di aplikasi lain. Selain itu, aplikasi mitra TikTok juga ditinjau melalui proses peninjauan sebelum diizinkan menggunakan penerbitan konten Direct Post API.

Adobe Menjadi Mitra Utama TikTok Dalam Fitur Direct Post

Adobe TikTok Direct Post_3c

Adobe TikTok Direct Post. (Sumber: Gadget Bond)

Saat ini Adobe menjadi partner utama untuk fitur TikTok Direct Post. Adobe sendiri dikenal meluncurkan layanan bertenaga AI untuk kebutuhan editing video dengan Adobe Premier Pro. Tidak hanya itu, perusahaan juga menawarkan alat kreatif berbasis AI lainnya yang disebut Adobe Express.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, penerbitan konten langsung menjadi hal yang penting. Dan para pembuat konten di semua tingkatan membutuhkan alat yang memungkinkan mereka bekerja lebih baik dan efisien,” kata Deepa Subramaniam, wakil presiden pemasaran produk Creative Cloud di Adobe.

Oleh karena itu, kata dia, dengan fitur Direct Post baru di TikTok yang tersedia di Adobe Express dan Premiere Pro, pembuat konten dapat terus membuat konten luar biasa dengan kecepatan tinggi tanpa mengganggu setiap proses kreatifnya.

Baca juga: Waspada Di TikTok, Sedang Ramai Bagikan Data Di Instagram Wrapped

Kolaborasi TikTok dengan Platform Lain untuk Fitur Direct Post

Selain Adobe, partner TikTok lainnya untuk fitur ini adalah CapCut. Sekadar informasi, CapCut merupakan aplikasi edit video populer dari perusahaan induk TikTok, ByteDance.

Selain itu, penggemar Twitch juga dapat menggunakan editor klip Twitch untuk mengubah klip mereka menjadi mode grafis dan membagikannya langsung di TikTok.

Pengguna juga memiliki opsi untuk mengekspor video mereka ke TikTok sebagai grafik. Oleh karena itu, mereka dapat terus mengedit proses dan aplikasinya.

Alat pemasaran media sosial SocialPilot juga dikenal menerima Direct Post. SocialPilot menawarkan opsi bagi profesional, organisasi, perusahaan, dan bisnis yang perlu mengoptimalkan konten media sosial mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek. Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam...

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Social Media

Unbox.id – Meta akhirnya menambahkan fitur untuk melihat percakapan yang sedang trending di Threads. Aplikasi pesaing Twitter tersebut merilis fitur Trending Now untuk semua...

Tech Industry

Unbox.id – Masa depan TikTok terlihat semakin tidak pasti seiring meningkatnya dukungan terhadap undang-undang baru yang akan memaksa perusahaan tersebut meninggalkan perusahaan induknya, ByteDance,...